News

4 Keisengan Google di April Mop Tahun Ini

baby-laugh
[Gambar: cheezeburger.com]
Sudah menjadi tradisi di Google, setiap April Mop, mereka akan mengeluarkan beberapa berita atau inovasi yang unik, aneh, ataupun kontroversial. Seringkali sulit ditebak apakah pengumuman mereka ini serius atau iseng belaka. Apa saja keisengan mereka tahun 2016 ini?

1. Perangkat Keras Keyboard “Bergoyang” untuk Karakter Huruf Jepang

Karena bahasa Jepang memiliki banyak karakter, maka di keyboard Android, satu tombol huruf dapat ditekan lalu digerakkan ke atas, bawah, kiri dan kanan untuk pilihan karakter lain. Google Jepang mengatakan mereka membuat versi perangkat keras (hardware) untuk keyboard ini agar pengalaman penggunaannya lebih alami. Perangkat ini dinamai Furikku.

 

2. Pencarian Foto Menggunakan Ikon Emoji

Google Photo tidak ikut ketinggalan pada April Mop kali ini. Mereka mengumumkan fitur pencarian foto menggunakan emoji. Contohnya, ketika ingin mencari foto hotdog, kita cukup memasukkan emoji ikon hotdog ke dalam pencarian foto. Dilansir dari TNW, ini bukan fitur tipu-tipu, tapi benar-benar bisa digunakan.

 

3. Smart Reply Emoji di Inbox

Dengan aplikasi Inbox dari GMail, maka ketika Anda hendak membalas email, aplikasi ini akan menyarankan Anda untuk menggunakan emoji sebagai pengganti tulisan Anda. Mengapa? Karena menurut Google emoji lebih bisa menggambarkan perasaan orang ketimbang tulisan langsung. Dengan begitu kita akan lebih bisa berkomunikasi dengan jujur. Ya…ya…ya..

Smart Reply Emoji

 

4. GMail Mic Drop

Fitur ini merepresentasikan orang yang melakukan “mic drop” dipanggung. Biasanya ini dilakukan setelah seseorang mengatakan sesuatu, dan tidak mau dengar apa-apa lagi.

mic-drop
[Gambar: tumbrl.com]
Dengan fitur ini, jika pengguna GMail mengklik tombol “Mic Drop”, maka setelah mengirimkan email tersebut, pengguna tidak akan menerima balasan email apa-apa lagi.

Gmail Mic Drop_Send

Sayang sekali, dari Google Indonesia tidak ada keisengan khas Indonesia. Jika ada, mungkin akan lebih mengena buat masyarakat Indonesia.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID