Opinion

5 Aplikasi Musik Populer yang Harus Kamu Coba

[Foto: pexels.com]
[Foto: pexels.com]
Musik merupakan satu hal yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Dari mulai kita kecil hingga dewasa, rasanya tak pernah ada hari yang benar-benar lepas dari musik. Musik menjadi kesukaan setiap orang karena variasinya yang juga beragam, sama seperti orang-orang yang menyukainya.

Mereka yang berkepribadian tenang mungkin akan lebih menikmati musik yang juga berirama tenang. Mereka yang enerjik menyukai musik dengan beat yang cepat. Bagi anak yang tumbuh remaja di tahun 90an, pasti memiliki jenis musik favorit pop rock. Beda lagi dengan anak 2000an yang mungkin lebih didominasi pop melayu atau bahkan Korean-pop atau K-pop. Selain itu masih banyak jenis musik lain dari seluruh dunia, dari mulai reggae hingga country, dari jazz hingga metal. Namun, apapun jenisnya, kita mungkin bisa sepakat bahwa setiap orang menyukai musik.

Seiring dengan berkembangnya, musik mengalami beberapa perubahan. Terutama pada bagaimana seseorang pada akhirnya menikmati musik. Dulu mungkin pecinta musik bisa dikatakan sebagai kolektor kaset atau keping CD. Tetapi, saat ini, dengan semakin berkembangnya tren digital, bentuk orang menikmati musik juga perlahan berubah. Dari yang awalnya musik CD kini berangsur-angsur ke musik digital. Salah satunya melalui berbagai aplikasi yang didesain untuk para pecinta musik di bawah ini.

1. Spotify

Buat kamu yang gemar mendengarkan musik streaming, pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Spotify merupakan sebuah startup berupa aplikasi untuk mendengarkan musik secara online. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi untuk music streaming terbaik di dunia karena koleksi lagunya yang mencapai lebih dari 30 milyar lagu. Berbagai jenis musik ada di Spotify, dari mulai lagu religi, lagu daerah, hingga lagu-lagu top hits yang menempati tangga lagu teratas lagu terpopuler dari seluruh dunia. Asyiknya, aplikasi ini menawarkan layanan free kepada usernya. Namun, jika kamu ingin mendapatkan experience bermusik yang lebih nyaman tanpa iklan, kamu bisa juga mencoba versi premiumnya yang jauh lebih murah dibanding kalau kamu harus membeli lagu-lagunya dalam bentuk CD.

3. Musical.ly

Tak hanya untuk mendengarkan lagu, aplikasi Musical.ly memungkinkan kamu untuk menyalurkan bakat menyanyi atau karaoke. Sebab di aplikasi ini, user dimungkinkan untuk mengupload video menyanyi atau bahkan berkolaborasi dengan user lain untuk menyanyikan sebuah lagu. Di sini kamu tak hanya bisa menikmati musik, tapi juga menjadi pecipta musik yang bisa dinikmati banyak orang.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID