Tips & Guide

2 Hal yang Perlu Dilakukan agar Konten Situs Makin Menarik di Media Sosial

[Ilustrasi: Sean MacEntee|flickr.com]

Berbeda dengan masa sekitar 5 tahun lalu ketika hampir semua situs berlomba-lomba meningkatkan SEO di websitenya, saat ini optimasi di media sosial pun menjadi sangat penting untuk meningkatkan kunjungan ke situs, terutama situs yang berbasis konten (blog, artikel, berita, dll). Tentunya kedua media sosial ini yang sangat dominan perannya: Twitter dan Facebook.

Lakukan 2 langkah optimasi berikut agar sharing konten situs anda menjadi lebih menarik di media sosial.

1. Terapkan Twitter Card

Secara default, ketika kita membagikan tautan (link) di Twitter, maka yang bisa dilihat dari follower kita hanyalah isi teks dan alamat tautannya. Dan alamat tautannya inipun sering kali otomatis diperpendek, baik oleh twitter maupun oleh aplikasi lain.

Ada kalanya teks pembuka itu tidak cukup untuk membuat follower tertarik untuk mengunjungi situs kita. Karena itu, akan lebih baik jika preview isi kontennya bisa ditampilkan menjadi seperti berikut:

Fitur ini sudah disediakan oleh Twitter, namanya Twitter Card. Namun kita perlu melakukan penyesuaian di situs kita agar preview ini bisa muncul. Ada beberapa kode meta-tag HTML yang perlu ditambahkan. Silahkan ikuti dokumentasinya di tautan ini.

2. Terapkan Facebook OpenGraph

Berbeda dengan Twitter Card yang mewajibkan kita mengubah kode HTML situs kita agar bisa mendapatkan preview, Facebook melakukan ini secara otomatis.

Ketika kita membagikan tautan di Facebook, maka secara otomatis Facebook akan mencoba membuat preview isi konten tautan tersebut. Namun kekurangannya adalah kita tidak bisa memastikan seperti apa teks yang akan diambil, atau gambar yang mana yang akan ditampilkan.

Tetapi kekurangan ini bisa diatasi dengan menggunakan Facebook OpenGraph. Sama seperti Twitter Card, dengan sedikit perubahan di kode meta-tag HTML situs kita, maka kita bisa memastikan gambar dan teks yang mana yang akan dijadikan preview konten situs kita ketika dibagikan.

Petunjuk penggunaan meta-tag Facebook OpenGraph bisa dilihat di tautan ini.

TIPS:

Bagi anda yang menggunakan situs atau blog berbasis WordPress, ada cara yang jauh lebih mudah. Banyak plugin yang sudah disediakan untuk membuat fitur ini tersedia, tanpa perlu melakukan perubahan kode HTML secara langsung.

Salah satu contoh pluginnya adalah Facebook Open Graph, Google+ and Twitter Card Tags yang dikembangkan oleh Webdados. Dengan plugin ini anda cukup mengubah konfigurasi plugin untuk memilih seperti apa preview konten anda ingin ditampilkan.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID