News

10 Aplikasi Terbaik dan Gratis untuk Membuat Quote Bergambar ala Instagram

[Foto: Shutterstock]
Mereka mengatakan gambar bernilai seribu kata. Dengan bantuan berbagai aplikasi yang didedikasikan untuk pengguna Instagram, Anda dapat membuat foto dan gambar yang lebih bermakna. Instagram menjadi sangat populer, karena memudahkan semua orang untuk menjadi fotografer. Kecepatan dan kemudahan berbagi foto, baik selfie, foto makanan, foto perjalanan, ataupun foto produk untuk dijual telah memanjakan lebih dari 100 juta penggunanya.

Kalau Anda suka berbagi quote yang dibuat dengan indah di Instagram, berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

ONLINE

BeHappy.me

Aplikasi online ini memungkinkan Anda menciptakan kutipan inspirasional (quote) Anda sendiri dengan mudah, tak perlu mendaftar ataupun mengunduhnya. Menawarkan 35 simbol, 20 pilihan font, dan 30 warna latar belakang untuk membuat kreasi quote. Sayangnya, Anda tidak dapat meng-upload gambar Anda sendiri sebagai latar belakang. Situs ini juga menawarkan pilihan untuk menjual kutipan Anda, dengan bagi hasil 30% buat Anda.

Keterangan: Aplikasi online ini gratis.

Inspirably.com

Tampilan antarmuka Inspirably memiliki dua kotak: satu yang di atas untuk menuliskan kutipan Anda, satu yang di bawah untuk menuliskan Anda. Anda dapat meng-upload gambar Anda sendiri sebagai latar belakang dan mengedit atau memodifikasinya, tapi jenis font dan warna tidak dapat diubah dengan mudah. Ada dua tombol untuk setiap kategori font dan Anda hanya bisa memilih “Next” dan “Sebelumnya”, yang berarti Anda akan harus menelusuri semua jenis font dan warna untuk melihat apakah ada yang cocok. Gambar yang dihasilkan tidak dapat diunduh tanpa mendaftar, tetapi Anda dapat mengambil screenshot pada editor foto. Aplikasi ini tak perlu diunduh.

Baca Juga:  Berhasil Meretas Instagram, Bocah Usia 10 Tahun Ini Mendapat Rp 132 Juta

Keterangan: Aplikasi online ini gratis.

UNTUK ANDROID

Textgram

Setelah membuka aplikasi Textgram, tulis pesan Anda ke dalam kotak dan kemudian hias dan format teks Anda menggunakan tombol di bagian bawah. Lalu, cari ke tab “Template” dan pilih satu yang paling sesuai dengan pesan Anda. Anda juga bisa mencari tab “Stiker” dan menambahkan beberapa stiker dan emoji, atau gambar dari galeri Anda. Gunakan gerakan tangan untuk mengubah ukuran, memindahkan dan memutar elemen ini di dalam frame. Sebuah fitur menarik adalah refleksi teks, yang Anda kontrol dengan slider. Textgram bekerja dengan optimal pada tablet karena ukuran layarnya lebih besar.

Keterangan: Untuk Android 2.1 dan lebih baru, unduh gratis di Play Store.

Jusgramm

Jusgramm memberi Anda 25 font, 70 latar belakang dan 70 stiker untuk digunakan dalam quote Anda. Sayangnya, Anda tidak dapat menambahkan foto Anda sendiri sebagai latar belakang dan aplikasi kadang-kadang terjadi salah letak sebagian teks, menampilkan stiker di tempat-tempat yang salah atau menghasilkan foto buram. Itu karena aplikasi belum diperbarui dalam hampir setahun, menyebabkannya memiliki masalah kompatibilitas dengan beberapa perangkat.


Keterangan: Untuk Android 2.2 dan lebih baru, unduh gratis di Play Store.

InstaText

Selain dari kamera dan foto galeri, InstaText juga menerima gambar dari album Facebook Anda. Gambar yang dihasilkan .png dan hanya 288 × 288 px, sehingga nampaknya Anda tak perlu menggunakan foto resolusi tinggi. InstaText memungkinkan Anda untuk menggunakan jenis font iOS 7, namun agak sulit untuk menangani teks panjang, sehingga Anda harus menulis hanya beberapa kata saat membuat tanda kutip dengan aplikasi ini.

Baca Juga:  Saingi LinkedIn, Facebook Uji Coba Fitur Lowongan Kerja

Keterangan: Untuk Android 2.2 dan lebih baru, unduh gratis di Play Store.

PinQuotes

PinQuotes adalah versi yang lama dari QuotesTags dan berfungsi untuk membuat quote bergambar yang layak dibagikan. Ini membantu Anda berbagi kutipan dengan cepat, dengan proses pembuatan yang efisien dan tombol share Instagram yang tersedia. Kategori tidak diurutkan dalam urutan tertentu, dan Anda tak bisa menghapus tanda kutip yang ada di bawah “My Favorites”.

Keterangan: Untuk Android 2.3 dan lebih baru, unduh gratis di Play Store.

PicQuotes

Jika Anda ingin membuat kutipan bergambar namun merasa tak ada ide, Anda bisa menggunakan PicQuotes, karena platform ini memiliki generator kutipan yang bisa memberi Anda berbagai kutipan, dengan desain acak. Aplikasi ini juga dapat menambahkan hashtag untuk kutipan yang dibuat.

Keterangan: Untuk Android 2.2 dan lebih baru, unduh gratis di Play Store.

UNTUK iOS

InstaQuote

Dengan aplikasi InstaQuote, Anda dapat dengan mudah membuat quote dengan gambar Anda sendiri untuk dibagikan di Facebook, Instagram, Twitter atau untuk dicetak. Aplikasi ini punya banyak pilihan template dan font. Ada latar belakang tambahan yang tersedia seharga $0,99 masing-masing, atau ada paket dapat dibeli sekaligus seharga $3,99. Anda dapat mengubah penekanan dari masing-masing kata dengan menyentuhnya. Ukuran teks, keselarasan, spasi baris dan bingkai lebar juga dapat dimanipulasi tanpa masalah. Aplikasi ini mudah digunakan dan menghasilkan hasil gambar yang tampak profesional.

Baca Juga:  Zomato Siap Merajai Industri Foodtech di Indonesia

Keterangan: Gratis di App Store untuk iOS 7.0 dan lebih baru; atau berbayar $1.99 untuk versi Pro, atau $3.99 untuk versi Pro dengan galeri latar belakang.

Text2Pic

Selain memiliki banyak sekali pilihan efek dan font, Text2Pic membantu Anda untuk menambahkan suara ke gambar pilihan Anda, yang menjadikannya aplikasi bagus untuk membuat e-card. Anda juga dapat memilih file musik dari library atau merekam suara Anda sendiri. Jangan khawatir jika Anda tidak ahli dalam editing audio, karena dengan Text2Pic Anda bisa dengan mudah memilih bagian mana dari file audio yang ingin Anda gunakan.

Keterangan: Gratis di App Store untuk iOS 6.0 dan lebih baru; atau $1.99 untuk versi Pro.

QuotesTags

Aplikasi ini menawarkan lebih dari satu juta kutipan yang bisa Anda tempelkan pada gambar pilihan Anda, untuk kemudian dibagikan melalui Facebook, Twitter dan Instagram. Selain itu, Anda juga dapat mengirim kutipan Anda melalui SMS, MMS dan e-mail. Kutipan diurutkan dalam kategori, seperti Funny, Lyrics, Love, Sayings, dan lain-lain. Karena aplikasi ini gratis, akan ada iklan namun tak terlalu mengganggu.

Keterangan: Gratis di App Store untuk iOS 6.0 dan lebih baru.