Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

4 Metode untuk Atasi Setelan Tanggal dan Jam yang Salah pada Windows 10

[Foto: businessinsider.com]
Apakah Anda pernah terlambat menghadiri sebuah rapat atau mungkin terlambat mengumpulkan tugas hanya gara-gara salah liat jam? Anda tidak sendiri. Saya sendiri pernah telat sahur hanya gara-gara salah liat jam yang tertera pada laptop saya. Jika Anda terlalu sering berkutat dengan PC / laptop, seringkali kita secara otomatis menjadikan jam pada PC / laptop sebagai patokan. Sialnya, kalau sedang apes, bisa-bisa kita tidak menyadari bahwa jam pada laptop kita telat atau mungkin terlalu cepat dibandingkan waktu yang sebenarnya.

Begitu pula yang terjadi pada jam di laptop saya. Saya pikir jamnya jadi kacau karena timezone-nya salah, padahal ketika saya cek lagi tidak ada yang salah dengan pengaturan timezone-nya. Jika PC Windows 10  Anda menunjukkan waktu atau tanggal yang salah, lakukan metode-metode di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Metode 1

Periksa setelan timezone pada PC Windows 10  Anda

Ini merupakan hal yang sangat dasar, tapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya terlebih dahulu. Intinya, Anda harus memastikan bahwa PC Windows 10 Anda telah menggunakan timezone yang benar. Berikut ini cara untuk memeriksanya.

Langkah 1: Klik pada jam yang ada di taskbar, kemudian klik tautan Date and time settings.

Langkah 2: Klik Date & time untuk melihat semua setelan yang berhubungan dengan pertanggalan dan jam.

Langkah 3: Pada bagian time zone, pastikan Anda telah memilih zona waktu yang benar dan sesuai dengan lokasi Anda. Jika Anda berada di Indonesia, misalnya, pilih zona waktu (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta dari menu drop-down.

Metode 2


Aktifkan atau nonaktifkan waktu dan zona waktu otomatis

Langkah 1: Klik pada jam yang ada di taskbar, kemudian klik tautan Date and time settings untuk membuka Settings-nya.

Langkah 2: Pada bagian Date and time, aktifkan opsi yang diberi label Set time automatically, kemudian periksa apakah Windows 10 menampilkan waktu yang benar. Jika opsi ini diaktifkan, maka Windows 10 secara otomatis mengsinkronisasikan waktunya dengan Internet time server.

Langkah 3: Saya merekomendasikan Anda untuk mematikan opsi Set time zone automatically jika Anda belum menyalakan location service. Opsi ini akan berjalan dengan baik dengan informasi lokasi Anda. Jadi, jika Anda menonaktifkan location service untuk alasan privasi, silahkan matikan saja opsi Set time zone automatically.

Metode 3

Jalankan Windows Time Service

Windows time service bertanggung jawab untuk menampilkan tanggal dan waktu yang tepat pada PC Windows 10  Anda. Jika layanan tersebut terhentu atau diatur agar dijalankan secara manual, maka PC Windows Anda mungkin saja menampilkan tanggal dan waktu yang salah. Inilah cara untuk menjalankan Windows time service:

Langkah 1: Di kolom pencarian pada Start atau  taskbar, ketikkan Services.msc lalu tekan tombol Enter. Atau, Anda bisa mengetik Services.msc pada kotak Run command (gunakan hotkey logo Windows + R untuk membuka Run) lalu tekan Enter.

Langkah 2: Setelah dijalankan, carilah entri yang diberi judul Windows Time.

Langkah 3: Klik kanan pada entri Windows Time tersebut, kemudian klik Properties untuk membuka kotak properties.

Langkah 4: Pada tab General, pilih tipe Startup sebagai Automatic, kemudian klik tombol Apply. Klik tombol Start untuk menjalankan layanan tersebut.

Metode 4

Mengatur tanggal dan waktu secara manual

Langkah 1: Klik jam pada taskbar, buka tautan Date and Time Settings.

Langkah 2: Pada bagian Date and time, matikan opsi Set time automatically.

Langkah 3: Klik tombol Change, kemudian atur sesuai tanggal dan waktu yang benar.