Tips & Guide

10 Tempat Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2017

[Foto: Wikimedia.org]
[Foto: Wikimedia.org]
Menjelang akhir tahun, para pecinta astronomi di seantero dunia sudah mulai mencari kesempatan untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari total di tahun depan. Ya, pada bulan Agustus tahun 2017 mendatang kita memang akan dimanjakan dengan peristiwa gerhana langka yang dapat dinikmati dari berbagai tempat di Amerika Serikat.

Peristiwa langka tersebut memang hanya bisa disaksikan oleh mereka yang berada di AS. Gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017, dan gerhana tersebut menjadi peristiwa gerhana pertama yang bisa disaksikan di AS sejak tahun 1979, dan gerhana pertama yang akan melintasi 10 negara bagian dalam 100 tahun terakhir. Maka kemungkinan ini akan menjadi salah satu peristiwa astronomi yang paling banyak disaksikan sepanjang sejarah.

Jadi, jika Anda memang berniat melihat gerhana matahari total tersebut, sebaiknya pertimbangkan untuk berlibur ke beberapa tempat antara Oregon hingga South Carolina, karena itulah wilayah yang akan dilalui gerhana. Tempat-tempat di bagian barat AS, khususnya mulai dari Willamette Valley di Oregon hingga Nebraska Sandhills, diramalkan akan memiliki cuaca terbaik pada saat gerhana.

Periode gerhana matahari total terpanjang akan mencapai 2 menit 40,2 detik. Untuk melihat gerhana terlama, Anda harus berada di daerah agak selatan dari Carbondale, Illinois, di Giant City State Park.

Jika Anda berniat menyaksikan langsung gerhana matahari total, Anda harus merencanakan untuk membawa kendaraan sendiri, atau menyewa. Minimal Anda bisa dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Walaupun cuaca sedang terang-terangnya, pengamatan gerhana bisa terganggu hanya dengan selapis awan tipis yang melintas.

Pilihlah lokasi yang cukup tinggi dan sepi, seperti di atas bukit atau jalan lintas negara bagian. Pastikan Anda akan mudah untuk berpindah tempat sehari sebelumnya, jika cuaca terlihat memburuk. Gerhana matahari total adalah peristiwa langka, dan banyak pecinta astronomi yang rela melakukan berbagai cara untuk menyaksikannya secara langsung.

Jika Anda berjiwa petualang dan mencintai alam, Amerika punya banyak tempat yang bagus untuk berkemah dan bulan Agustus adalah waktu yang tepat, karena cuacanya cenderung bagus. Bawalah tenda dalam mobil atau van Anda untuk memudahkan berpindah tempat beberapa mil jika cuaca nampak memburuk. Bahkan jika Anda tinggal di hotel, jangan memutuskan untuk tinggal di satu tempat jika prakiraan cuaca tidak baik. Persiapkan akomodasi alternatif.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID