Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

10 Trik Mencari Informasi di Google Agar Lebih Efektif

[Foto: notable.ca]
Karena ketenaran Google sebagai raksasa mesin pencari, maka tak heran jika ada istilah ‘Mbah Google’. Informasi apapun yang dibutuhkan, orang selalu mencarinya di Google Search. Hanya butuh perangkat dan jaringan internet, orang bisa menemukan informasi dalam waktu beberapa detik saja. Saking Google dianggap sebagai sumber jawaban, bahkan ada beberapa netizen yang melontarkan pertanyaan lucu.

Mencari informasi dari Google memang sangat mudah. Anda cukup mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari. Namun, seringkali ada beberapa informasi yang terlupakan sehingga orang bingung mencari kata kunci.

Tentu Anda ingin memaksimalkan Google dalam mencari informasi yang diinginkan. Nah berikut ini adalah 10 trik yang bisa Anda gunakan agar mencari informasi di Google lebih efektif, sebagaimana dilansir dari Bright Side.

Gunakan Simbol “|” / Kata “atau”

Jika Anda tidak yakin ingin mencari apa, berikanlah beberapa kata kunci variasi dan pisahkan kata itu dengan simbol |. Simbol ini juga berarti menggunakan kata ‘atau’. Misalnya Anda ingin mencari informasi tentang satu selebriti Hollywood, namun tidak yakin dengan namanya karena mirip dengan nama selebriti lain, maka Anda bisa menuliskan, contohnya, Jennifer Aniston or Lawrance.

Gunakan Sinonim

Saat ingin melakukan riset tertentu, pasti Anda akan memasukan satu subyek tertentu yang bisa membantu mendapatkan hasilnya. Misalnya, ingin mencari makanan tapi yang mengandung prinsip makanan sehat, resep memasak sehat, dan bersantap sehat. Maka, Anda bisa menambahkan simbol ~ untuk mencakup frasa tertentu. Contohnya, healthy ~food.


Hanya Ingat Nama Situs

Apakah Anda pernah tidak sengaja meng-klik tombol close lalu halaman hilang? Jika itu terjadi, tentu beberapa dari kita hanya ingat apa situsnya. Oleh karena itu, jika ingin menemukan halaman itu lagi, tulislah nama situsnya dan satu kata kunci. Misalnya, brightside.me (nama situs) salad (kata kunci).

Gunakan Simbol ‘*’

Saat lupa kata kunci, frase, atau nomor, Anda bisa beralih ke simbol bintang atau ‘*’. Jika kita tidak ingat tempat, kata, atau kalimat, simbol ini cukup kuat untuk digunakan.

Hanya Ingat Sebagian Kalimat

Di antara kita mungkin pernah menulis kalimat di Google dengan cara mengetik kata yang seingatnya saja. Ternyata, ada cara mudah menemukan informasi itu. Caranya, tuliskanlah kata pertama dan terakhir lalu tambahkan kata ‘AROUND’ + (perkiraan jumlah kata yang hilang di antara mereka). Misal, ‘aku berjalan AROUND (4) awan’.

Gunakan Kerangka Waktu

Untuk permintaan pencarian informasi, Anda dapat menambahkan kerangka waktu dengan bantuan tiga titik antara tanggal. Misalnya, jika ingin mencari tahu mengenai penemuan-penemuan ilmiah pada abad ke-20, Anda bisa menulis: penemuan ilmiah 1900…2000.

Lupa Judul atau Situs

Pernah lupa judul atau situs? Untuk membantu menemukan informasi tersebut, tambahkanlah kata ‘intitle:’ sebelum kata yang ingin dicari, tanpa spasi.

Mencari Situs Sejenis

Di dunia maya begitu banyak situs. Mulai dari yang namanya mirip hingga apa yang diinformasikan mirip. Nah, Agar Anda tidak salah dan menemukan situs yang benar, ketiklah ‘related:’ pada alamat situs, tanpa spasi.

Gunakan Seluruh Frase

Untuk mencari sesuatu yang spesifik dan dalam urutan tepat, memberikan tanda kutip adalah cara paling sederhana serta efektif. Namun di sisi lain, jika Anda mengetik seluruh frase dalam tanda kutip, maka Anda bisa menemukan hasil yang diinginkan dalam urutan lebih dalam. Misalnya, menemukan lirik lagu jika tidak tahu judulnya.

Kata-Kata Pencarian Tidak Penting

Jika Anda ingin menghapus kata-kata pencarian tidak penting dari permintaan, tulislah simbol minus sebelum masing-masing kata. Misal, ingin mencari situs buku yang menarik tetapi tidak ingin membelinya, cukup tuliskan: interesting books -buy.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!