Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

4 Emulator Android untuk Menjalankan Aplikasi Android Pada PC

[Gambar: howtogeek.com]
Apakah Anda tidak memiliki perangkat Android, tapi ingin menggunakan atau mencoba aplikasi Android? Hanya dengan sebuah PC dan koneksi internet, kini Anda sudah bisa melakukannya. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengistall emulator Android pada PC. Terdapat berbagai macam emulator Android yang bisa Anda coba, seperti BlueStacks, Official Android EmulatorNox, atau Youwave. Perlu diingat, disarankan untuk tidak menginstall lebih dari satu emulator Android karena itu bisa menguras RAM pada PC Anda. Mari kita intip masing-masing emulator Android tersebut!

  • BlueStacks. Ini merupakan emulator Android yang paling populer dan paling mudah digunakan. (Saya juga menggunakan emulator yang satu ini). Sampai saat ini, program ini bisa didapatkan secara gratis melalui website resminya. BlueStacks memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Android pada PC Anda. Untuk menggunakan BlueStacks, Anda harus sign in terlebih dahulu dengan menggunakan akun Google. Program ini dilengkapi dengan Google Play, sehingga Anda bisa mencari dan menginstall aplikasi dengan mudah seperti pada ponsel atau tablet Android. Jika Anda memiliki laptop dengan layar sentuh, BlueStacks juga memungkinkan Anda untuk melakukan gerakan swipe–sama halnya seperti di smartphone dengan layar sentuh.
  • Official Android Emulator. Ini merupakan emulator resmi dari Google yang tersedia dalam Android software development kit (SDK). Otomatis, emulator ini lebih ditargetkan untuk developer. Dengan emulator ini, Anda bisa menjalankan Android versi terbaru.
  • YouWave. Meskipun berbayar, program yang satu ini memberikan masa uji coba gratis selama sepuluh hari. Tidak seperti BlueStacks yang menitikberatkan pada aplikasi Android, YouWave menawarkan pengalaman menggunakan sistem Android yang menyeluruh, dan menampilkan layar home, menu aplikasi, dan lainnya.
  • NoxProgram ini merupakan pemain baru di pasar emulator Android dan sering disebut sebagai alternatifnya BlueStacks. Sama seperti BlueStacks, emulator ini juga memiliki pengaturan yang secara spesifik bertujuan untuk membantu gamers untuk mengontrol games yang mereka mainkan menggunakan keyboard dan mouse. Anda juga bisa mensimulasikan perintah seperti swipe dengan menggunakan keyboard atau joystick.