Tips & Guide

4 Aplikasi yang Bisa Bikin Anda Hemat Sekaligus Nambah Uang Jajan

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Kalau Anda merasa kebutuhan makin banyak, tapi gaji nggak juga bertambah, mungkin Anda perlu mulai berhemat dan kalau bisa mencari sumber pendapatan tambahan. Selain bekerja freelance di samping pekerjaan tetap, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan atau paling tidak sedikit berhemat. Salah cara mudah adalah dengan mengikuti survei-survei berbayar, atau menggunakan aplikasi yang memberikan cashback.

Bicara mengenai aplikasi atau situs web survei atau aplikasi cashback, Anda pun perlu memilih dengan cermat karena tidak semuanya terbukti memenuhi harapan penggunanya. Salah-salah nanti Anda malah terkena scam. Nah, berikut ini ada beberapa aplikasi online dan situs web yang memiliki reputasi baik, karena sudah saya buktikan sendiri konsistensinya dalam memberi redeemable points, voucher, atau cashback kepada penggunanya. Selain itu, penggunaannya juga cukup mudah.

AIP Online Surveys. Situs web ini berisi banyak survei yang diadakan secara berkala, dan setiap survei memiliki poin dalam jumlah tertentu. Jadi, untuk setiap survei yang Anda selesaikan, Anda akan mendapat poin-poin yang bisa diakumulasikan dan ditukarkan dengan berbagai voucher belanja, seperti Sodexo, MAP, Pizza Hut dan sebagainya. Akan ada survei-survei yang ditawarkan secara berkala, dan Anda akan dinotifikasi via e-mail.

Setiap Anda selesai mengisi satu survey, poin akan ditambahkan ke akun Anda. Ketika poin mencukupi, Anda bisa menukarnya dengan voucher fisik yang akan dikirim ke alamat Anda. Yang Anda perlu lakukan adalah, rajin-rajinlah mengisi survey. Sejauh ini, saya sudah tiga kali menukarkan poin dengan voucher Sodexo Rp 450.000 dan voucher Pizza Hut Rp 100.000.

GfK Digital Trends. Aplikasi yang dibuat oleh lembaga survei multinasional GfK ini bertujuan untuk menelusuri pemakaian Internet yang Anda lakukan di perangkat genggam, baik ponsel pintar ataupun tablet. Jangan khawatir, yang disurvei hanya aktivitas penggunaan Internet saja, bukan histori pemakaian atau aktivitas pribadi Anda.

Cara berpartisipasinya sangat mudah, Anda hanya tinggal registrasi, di mana Anda akan mendapat kode pin. Setelahnya, install aplikasi di perangkat Anda, lalu didiamkan saja dan poinnya akan terakumulasi secara otomatis. Jika poin sudah mencukupi, Anda bisa menukarnya dengan voucher belanja Blibli tanpa minimum pembelian. Menurut pengalaman, voucher yang didapat perbulan sekitar 100.ooo sampai 200.000 rupiah, tergantung berapa banyak perangkat yang Anda ikutsertakan dalam program.

Sesekali, periset dari GfK akan menghubungi Anda untuk melakukan survei Ad-hoc dengan tambahan poin yang cukup besar. Selama 3 bulan bergabung di GfK Digital Trends, saya mendapat voucher Blibli senilai Rp 400.000.

Shopback. Startup asal Singapura ini menawarkan program cashback setiap kali Anda berbelanja online. Besar cashback bervariasi, mulai dari 2,5% hingga 10%. Shopback sudah berafiliasi dengan banyak e-commerce besar di Indonesia, seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Zalora, Groupon, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan beberapa online travel agent (OTA) seperti Agoda, Nusatrip, Tiketcom, dan lain-lain.

Sistemnya adalah, setiap kali Anda hendak berbelanja online, Anda harus mengakses e-commerce terkait dari situs web Shopback supaya bisa mendapat cashback. Memang agak ribet, tapi semua cashback yang terkumpul nantinya bisa diuangkan dalam bentuk tunai, yang akan ditransfer langsung ke rekening bank Anda.

Ketika menggunakan Shopback Anda juga harus sabar, karena waktu pemrosesan cashback agak lama, bisa dua atau tiga bulan sejak tanggal transaksi. Saya sendiri dalam 4-5 bulan menggunakan Shopback sudah berhasil mencairkan cashback senilai Rp 270.000.

CashTree. Aplikasi yang populer di Korea ini mulai memikat hati para pengguna di Indonesia dengan pulsa gratisnya. Cara kerjanya cukup sederhana. Pengguna yang meng-install CashTree akan mendapat iklan otomatis di lockscreen mereka. Biasanya iklannya berupa situs web berita, situs e-commerce, atau aplikasi ponsel. Ada dua pilihan untuk membukanya, geser kanan atau kiri. Jika digeser ke kiri, Anda akan membuka menu ponsel seperti biasa. Jika digeser ke kanan, Anda akan membuka iklan tersebut, masuk ke situs web tertentu atau menunduh aplikasi.

Menariknya, geser kanan atau kiri, Anda akan tetap mendapatkan imbalan. Jika menggeser ke kanan untuk unduh aplikasi, imbalannya Rp 1.000 – Rp 2.000. Jika membuka situs web, imbalannya Rp 150. Jika geser ke kiri (dengan kata lain mengabaikan iklan), Anda dapat Rp 20. Untuk mendapat tambahan uang, Anda bisa membuka aplikasi dan melakukan berbagai aktivitas.

Aplikasi ini mendapat review yang cukup bagus dari pengguna, yang biasanya berhasil mendapatkan pulsa Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tiap bulannya. Saya sendiri baru saja meng-install aplikasinya, dan tertarik untuk membuktikan “kehebatan” aplikasi ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID