Home  »  Opinion   »  
Opinion

3 Hal Kunci untuk Meningkatkan Traffic Website

[Ilustrasi: pixabay.com]
Memenangkan persaingan dalam bisnis digital memerlukan trik yang meliputi berbagai cara. Misalnya saja untuk mendapatkan traffic yang tinggi dalam blog, tidak hanya sekadar konten yang diperlukan, tetapi juga hal-hal lain. Konten dalam sebuah blog memang menjadi penentu baik-tidaknya sebuah website. Tetapi, konten saja tidak cukup. Sebuah website memerlukan promosi dan strategi viral content marketing yang cukup agar hasilnya bisa lebih memuaskan.

Sayangnya tak semua orang paham mengenai promosi dan berbagai strategi ini. Itulah kenapa kebanyakan penulis blog memilih bekerja pada orang lain alih-alih menghidupkan sendiri blognya. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan mereka dalam melakukan promosi terhadap konten yang telah diciptakan. Tak jarang juga startup yang akhirnya gagal karena ketidakmampuan dalam mengelola konten yang sudah bagus.

Lalu, apa saja yang diperlukan untuk menarik lebih banyak orang ke dalam sebuah website?

Satu hal yang harus terpenuhi terlebih dulu tentu saja adalah konten yang berkualitas. Tanpa konten yang berkualitas, proses promosi terkesan percuma. Konten berkualitas melalui proses kreatif, salah satunya dalam pemilihan tema, menentukan kata kunci, hingga bermain SEO untuk memaksimalkan performa website di mesin pencari.
Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam penulisan konten, salah satunya adalah pemilihan judul. Pembaca menyukai sesuatu yang memberi mereka kepastian.

Perhatikan dua contoh judul di bawah ini:

  1. Membuat Sebuah Blog yang Populer
  2. 5 Langkah Membuat Blog yang Populer

Manakah yang lebih disukai oleh pembaca? Tentu judul nomor dua, sebab dari satu judul, pembaca dapat mengetahui apa maksud dari tulisan yang akan dibacanya. Selain itu, ia juga memperoleh kepastikan mengenai apa saja tahapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan sebuah blog yang populer.


Tak cukup sekadar konten

Meski konten menjadi tumpuan utamanya, berkali-kali ditekankan dalam tulisan ini bahwa konten saja tidak cukup. Diperlukan beberapa strategi promosi yang akan membuat pembaca tertarik pada konten yang telah kita ciptakan. Salah satunya adalah melalui berbagai platform pihak ketiga seperti BuzzFeed ataupun LinkedIn Pulse. Pada prinsipnya, fungsi platform pihak ketiga ini adalah untuk menarik lebih banyak pengunjung. Terlebih apabila tulisan atau post kita masuk ke dalam kolom featured yang dipilih oleh tim editor. Maka, bisa dipastikan ribuan bahkan ratusan ribu traffic bisa membanjiri website kita hanya dari satu artikel tersebut.

Tak hanya BuzzFeed ataupun LinkedIn Pulse, kita juga bisa menyasar ke komunitas tertentu yang kira-kira sesuai dengan target pembaca. Misalnya saja di grup-grup media sosial seperti Facebook atau bahkan menggunakan aplikasi seperti Reddit. Namun, untuk menyasar komunitas seperti ini, ada sebuah keharusan bagi kita untuk juga aktif menajadi member dengan turut memberikan feedback, komentar, ataupun kegiatan lain dalam forum tersebut.

Raih strategi SEO dengan memenangkan kompetisi keyword

Salah satu aspek paling penting dalam SEO adalah keyword, selain on-page maupun backlink. Dengan keyword yang sesuai, kita dapat membidik sasaran dengan tepat. Dalam hal ini, riset kata kunci menjadi satu hal wajib yang tidak boleh dilewatkan. Tujuannya adalah untuk mengetahui traffic pencarian kata kunci tersebut beserta jumlah kompetitornya. Usahakan untuk mencari kata kunci yang memiliki traffic pencarian tinggi, tetapi tidak banyak kompetitornnya, karena hal tersebut memberikan peluang yang cukup bagus untuk websitemu tampil dalam Google Search Engine.

Social media share

Yang tak kalah penting dari viral content marketing adalah angka share di social media. Sebab kita sama-sama tahu, saat ini media sosial digunakan lebih dari sekadar tempat untuk membentuk relasi sosial, tetapi juga tempat orang mencari informasi. Dengan memiliki social media share yang tinggi memberikan peluang traffic yang tinggi juga pada website yang kita kelola. Selain itu, kita bisa juga menggunakan jasa influencer, terutama untuk media sosial seperti Twitter ataupun Instagram.

Jika berbagai strategi tersebut telah diterapkan, bisa dipastikan traffic untuk websitemu akan naik berkali lipat. Selamat mencoba!