Opinion

4 Aplikasi yang Wajib Dimiliki untuk Meningkatkan Produktivitas

[Foto: pixabay.com]
[Foto: pixabay.com]
Akhir-akhir ini pertumbuhan dunia aplikasi berbasis teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Penggunaan aplikasi semakin menjamur. Berawal dari fungsinya sebagai hiburan, kini aplikasi digunakan oleh orang untuk melakukan hal yang bermanfaat, khususnya dalam meningkatkan produktivitas. Kehadiran aplikasi berbasis teknologi digital merevolusi berbagai cara dalam bisnis, berinteraksi dengan orang lain, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, ketika kita memerlukan jawaban untuk pertanyaan semacam, “Di mana letak Yogyakarta?” secara otomatis otak kita akan mengarahkan pada aplikasi Google Maps. Atau ketika kita membutuhkan referensi untuk menunjukkan letak tempat paling nyaman untuk nongkrong di sekitar Tebet, kita akan mengakses Foursquare untuk menemukan jawabannya.

Smartphone di era kekinian menjadi teman dalam banyak hal. Smartphone akan membantu Anda untuk mengingatkan ada rapat di kantor, mendapatkan kabar langsung dari orang yang jauh dari jangkauan, dan hal-hal lain yang pastinya akan membuat hidup semakin mudah.

1. Trello

Jika Anda adalah eksekutif muda yang banyak disibukkan dengan beragam permasalahan organisasional, Trello barangkali adalah solusi terbaik. Trello memberikan Anda akses untuk selalu terhubung dengan orang-orang yang terlibat dalam suatu project yang sama. Anda dapat mengorganisasi project yang Anda lakukan bersama teman-teman tanpa harus bertatap langsung.

Melalui berbagai fitur yang disediakan, kini Anda semakin mudah untuk memantau sejauh mana pekerjaan sudah berjalan. Anda dapat mengorganisasi tim berdasarkan jobdesc, membuat rencana kerja, dan berbagai file kepada sesama tim. Aplikasi ini dapat Anda unduh dengan gratis, fleksibel, dan nyaman untuk melakukan apapun dengan siapapun.

2. LINE

Pernahkah Anda merasa bosan dengan kalimat Anda sendiri ketika chatting dengan seorang teman? Jika iya, berarti Anda harus mencoba aplikasi keren dan anti-bosan seperti LINE. LINE adalah sebuah aplikasi yang menyediakan beragam pengalaman chatting yang anti-bosan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur seperti sticker, free call, group chat, dan lain-lain. Dengan LINE, Anda juga dapat berbagi data dengan teman-teman dan menulis status terbaru dengan beragam sticker yang ceria dan menyentuh emosi.

Tidak hanya di ponsel, LINE juga hadir di PC yang memungkinkan kita udah mudah mengaksesnya ketika di kantor. Tak perlu berpindah-pindah gadget, cukup satu tempat untuk bekerja sekaligus mencari hiburan. Tak ketinggalan, sebagai startup yang sedang berkembang, LINE juga bekerjasama dengan berbagai startup lain dengan memberikan promosi-promosi menarik kepada setiap usernya.

3. Google Now

Siapa yang tidak kenal Google? Semua pengguna ponsel pintar bisa dipastikan mengenal Google, atau paling tidak pernah mendengar perihal Google. Raksasa perusahaan teknologi yang menguasai semua channel digital ini memiliki sebuah aplikasi yang wajib sekali untuk Anda coba. Aplikasi bernama Google Now ini memungkinkan kita untuk memiliki asisten virtual pribadi yang dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan. Dari mulai reminder, pencarian otomatis, penunjuk arah, hingga peramal cuaca.

Seperti kita tahu, Google memang mengintegrasikan semua produknya untuk bisa digunakan dan mendukung satu sama lain. Dengan memastikan aplikasi ini ada di ponsel, Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan sebuah meeting penting dengan klien atau bahkan tersesat di tempat yang baru Anda datangi. Anda juga dapat menghemat waktu untuk mengetik query di kolom pencarian internet, karena dengan Google Now, Anda dapat memberikan perintah dalam bentuk suara.

4. Study Helper

Bagi Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar, pernahkah Anda mengalami gangguan dari ponsel sendiri ketika ingin belajar atau dikejar suatu deadline? Jika iya, sepertinya aplikasi satu ini wajib untuk Anda coba. Sesuai namanya, Study Helper berfokus untuk membantu usernya lebih maksimal untuk belajar. Caranya adalah dengan mengunci ponsel selama user melakukan kegiatan belajar.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat menyetting seberapa lama Anda akan menasbihkan diri untuk belajar. Dan selama itu pula, aplikasi ini akan membantu Anda untuk “mengunci” ponsel agar Anda benar-benar terbebas dari gangguan berupa notif atau sekadar godaan untuk scrolling timeline. Dengan begitu, bisa dipastikan waktu Anda akan lebih efektif dan produktif!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID