Home  »  Opinion   »  
Opinion

4 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Digital Marketer

[Foto: pixabay.com]
Profesi sebagai digital marketing sedang digandrungi banyak orang. Tak hanya karena demand untuk posisi ini sedang bagus-bagusnya di pasaran, namun juga karena pekerjaan ini sangat-sangat menantang dan unik sehingga menarik minat banyak orang. Meski demikian, iklim bisnis digital yang terus-menerus berubah mau tak mau menuntut orang yang ingin mahir sebagai digital marketer harus terus mengimprovisasi kemampuannya. Mereka yang telah ahli tidak boleh berpuas diri. Sebab makin ke sini, teknologi semakin berubah dan hal tersebut menuntut banyak perubahan yang juga harus diantisipasi oleh para digital marketer itu sendiri.

Lantas, bagaimana untuk mereka yang baru ingin memulai karir di dunia ini? Tak perlu khawatir. Sama halnya seperti skill lain di seluruh dunia, digital marketing merupakan sesuatu yang bisa dan sangat mungkin untuk dipelajari. Termasuk bagi Anda yang sama sekali tidak pernah benar-benar terjun di dalamnya. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk menjadi seorang digital marketing expert dalam waktu yang tidak lama.

1. Pelajari apapun yang bisa Anda pelajari

Satu hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital marketer adalah pengetahuan dan juga keahlian untuk melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, belajar menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Belajar dalam hal ini meliputi apa saja, dari mulai membaca buku, artikel, melihat video tutorial, hingga mengikuti berbagai kursus yang banyak tersedia di internet.


Proses belajar dalam hal ini tidak hanya sebatas mengetahui bagaimana teori yang digunakan untuk digital marketing. Lebih dari itu, mereka yang ingin belajar digital marketing juga harus memiliki pengetahuan dalam hal teknologi dan tren-tren terbaru.

2. Praktikkan apa yang telah dipelajari

Belajar teori tanpa praktik rasanya akan sia-sia. Terlebih untuk menjadi seorang digital marketer yang dibutuhkan memang tak hanya pengetahuan, tetapi juga skill. Entah skill dalam menyusun strategi bisnis, mengoptimasi campaign, ataupun skill dalam menggunakan berbagai tools dalam marketing.

3. Bekerja di startup untuk lebih mengasah skill

Secara spesifik, saya memang menyebut bekerja di startup mampu mengasah skill Anda sebagai digital marketer. Pertama, karena pada umumnya startup memiliki organisasi yang kecil sehingga peran masing-masing orang dapat sangat maksimal. Jika Anda berada di startup, Anda akan benar-benar mengaplikasikan apa yang telah Anda pelajari sebagai seorang digital marketer. Kedua, startup memiliki iklim yang sangat dinamis dan menuntut orang-orangnya untuk selalu update dengan apapun, termasuk dalam hal marketing. Jadi, jika Anda berada di startup, secara tidak langsung Anda bisa belajar lebih keras dan lebih cepat. Ketiga, dengan bekerja Anda bisa melakukan praktik sesuai konteks yang sesungguhnya di lapangan.

4. Temukan mentor

Meski tak semua orang mau memanggil dirinya mentor, namun umumnya banyak orang yang mau memberikan ilmunya kepada Anda. Mencari seorang mentor yang sudah memiliki keahlian di bidang digital marketing merupakan satu cara paling jitu untuk belajar dengan cepat dan cerdas. Anda akan dibimbing dan diberi pengetahuan seputar dunia digital marketing. Mentor biasanya juga akan memberikan relasi dan jaringan kepada Anda, sehingga Anda bisa lebih berkembang. Pengalaman dia di bidang digital marketing akan sangat membantu karier Anda untuk melonjak, sebab Anda berkesempatan untuk belajar apa yang telah ia alami sebelumnya. Sehingga pilihan untuk mencari dan berguru pada seorang mentor bisa dikatakan sebagai pilihan paling jitu untuk Anda yang ingin menjadi digital marketer.