Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

10 Jenis “Thank You Page” yang Bisa Meningkatkan Penjualan pada E-Commerce

[Foto: pixabay.com]
Dalam dunia bisnis, customer merupakan salah satu kunci penting yang harus dijaga keberadaannya. Dalam berinteraksi dengan customer, tujuan bisnis tidak hanya sebatas pada bagaimana caranya agar customer membeli produk atau menggunakan layanan jasa. Lebih jauh, perusahaan wajib untuk menjaga engagement dengan customernya. Misalnya dalam konteks e-commerce, ketika customer selesai dengan transaksinya, bukan berarti tujuan bisnis sudah tercapai. Sebab, indikator keberhasilan sebuah e-commerce salah satunya ditentukan dari adanya loyal customer yang dengan setia membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Jika ketika kecil kita diajari untuk mengucapkan terima kasih pada pemberian atau pertolongan yang diberikan orang lain, maka di bisnis e-commerce, hal ini kembali berlaku. Memberikan ucapan “terima kasih” adalah satu cara untuk menjaga engagement dengan para customer usai mereka melakukan transaksi. Ucapan terima kasih ini tak semata-mata kita “mengucapkan”, tetapi juga diimplementasikan ke dalam beberapa tindakan sebagai berikut.

1. Thank you page yang disertai kupon

Pemberian kupon untuk setiap transaksi yang telah dilakukan customer merupakan cara terbaik dan paling nyata untuk menjaga engagement dengan customer. Cara ini selain menyenangkan customer juga memberikan peluang untuk customer melakukan transaksi kembali.

2. Bonus reminder untuk customer

Jika bisnis Anda menjual produk seperti tiket acara atau penerbangan, sediakan fasilitas reminder kepada customer yang telah melakukan pembelian. Cara ini dinilai efektif untuk tetap menjaga engagement dengan customer.

3. Arahan kepada rekomendasi produk sejenis


Setiap kali customer selesai berbelanja satu produk dan melakukan pembayaran, tawarkan produk sejenis yang relevan kepada customer. Selain ucapan terima kasih karena telah melakukan pembelian, cara ini memungkinkan customer untuk sekali lagi membeli produk.

4. Thank you page disertai form untuk e-mail subscribtion

Cara ini dapat memberikan beberapa keuntungan, di antaranya memberikan perusahaan Anda data customer dan menjaga engagement dengan mereka. Melalui e-mail yang telah disubscribe, Anda dapat dengan rutin mengirim penawaran maupun newsletter yang mengundang mereka untuk melakukan transaksi kembali.

5. Kupon bonus untuk setiap share ke orang lain

Sistem referral ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, khususnya pelayanan jasa. Dengan memberikan bonus untuk setiap share ke orang lain, Anda mendapatkan dua keuntungan. Pertama, Anda mendapatkan promosi gratis dan kedua, cara ini memungkinkan customer untuk menjadi loyal dengan kembali menggunakan jasa atau produk Anda.

6. Sertakan review dari customer lain agar customer tidak merasa salah beli

Dalam thank you page yang diberikan pada customer usai melakukan transaksi, penting juga untuk memberikan review dari pembeli-pembeli sebelumnya. Tentu saja cara ini dipakai sebagai “penguat” kepada customer agar mereka tidak merasa “salah” dalam membeli produk Anda.

7. Link ke blog untuk memberikan customer pengetahuan mengenai produk

Pengetahuan mengenai produk merupakan hal yang penting bagi customer. Dalam thank you page Anda, cerdas juga jika menyediakan berbagai link ke blog yang memberikan edukasi kepada customer mengenai produk yang telah mereka beli.

8. Beritahukan pada customer mengenai layanan customer service

Jika Anda memiliki bisnis e-commerce, pastikan customer tahu di mana tempat ia mengadukan layanan. Anda bisa menyertakan akun customer service pada customer setelah mereka melakukan transaksi.

9. Sertakan link survey untuk mengetahui respons customer terhadap produk

Survey memungkinkan Anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai respons customer. Hasil dari survey dapat Anda gunakan untuk improvisasi bagian apa saja yang dirasakan kurang oleh para customer.

10. Berikan opsi untuk demo produk yang telah dibeli oleh customer

Dalam ucapan terima kasih Anda usai customer membeli suatu barang, penting juga untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana mengoperasikan barang tersebut. Katakanlah Anda menjual produk seperti telepon genggam atau komputer, maka memberikan demo untuk produk tersebut dalam thank you page bisa dijadikan opsi yang menarik.