Opinion

4 Skill Digital yang Sangat Dibutuhkan Saat Ini

[Foto: flockler.com]
[Foto: flockler.com]
Hadirnya berbagai startup digital salah satunya bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini, angka pengangguran terdidik di Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi. Bahkan cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Hal yang ironis adalah fakta bahwa ternyata di Indonesia sebenarnya bukan perkara sulit mendapatkan kerja. Setidaknya itu yang diungkapkan para recruiter tiap kali mendapati berita mengenai tingginya jumlah pengangguran atau sulitnya lapangan pekerjaan. Para pengangguran terus bertambah bukan karena tidak ada pekerjaan. Lebih tepatnya, mereka sulit menemukan kesempatan yang sesuai. Di satu sisi, para pencari kerja, khususnya mereka yang lulusan perguruan tinggi atau para tenaga terdidik lainnya merasa kesulitan menemukan pekerjaan yang sesuai. Namun, di sisi lain, recruiter dari berbagai perusahaan di Indonesia pun mengalami kesulitan dalam menemukan kandidat employee yang sesuai dengan kriteria.

Tren digital membawa banyak perubahan dan sebagai generasi muda, kita harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Satu hal yang harus kita pahami adalah tidak ada lagi kata “mengandalkan” ijazah atau bahkan hanya nama besar kampus. Kita harus memenuhi kualifikasi-kualifikasi itu dengan cara mengusahakannya sendiri. Terlebih, kita sama-sama tahu, di Indonesia, pendidikan tinggi sangat lembam menanggapi berbagai tren yang sedang berkembang.

Bila kamu tertarik dengan dunia digital yang digadang-gadang akan “menguasai” ekonomi di masa depan, kamu perlu mempersiapkannya dari sekarang. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah melatih diri untuk minimal menguasai satu jenis skill digital yang sedang banyak dibutuhkan saat ini dan ke depannya nanti.

1. Menguasai Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah cara menaikkan kualitas sebuah website agar muncul di kolom pencarian organik. Bagaimanapun, di dunia digital yang semakin ketat persaingannya, memenangkan “perang” tanpa biaya masih menjadi satu yang diidam-idamkan. Maka, alih-alih mengeluarkan banyak budget untuk beriklan, beberapa startup memilih untuk menempuh jalur SEO agar bisnis maupun produknya dikenal. Seseorang dengan skill SEO akan sangat dibutuhkan ke depannya. Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin mahir di dunia digital untuk mempelajari teknik SEO sejak dini.

2. Mahir dalam Web Development

Everything goes to digital. Nampaknya setiap orang sepakat dengan hal ini. Tren segala sesuatu yang beranjak digital, dari mulai IoT hingga halaman website sederhana membuat seseorang dengan kemampuan web development menjadi demand yang terus meningkat dari hari ke hari. Menguasai web development akan membuka banyak peluang bagi kamu yang ingin terus berkiprah di dunia digital.

3. Jago Digital Marketing

Konon katanya, sebagus apapun sebuah produk, rugi apabila tidak bisa dipasarkan atau dijual kepada orang lain. Maka, kebutuhan orang yang bisa mengoperasikan penjualan ke depan akan sangat dibutuhkan. Secara umum tugas digital marketing tak jauh beda dengan marketing tradisional, namun tools dan channelnya saja yang semakin beragam. Sebagai seorang digital marketer, seseorang dituntut tidak hanya jago mempersuasi, namun juga ahli dalam mengoperasikan berbagai teknologi yang menjadi channel marketing seperti search engine marketing, email marketing, social media marketing, atau bahkan SEO.

4. Handal dalam Desain Grafis

Skill tak kalah penting yang bisa kamu pelajari jika ingin serius berkarir di dunia digital adalah desain grafis. Setiap produk yang dibangun perlu disampaikan melalui media yang menarik sehingga mampu mempersuasi orang lain. Di sinilah desain grafis akan sangat berperan. Seorang desainer grafis mampu mengkonversikan ide-ide dan persoalan teknis yang kompleks menjadi sesuatu yang bisa dinikmati oleh setiap orang dengan mudah. Dialah yang nanti akan menyampaikan berbagai pesan melalui bermacam olahan grafis yang menarik. Oleh karena itu, orang dengan skill ini akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Menguasai satu atau bahkan lebih dari beberapa skill di atas tentu akan membuat kesempatanmu untuk memenangkan persaingan lebih mudah. Dengan pengetahuan yang oke, skill yang mumpuni, dan attitude yang bagus, bisa dipastikan kamu akan menjadi kandidat idaman setiap recruiter di perusahaan!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID