Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

11 Tips Memulai Vlogging: Bagaimana Membuat Vlog Berkualitas yang Mengundang Pemirsa

[Foto: Shutterstock]
Menjadi seorang vlogger—atau video blogger—nampaknya sangat keren, tapi mendapatkan dan penonton lebih sulit daripada yang dia dengar. Mempersiapkan sebelum menjadi vlogger benar-benar dapat membantu Anda sepanjang jalan Anda untuk menjadi vlogger yang sukses.

Video blogging (alias vlogging) mirip-mirip seperti televisi di Internet. Blogger dapat memfilmkan dirinya di video, mengunggah klip ke situs host seperti YouTube, dan kemudian menyematkan tautan (atau kode HTML) di blog mereka untuk dibagikan dengan dunia.Kedengarannya mudah, bukan? Memang mudah. Anda hanya perlu tahu bagaimana memulainya.

Cari tahu tentang para vlogger terkenal

Sebelum memulai, luangkan waktu untuk memeriksa apa yang dilakukan vlogger. Pelajari jenis peralatan yang mereka gunakan, bagaimana mereka merekam video mereka, dan bagaimana mereka terhubung dengan audiens mereka. Tirulah apa yang Anda sukai dan yang terasa paling nyaman untuk Anda.

Persiapan

Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan sebelum menghidupkan kamera. Mungkin bahkan menyiapkan beberapa catatan atau garis besar yang bisa Anda jadikan panduan pada saat merekam video.

Hindari kamera bergetar

Alih-alih mencoba memfilmkan diri sambil memegang kamera Anda, belilah tripod. Penggunaan tripod akan mencegah audiens Anda pusing karena sudut kamera yang aneh. Tripod tidak selalu mahal. Banyak toko online yang menawarkan dengan harga murah.

Jadilah diri sendiri


Ingat bahwa pemirsa Anda menonton karena mereka sudah menyukai blog Anda. Dengan mengingat hal ini akan membantu Anda menciptakan vlog yang menarik dan menghindari menjadi robot di belakang kamera. Rileks, tersenyumlah dan bicarakan tentang apa yang Anda tahu.

Ajukan pertanyaan

Mirip dengan posting blog, maksud dibalik vlog adalah melibatkan audiens Anda. Anda dapat melakukannya dengan menanyakan kepada pemirsa pendapat tentang topik atau mungkin pertanyaan atau saran untuk video yang akan datang.

Pertimbangkan hubungan yang dijalani

Terkadang, menempatkan hidup Anda di internet mungkin tidak selalu sesuai untuk pasangan Anda. Bicarakan dengan pasangan Anda dan minta pendapatnya, apakah dia setuju dengan hal itu.

Ada bahaya dalam vlogging dan memamerkan hidup Anda di YouTube saat Anda menjalin hubungan, karena pemirsa cenderung mengkritiknya atau setidaknya, mereka mengetahuinya. Kadang-kadang hal itu akan membuat Anda meragukan hubungan Anda.

Bahaya lain adalah “ketidak-tahuan.” Terkadang, menjalin hubungan dengan seseorang saat berada di kamera bisa menjadi membingungkan. Anda akan akhirnya mencoba untuk mencari tahu apakah Anda benar-benar mencintai orang itu, atau jika cinta Anda terhadap orang itu hanya untuk disajikan di depan kamera. Pertimbangkan hubungan Anda sebelum membuat langkah untuk menjadi seorang vlogger.

Kreatif memilih tempat pengambilan gambar

Jaga agar pemirsa tertarik, kreatiflah dengan tempat Anda memfilmkan vlog Anda. Pergi ke luar, pergilah ke kedai kopi, atau kurung diri Anda di ruang cuci atau kamar mandi Anda.

Tetap fokus

Katakan apa yang harus Anda katakan dan kemudian berhenti syuting. Orang memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Ketika Anda mulai mengoceh, akhiri klipnya. Vlog yang bagus biasanya hanya berlangsung beberapa menit.

Bangun komunitas vlogging

Mirip dengan cara Anda terhubung dengan sesama blogger di blog Anda, komunitas membangun hubungkan dengan sesama vlogger. Anda dapat melakukan ini dengan mengomentari vlog yang membahas topik yang serupa dengan topik Anda, berlangganan ke saluran YouTube, dan mengundang vlogger lain untuk menonton konten Anda.

Buat saluran video sendiri

Siapkan saluran video di YouTube dan tambahkan tag ke video Anda. Ini akan membuat vlog Anda jauh lebih mudah ditemukan.

Lakukan saja!

Jangan terlalu memikirkan ini! Anda akan belajar dan memperbaiki diri dalam prosesnya. Mengambil langkah pertama memang kadang butuh upaya cukup besar, tapi Anda tak akan rugi apa-apa! Semakin banyak vlog yang Anda buat, semakin nyaman Anda akan berada di depan kamera.