Tips & Guide

10 Tempat Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2017

[Foto: Wikimedia.org]
[Foto: Wikimedia.org]
Menjelang akhir tahun, para pecinta astronomi di seantero dunia sudah mulai mencari kesempatan untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari total di tahun depan. Ya, pada bulan Agustus tahun 2017 mendatang kita memang akan dimanjakan dengan peristiwa gerhana langka yang dapat dinikmati dari berbagai tempat di Amerika Serikat.

Peristiwa langka tersebut memang hanya bisa disaksikan oleh mereka yang berada di AS. Gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017, dan gerhana tersebut menjadi peristiwa gerhana pertama yang bisa disaksikan di AS sejak tahun 1979, dan gerhana pertama yang akan melintasi 10 negara bagian dalam 100 tahun terakhir. Maka kemungkinan ini akan menjadi salah satu peristiwa astronomi yang paling banyak disaksikan sepanjang sejarah.

Jadi, jika Anda memang berniat melihat gerhana matahari total tersebut, sebaiknya pertimbangkan untuk berlibur ke beberapa tempat antara Oregon hingga South Carolina, karena itulah wilayah yang akan dilalui gerhana. Tempat-tempat di bagian barat AS, khususnya mulai dari Willamette Valley di Oregon hingga Nebraska Sandhills, diramalkan akan memiliki cuaca terbaik pada saat gerhana.

Periode gerhana matahari total terpanjang akan mencapai 2 menit 40,2 detik. Untuk melihat gerhana terlama, Anda harus berada di daerah agak selatan dari Carbondale, Illinois, di Giant City State Park.

Jika Anda berniat menyaksikan langsung gerhana matahari total, Anda harus merencanakan untuk membawa kendaraan sendiri, atau menyewa. Minimal Anda bisa dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Walaupun cuaca sedang terang-terangnya, pengamatan gerhana bisa terganggu hanya dengan selapis awan tipis yang melintas.

Pilihlah lokasi yang cukup tinggi dan sepi, seperti di atas bukit atau jalan lintas negara bagian. Pastikan Anda akan mudah untuk berpindah tempat sehari sebelumnya, jika cuaca terlihat memburuk. Gerhana matahari total adalah peristiwa langka, dan banyak pecinta astronomi yang rela melakukan berbagai cara untuk menyaksikannya secara langsung.

Jika Anda berjiwa petualang dan mencintai alam, Amerika punya banyak tempat yang bagus untuk berkemah dan bulan Agustus adalah waktu yang tepat, karena cuacanya cenderung bagus. Bawalah tenda dalam mobil atau van Anda untuk memudahkan berpindah tempat beberapa mil jika cuaca nampak memburuk. Bahkan jika Anda tinggal di hotel, jangan memutuskan untuk tinggal di satu tempat jika prakiraan cuaca tidak baik. Persiapkan akomodasi alternatif.

Jika semua persiapan telah direncanakan, saatnya untuk menetapkan tujuan. Inilah tempat-tempat paling ideal untuk menyaksikan gerhana matahari total tahun 2017 di Amerika Serikat.

Columbia, South Carolina. Gerhana matahari akan mencapai South Carolina (SC) pada 3:36 Waktu Musim Panas Timur/Eastern Daylight Time (EDT), dan berakhir di pantai timur negara bagian tersebut pada 3:49 EDT. Mereka yang berada di SC akan menikmati durasi totalitas sekitar dua setengah menit.

Great Smoky Mountains. Terbentang di antara North Carolina dan Tennessee, Great Smoky Mountains yang indah menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan gerhana, khususnya di daerah tinggi seperti Clingmans Dome.

Nashville, Tennessee. Di kota yang cantik ini kamu bisa melihat gerhana matahari total dengan leluasa, namun pastikan cuacanya tidak berawan dan menjauhlah dari keramaian. Beberapa tempat ideal diantaranya Hendersonville, Gallatin, dan Coopertown, di mana gerhana berlangsung lebih lama, kurang lebih 2 menit.

Hopkinsville, Kentucky. Terlepas dari legenda hantu goblin yang terkenal di Hopkinsville, kota kecil ini dikenal sebagai kota terbaik untuk menyaksikan gerhana, dengan totalitas yang berlangsung 2 menit 41 detik.

Illinois Selatan. Gerhana mulai masuk melintas di atas Illinois dari barat di 13:17 CDT dan keluar pada pukul 1:25 p.m CDT. Cuaca di sini kemungkinan sedikit lebih baik daripada di daerah timur yang tercantum di atas.

St. Joseph, Missouri. Mereka yang berada di kota kecil ini akan bisa menikmati totalitas gerhana matahari selama 2 menit 39 detik. Anda juga bisa melihat gerhana dari kota tetangga, Kansas City.

Nebraska Sandhills. Untuk mereka yang berada di barat Missouri, kemungkinan cuaca akan baik, dan sebagian besar Nebraska memiliki kemungkinan 70% cuaca cerah. Gerhana matahari total dimulai pukul 1:46 pm MDT hingga 2:09 pm MDT.

Casper, Wyoming. Kota yang berada dekat garis tengah gerhana ini kemungkinan akan jadi tempat populer untuk melihat gerhana. Pecinta astronomi dan fotografer bisa pergi ke Grand Teton National Park di ujung barat negara bagian. Gerhana memasuki bagian barat Wyoming pada 1:34 pm MDT dan keluar di bagian timur Wyoming pada 1:49 pm MDT.

Snake River Valley, Idaho. Idaho dan Oregon akan jadi tempat yang baik untuk meyaksikan gerhana. Rexburg di utara Idaho Falls menawarkan jalanan yang bagus untuk memberi Anda mobilitas. Di bagian barat negara bagian, Highway 95 antara Weiser dan Marin Creek Reservoir menjadi tempat yang bagus dengan pemandangan langit luas.

Madras, Oregon. Kota kecil Madras berada di persimpangan empat jalan besar, jadi Anda bisa bergerak dengan bebas untuk mengejar gerhana. Selain itu, Madras berada di dekat gunung stratovolcano yang indah, Mount Jefferson, jadi Anda bisa menikmati gerhana dengan pemandangan puncak pegunungan yang mengesankan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID