Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

4 Tips Lakukan Digital Branding

[Foto: pixabay.com]
Kita hidup di era di mana setiap orang yang mengenal teknologi internet memiliki kegemaran untuk mencari sesuatu. Ketika mereka menginginkan jawaban atas sebuah pertanyaan, mereka mencari jawaban di mesin pencarian Google. Termasuk di antaranya ketika mereka ingin membeli barang, melamar pekerjaan, melakukan kunjungan ke suatu tempat dan lain-lain. Google dan mesin pencarinya seolah tidak terpisahkan dari kehidupan netizen. Oleh karena itu, digital branding perlu untuk dilakukan.

Katakanlah Anda memiliki sebuah produk yang dipasarkan secara offline. Sebagian besar customer Anda barangkali menemukan produk tersebut setelah mereka mencarinya secara online. Sebagian lagi mungkin direkomendasikan oleh teman. Namun, untuk lebih meyakinkan, mereka mencari review mengenai produk Anda di internet.
Di era digital ini, merupakan suatu keniscayaan bagi sebuah produk untuk “hadir” di dunia maya. Entah hanya berupa landing page, intinya, melalui hal tersebut orang dapat menjumpainya di internet. Dalam dunia branding dan marketing, hal ini umumnya disebut sebagai digital branding, yakni bagaimana Anda melakukan branding untuk sebuah produk di dunia digital.

Melakukan digital branding bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang, sebab Anda tidak memerlukan effort yang banyak untuk melakukannya. Namun, juga susah karena Anda harus mencari satu teknik yang paling sesuai untuk produk yang ingin Anda branding. Dalam artikel ini, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melakukan branding di dunia digital.

1. Pastikan perusahaan Anda memiliki website atau landing page.


Hal ini adalah sebuah keharusan untuk setiap perusahaan. Sebab tanpa website atau paling tidak landing page, orang akan bingung di mana mereka bisa “menjumpai” perusahaan Anda. Tak cukup hanya memiliki landing page, pastikan juga Anda mengupdate semua hal yang Anda tulis di sana. Jangan sampai jika Anda pindah kantor atau mengubah harga katalog, website Anda belum diupgrade. Hal itu tentunya berdampak buruk pada konsumen yang mengakibatkan proses digital branding Anda menjadi terhambat.

2. Buat blog untuk perusahaan Anda

Sebagai marketer ataupun public relation, Anda tentu paham bahwa keberadaan blog sangat penting bagi eksistensi sebuah perusahaan di dunia digital. Blog tidak hanya membantu perusahaan untuk lebih bagus performanya dalam kolom pencarian Google, tetapi juga sebagai alat untuk berbagai hal. Misalnya saja, jika perusahaan memiliki suatu produk yang bisa dijual, Anda dapat mengguna content marketing dan memanfaatkan blog tersebut sebagai channelnya. Manfaat lain adalah blog tersebut dapat berfungsi sebagai customer service dengan cara menuliskan post-post berupa jawaban dari hal-hal yang paling banyak dikeluhkan oleh customer.

3. Jangan abaikan review dari customer

Lebih dari 80% calon customer di internet menggunakan review dari customer lain sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu dari internet. Oleh karenanya, review berperan sangat penting dalam proses digital branding. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan terkait hal ini adalah dengan mengelola setiap review yang ditulis oleh customer. Jangan mengabaikan review tersebut karena hal itu akan mempengaruhi citra perusahaan Anda di mata customer lain, khususnya di kalangan netizen.

4. Bawa konten yang relevan mengenai perusahaan ke media sosial

Selain mengandalkan website atau landing page, salah satu yang tak kalah penting dimiliki oleh perusahaan adalah media sosial. Hal ini dikarenakan sebagian besar netizen di Indonesia merupakan pengguna media sosial aktif. Tak hanya sebagai tempat untuk saling bejejaring, sebagian pesar dari pengguna media sosial ini juga aktif mencari pendapat dari sesama pengguna media sosial lain ketika ingin membuat keputusan. Menyebarkan konten yang relavan terhadap perusahaan Anda ke media sosial merupakah salah satu cara branding paling mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan.