Home  »  Opinion   »  
Opinion

4 Alasan Mengapa Blog Diperlukan untuk Bisnis E-Commerce

[Foto: pixabay.com]
[Foto: pixabay.com]
Di tengah terus berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, semua hal kini beranjak digital. Orang lapar memesan makanan dari gadgetnya, ingin bepergian tinggal akses ponsel untuk pesan kendaraan, sampai berbelanja pun kini bisa dilakukan semudah dalam genggaman. Tak heran jika memang ingin memenangkan persaingan pasar, Anda harus mulai beralih mengikuti tren digital, termasuk dalam bisnis. Tak heran jika kemudian di Indonesia, startup-startup baru terus bermunculan sebagai respons dari adanya perubahan digital di tengah masyarakat itu sendiri.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk paling besar di dunia tentu saja memiliki peran tersendiri dalam perubahan tren ini. Sebut saja bidang e-commerce. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tren kenaikan e-commerce paling tinggi di dunia. Tak hanya dari segi kemunculan startup-startup baru yang bergerak di bidang e-commerce, tetapi juga karena penduduk Indonesia yang sangat banyak berpeluang menjadi target pasar paling strategis yang bisa diraih.

Untuk memenangkan strategi persaingan e-commerce di Indonesia, setidaknya Anda membutuhkan berbagai keunikan yang membuat customer lebih memilih e-commerce Anda dibandingkan yang lain. Value yang Anda tawarkan melalui produk e-commerce Anda juga harus berbeda dan memiliki keunikan. Selain itu, dari segi marketing diperlukan trik-trik khusus yang berpeluang untuk membuat Anda memenangkan persaingan. Salah satunya dengan membuat blog bagi e-commerce yang sedang Anda bangun.


Dalam dunia e-commerce, blog memiliki perannya tersendiri. Setidaknya 4 hal ini menjadi alasan mengapa sebuah blog penting bagi keberadaan e-commerce.

1. Untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik untuk mengoptimalkan traffic pada sebuah website melalui kolom pencarian organik. Metode ini masih menjad satu hal yang digemari para digital marketing, terutama di e-commerce, karena dinilai membawa dampak yang cukup signifikan. SEO yang baik dapat membawa traffic ke dalam website e-commerce Anda. Otomatis, hal ini memberi peluang yang lebih bagi Anda untuk memperoleh calon customer melalui aktivitas Google Search Engine. Selain itu, apabila Anda menggunakan paid ads, SEO akan membantu performa iklan Anda menjadi lebih bagus.

2. Sebagai sumber informasi bagi konsumen

Keberadaan blog bagi e-commerce sekaligus sebagai tempat untuk penyebaran informasi. Terutama terkait dengan produk-produk yang Anda jual dalam e-commerce Anda. Riset yang banyak dilakukan terkait online customer di Indonesia masih menunjukkan bukti bahwa review produk masih diminati oleh customer sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang. Oleh karena itu, dengan menyediakan informasi mengenai produk di blog e-commerce Anda, hal itu dapat meningkatkan customer experience dalam aktivitas belanja online.

3. Untuk mengatasi masalah pembaca

Selain sebagai sumber informasi, fungsi blog juga bisa merangkap sebagai customer service. Anda bisa menulis hal-hal yang paling banyak dikeluhkan customer mengenai prosedur belanja, tips memilih barang, ataupun metode pembayaran. Customer service yang baik meningkatkan peluang engagement yang lebih optimal antara e-commerce dengan para customernya. Selain itu, menyediakan berbagai jawaban dari keluhan umum pelanggan di blog dapat menghemat waktu untuk memberikan penjelasan berulang-ulang kepada tiap-tiap customer.

4. Sebagai tempat promosi

Yang tak kalah penting, blog juga bisa Anda optimalkan sebagai tempat untuk promosi. Dengan penulisan konten yang tepat, sebuah post di blog dapat menjadi viral. Hal ini dikenal juga dengan sebutan viral content marketing. Anda dapat juga mengemasnya menjadi artikel yang unik dengan tujuan untuk lebih mengenalkann e-commerce maupun produk yang sedang Anda pasarkan.