Home  »  Opinion   »  
Opinion

4 Orang yang Harus Ditemui Sebelum Anda Membangun Startup

[Foto: pixabay.com]
Tahun 2017 nampaknya tak hanya menjadi awal yang bagus untuk Anda mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Tetapi juga bagi Anda yang ingin memulai startup. Tentu saja setelah melalui proses belajar selama 2016 kemarin, tahun ini adalah waktu yang paling tepat untuk memulai. Banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal untuk membangun startup. Salah satunya adalah bertemu dengan lebih banyak orang.

Ya. Bertemu dengan orang-orang. Meski terlihat sepele, namun hal ini adalah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap founder. Setidaknya ada tiga alasan utama mengapa setiap founder memiliki kewajiban untuk bertemu banyak orang. Pertama, pertemuan dengan orang-orang memungkinkan terjadinya kerjasama. Baik bagi Anda yang baru ingin membangun startup maupun yang sudah berniat untuk membesarkan startupnya, intinya kerjasama adalah satu hal yang penting. Tanpa kerjasama, startup rasanya tidak bisa apa-apa. Sebab memang membangun startup sendiri pada dasarnya adalah mengenai kolaborasi, sehingga hal ini menjadi wajib untuk dipenuhi.

Kedua, bertemu lebih banyak orang memberi Anda peluang untuk mendapatkan lebih banyak resource. Resource ini yang nanti akan sangat berperan dalam pengembangan startup yang sedang kamu rintis. Ketiga, dari orang-orang yang Anda temui, pengetahuan baru akan muncul. Orang baru berarti adalah pengetahuan baru. Bertemu dengan banyak orang memberi Anda lebih banyak perspektif yang akan sangat berguna untuk membentuk Anda sebagai personal maupun Anda sebagai founder startup.


Jika Anda telah menyadari pentingnya bertemu dengan orang-orang baru. Maka, ini saatnya Anda mulai menyusun rencana siapa saja yang harus Anda temui untuk mewujudkan keinginan Anda dalam membangun dan mengembangkan startup.

1. Mentor

Orang pertama yang harus Anda cari ketika ingin membangun sebuah startup adalah mentor. Mentor merupakan seseorang yang tak hanya berfungsi sebagai guru yang memberikan pelajaran dan ilmu, tetapi juga partner yang asyik untuk berdiskusi dan mengemukakan gagasan-gagasan dalam kepala Anda. Seorang mentor membantu Anda dalam mengkonkretkan ide-ide dalam kepala Anda menjadi tindakan nyata. Dia juga umumnya akan mengarahkan Anda untuk melakukan ini dan itu serta mencegah Anda bertindak keliru dalam membangun bisnis.

2. Komunitas terkait

Menemui komunitas terkait dengan bisnis Anda merupakan satu hal yang wajib untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk mencari tahu seberapa besar problem yang ingin Anda angkat itu dirasakan oleh mereka. Jika Anda memiliki produk yang sudah jadi, menemui mereka juga sebuah keharusan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk tersebut mampu diterima oleh mereka atau tidak. Anggap saja mereka adalah first user yang akan membantu Anda mengujicoba berbagai fitur dan solusi yang Anda tawarkan. Jika pada komunitas terkait ini produk Anda diterima, besar kemungkinan startup Anda telah tervalidasi oleh pasar.

3. Peers

Temui rekanan Anda sebab dalam membangun startup Anda tidak bisa berjalan sendirian. Paling tidak, Anda wajib menemui mereka untuk melengkapi komposisi tim. Selain itu, besar kemungkinan dari mereka akan mendapatkan berbagai insight yang berguna untuk mengembangkan startup Anda saat ini.

4. Investor

Sebagian besar founder merasa tidak percaya diri bertemu investor ketika belum ngapa-ngapain. Padahal sebenarnya bertemu investor ini tidak semata-mata untuk mencari pendanaan loh. Umumnya investor ini memiliki pandangan yang bagus terhadap bisnis-bisnis yang sedang atau akan dijalankan. Menemui mereka adalah cara yang paling bagus untuk menguji sejauh mana pandangan orang terhadap startup yang sedang kamu kembangkan. Apakah idenya cukup bagus? Apakah masalahnya cukup konkret? Apakah prospek ke depannya bagus? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mudah terjawab ketika founder memiliki pembicaraan yang cukup dengan investor.