Home  »  Opinion   »  
Opinion

5 Alasan Mengapa Mobile Marketing Menjadi Sangat Populer

[Foto: pixabay.com]
Mobile marketing menjadi sesuatu yang sedang happening. Banyak marketer memilih untuk mulai mengksplorasi channel ini alih-alih mempertahankan metode-metode lama. Sebab, memang sebagai marketer tugas utamanya adalah memahami apa yang menjadi tren dan kemudian mengaplikasikan hal tersebut sebagai proses marketing. Tujuannya adalah agar selalu dekat dengan konsumen sehingga dapat mencapai berbagai business objective yang telah ditentukan.

Meski banyak orang yang mengamini bahwa mobile akan menjadi masa depan digital marketing di seluruh dunia, tetapi tak sedikit pula dari mereka yang sebenarnya belum sepenuhnya paham mengapa hal ini bisa terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa mobile marketing akan menjadi sangat prospektif untuk bisnis ke depannya.

1. Website yang mobile-friendly mendapat ranking lebih tinggi

Sekitar pertengahan 2015 lalu, Google memiliki algoritme terbaru terkait dengan salah satu produknya, yakni Google Search Engine. Update ini dijuluki sebagai Mobilegeddon oleh para webmaster maupun web developer, yakni sebuah algoritme baru yang didesain oleh Google untuk setiap website yang ada di dunia. Sebagai dampak utama dari update ini adalah diberikannya prioritas bagi website yang mobile-friendly untuk muncul di kolom search engine milik Google dibandingkan website lain yang non mobile-friendly.


2. Semua orang menggunakan perangkat mobile

Berbagai riset yang diadakan oleh lembaga-lembaga di seluruh dunia hampir semuanya mengamini bahwa sebagian besar masyarakat di dunia kini menggunakan perangkat mobile. Paling tidak kita bisa memahami bahwa penggunaan smartphone sangat masif di kalangan pengguna internet. Smartphone memungkinkan marketer untuk terhubung dengan konsumennya dalam waktu 7×24 jam. Hal ini bisa dipahami mengingat hampir setiap saat pengguna smartphone mengakses ponselnya dan melibatkan smartphone ke dalam semua aktivitasnya dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali.

3. Media sosial telah menawarkan berbagai layanan iklan

Bermula dari Facebook Ads, kini hampir semua media sosial dengan user yang jumlahnya fantastis juga menyediakan fasilitas beriklan. Penggunaan perangkat mobile di Indonesia entah kenapa tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa sebagian besar dari mereka menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Dengan banyak pengguna media sosial serta iklan yang tersedia dalam berbagai platform media sosial tersebut tentu akan menjadi satu hal yang strategis bagi digital marketer.

4. Mobile device membuka banyak kesempatan untuk berkreasi dalam digital marketing

Hadirnya berbagai teknologi berbasis virtual reality ataupun wearable memungkinkan hal-hal yang dulunya tidak mungkin dilakukan oleh digital marketer. Seperti misalnya dengan dukungan teknologi virtual reality, konsumen dimungkinkan untuk “mengalami” secara langsung experience sebuah produk. Hal ini juga berlaku untuk berbagai teknologi wearable yang memungkinkan model digital marketing dapat dikemas semakin menarik dan mampu memikat lebih banyak customer.

5. Mobile marketing sangat personal

Setiap brand tentunya menginginkan engagement yang cukup mendalam dengan para customernya. Untuk mencapai hal tersebut, salah satunya bisa dengan cara pendekatan yang lebih personal kepada customer. Dengan mobile marketing, hal tersebut bisa dengan mudah dicapai. Ini dikarenakan karakteristik dalam mobile ads maupun mobile marketing secara umum memang didesain sangat personal sehingga mampu meraih engagement yang lebih maksimal kepada setiap customer.

Lima hal tersebut hanyalah sedikit alasan mengapa mobile marketing akan menjadi sangat menarik ke depannya. Tentu saja selain lima contoh tersebut, ada banyak sekali berbagai alasan yang melatarbelakangi. Oleh karena itu, ini adalah waktu yang paling tepat bagi Anda selaku digital marketer untuk lebih mengelaborasi channel mobile untuk proses marketing yang lebih maksimal.