Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

10 Smartphone Tahan Air yang Bisa Jadi Andalan Selama Liburan

[Foto: Labana.id]
Dengan masuknya musim liburan akhir tahun, pasti sudah banyak pembaca yang merencanakan berbagai aktivitas menyenangkan untuk mengisinya, termasuk mengunjungi tempat-tempat eksotis seperti gunung, danau, air terjun dan pantai.

Banyak sekali aktivitas liburan yang berhubungan dengan air. Sebut saja, arung jeram, snorkeling dan diving, berkano, berenang, berselancar, atau sekedar bermain dan menikmati keindahan pantai tropis atau air terjun cantik di pedalaman Indonesia. Namun seringkali, keceriaan liburan dinodai oleh kejadian tak mengenakkan, seperti ponsel kesayangan yang tercebur air sehingga rusak total. Wah, pastinya Anda tak mau mengalaminya.

Dengan hadirnya berbagai teknologi terbaru yang melengkapi smartphone, Anda bisa terbebas dari kekhawatiran selama liburan. Nah, buat Anda yang berjiwa petualang dan gemar menjelajah alam, Anda mungkin membutuhkan smartphone yang lebih dari sekedar canggih, tapi juga tahan banting, termasuk tahan debu dan air. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Ponsel flagship milik Samsung ini telah memiliki banyak penggemar dan dianggap sebagai kandidat kuat untuk predikat smartphone terbaik tahun 2016. Selain itu, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge sangat bisa diandalkan ketika Anda berlibur karena kemampuan tahan airnya yang mumpuni, berkat teknologi IP68 yang dimiliki keduanya. Kedua smartphone tersebut bisa bertahan selama 30 menit di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter. Kameranya yang super canggih bisa diandalkan untuk mengambil foto dan video keren selama liburan.


HTC 10 Evo

Smartphone yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu ini memiliki spesifikasi tinggi, termasuk teknologi tahan air dan tahan debu yang melengkapinya. HTC 10 Evo telah mengantongi sertifikasi IP57, sehingga bisa bertahan di dalam air sedalam 1 meter dalam waktu maksimal 30 menit.

Sony Xperia Z5 dan Z5 Compact

Smartphone flagship keluaran Sony ini dipuji karena pelapis bagian belakang yang terbuat dari frosted glass dan fingerprint scanner yang berada di tombol powernya yang mungil. Walaupun kameranya tidak sekuat Samsung atau iPhone, namun Anda tak akan khawatir membawa Xperia Z5 dan Z5 Compact saat liburan karena keduanya tahan air dan debu, walaupun tak bisa bertahan dalam air.

Motorola Moto G (Gen-3)

Smartphone Moto G generasi ketiga ini dilengkapi dengan beberapa pembaruan yang cukup signifikan, salah satunya adalah teknologi tahan debu dan air. Smartphone dengan harga terjangkau ini juga dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB dan RAM 2GB, juga kamera yang bagus untuk mengambil foto-foto perjalanan Anda.

iPhone 7 dan 7 Plus

Duo pesaing utama Samsung Galaxy S7 Edge dan S7 Edge Plus ini memiliki sertifikasi IP67, yang menandakan keduanya tahan debu dan air. Keduanya bisa bertahan selama 30 menit dalam air dengan kedalaman 1 meter. Selain itu, kualitas kamera yang bisa diandalkan membuat keduanya ideal sebagai smartphone andalan ketika liburan.

Sony Xperia M4 Aqua

Sebagai merek smartphone yang terkenal dengan jajaran produk tahan airnya, Sony mengeluarkan Sony Xperia M4 Aqua, smartphone tahan air yang dibanderol dengan harga terjangkau. Smartphone ini memiliki desain yang mirip ponsel flagship, dibekali kamera dengan kualitas sangat baik, dan sistem operasi Android Lollipop.

Sony Xperia XZ

Satu lagi Sony Xperia yang dapat diandalkan selama liburan, yakni Sony Xperia XZ yang memiliki desain cukup seksi. Harganya jauh lebih murah dibandingkan iPhone 7 atau Galaxy S7, namun kemampuan tahan airnya akan membuat liburan lebih menyenangkan.