Tips & Guide

3 Langkah Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

[Sumber: tribunnews.com]
Saat kamu membeli smartphone pasti menyadari, bahwa didalamnya sudah terdapat aplikasi bawaan atau bloatware yang disematkan oleh produsen. Hal yang menjadi permasalahan adalah seringkali aplikasi yang disediakan tersebut tidak terlalu kamu butuhkan. Sehingga memori penyimpanan yang tersedia menjadi semakin berkurang.

Jika kamu sedang menghadapi masalah di atas, jangan khawatir. Sebab, kami akan memberikan solusi yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada didalam Android.

1.Langkah 1: Dengan Melakukan Root Pada Android

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan, jika smartphone Android sudah dalam keadaan root. Jika kamu belum melakukan root pada smartphone, maka lakukan root terlebih dahulu untuk mengikuti langkah selanjutnya.

Setelah smartphone di-root, maka kamu bisa menghapus banyak aplikasi bawaan secara langsung.

Pertama, download aplikasi dengan nama System App Remover, kemudian pasang didalam smartphone Android yang kamu miliki seperti biasa.

Kedua, apabila aplikasi sudah terpasang, mulailah untuk membuka aplikasi tersebut. Jika SuperSU meminta akses root, klik menu Grant.

Baca Juga:  Android Instant Apps - Jalankan Aplikasi Tanpa Perlu Install

Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih aplikasi bawaan Android yang akan dihapus. Pilih setiap jenis aplikasi bawaan yang akan dihapus. Jika Anda sudah memilih aplikasi yang akan dihapus, maka mulailah untuk klik tombol uninstall.

Jika muncul pop-up, klik Yes. Kemudian Anda tinggal menunggu proses penghapusan sampai selesai.

2.Langkah Menghapus Tanpa Root

Cara yang selanjutnya ini terbagi ke dalam 2 cara yang berbeda yaitu tanpa aplikasi dan kedua menggunakan aplikasi.

Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu Settings. Jika sudah, kemudian pilih menu Apps atau aplikasi. Lalu, Anda bisa membuka aplikasi bawaan yang tidak diinginkan.


Apabila halaman pengaturan aplikasi bawaan telah terbuka, maka Anda bisa langsung menekan pilihan disable.

Cara seperti ini tidak akan mengurangi penyimpanan internal, tetapi pemakaian RAM dan baterai akan menjadi lebih hemat dari sebelumnya.

Jika Anda ingin kembali menjalankan aplikasi bawaan, maka bisa mengikuti langkah yang telah disebutkan di atas. Hal yang menjadi perbedaannya adalah Anda perlu menekan tombol Enable.

Baca Juga:  Cara Mengubah atau Menghapus File DLL pada Windows 7 dan Vista

Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan install aplikasi CCleaner dari Play Store. Jika CCleaner telah terinstal, maka Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut.

[Sumber: andro-ricky.com]
Saat berada di halaman utama CCleaner, Anda bisa memilih menu 3 baris yang berada di pojok kiri atas.

Langkah selanjutnya, Anda perlu memilih menu App Manager. Pada halaman App Manager, Anda selanjutnya harus memilih Tab System.

Apabila Tab System telah terpilih, maka Anda bisa langsung memilih aplikasi bawaan yang akan dihapus dan selanjutnya pilih ikon yang bergambar tong sampah.

Kemudian, Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dihapus dan langsung pilih tombol uninstall.

Jika muncul pop-up berupa peringatan, maka Anda bisa memilih Continue.

Catatan yang perlu Anda perhatikan disini adalah CCleaner mampu menghapus aplikasi bawaan pada beberapa smartphone Android. Namun, sebagian smartphone Android perlu menggunakan aplikasi setelah dilakukan root.

Anda bisa memilih 3 cara yang disebutkan di atas untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada di smartphone Android. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, Anda bisa menghemat lebih banyak ruang penyimpanan internal.

Baca Juga:  6 Aplikasi Ini Bantu Penulis Hasilkan Tulisan Berkualitas

Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa menginspirasi Anda semua.

Selamat mencoba!