Tips & Guide

5 Aplikasi untuk Hilangkan Gugup dan Lancarkan Bicara Saat Presentasi

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Beberapa hari lagi Anda harus melakukan sebuah presentasi penting, dan walaupun masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan segalanya, Anda tetap saja merasa gugup dan mual, seolah Anda tak kan pernah siap.

Berbicara di depan orang banyak memang tak pernah mudah, baik buat Anda yang sudah sering melakukannya, atau yang baru pertama kali membawakan presentasi. Persiapan berupa slide presentasi yang komprehensif dan enak dilihat, materi yang menarik, dan beberapa persiapan mental akan membuat Anda merasa jauh lebih siap.

Presentasi yang akan Anda lakukan ini mungkin krusial bagi karir atau perkembangan startup Anda, maka dari itu, persiapan yang baik mutlak harus dilakukan. Untungnya, ada banyak aplikasi presentasi yang bisa membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri, membawakan semua materi kepada pendengar dengan lancar. Berikut ini lima aplikasi untuk membantu menghilangkan gugup dan melancarkan presentasi Anda:

Pro-Metronome. Buat Anda yang bermasalah dengan intonasi dan kecepatan berbicara, aplikasi yang sesuai dengan iOS dan Android ini bisa membantu. Kenyataannya, di saat kita gugup, kita cenderung bicara lebih cepat dan materi yang disampaikan jadi kurang jelas. Kita biasanya merasakan dorongan untuk cepat-cepat menyelesaikannya, namun pendengar kita tak akan mendapat manfaat yang maksimal jika demikian. Walaupun aplikasi ini diciptakan untuk musisi, ketukan-ketukan yang berima akan membantu Anda melatih bicara. Jika Anda tenang dan tak terburu-buru, maka Anda pun akan merasa lebih nyaman berbicara di depan publik.

Keynote. Buat Anda pengguna perangkat Apple seperti iPad atau MacBook, Anda bisa memanfaatkan Keynote untuk membuat slide presentasi yang bagus dan enjoyable. Dengan Keynote, Anda bisa membuat slide yang dilengkapi animasi, perpindahan slide yang keren, dan menyelipkan grafik tiga dimensi ke dalam slide. Keynote juga kompatibel dengan Microsoft PowerPoint, jadi Anda bisa menyimpan dokumen Keynote dalam bentuk file PowerPoint atau mengimpor dan mengedit slide PowerPoint di Keynote.

Prompster. Slide presentasi yang baik seharusnya tidak dipenuhi banyak teks untuk dibaca pendengar. Memang menggoda untuk memasukkan banyak teks untuk membantu Anda mengingat semua hal, namun resikonya Anda akan terlalu banyak melihat layar, bukan ke pendengar Anda. Mereka akan cepat bosan dan kehilangan fokus. Prompster adalah aplikasi yang bisa diunduh di Android atau iOS yang berperan sebagai teleprompter untuk membantu Anda mengingatkan poin-poin yang akan disampaikan. Fungsi aplikasi ini mirip alat yang digunakan oleh para orator ketika menyampaikan pidato.

Public Speaking for Cardboard. Anda bisa berlatih presentasi dengan berbicara di depan cermin, namun seringkali ketika momen tersebut tiba, Anda dikalahkan oleh adrenalin dan merasa sangat gugup. Aplikasi VR yang bisa diunduh di perangkat Android ini membantu mensimulasikan Anda berada di depan penonton. Walaupun tidak sama seperti ketika benar-benar menghadapi penonton, setidaknya Anda bisa mengira-ngira bagaimana rasanya.

Ummo. Anda tahu, terlalu banyak menggumam seperti “ummm…” atau “ng…” dan sejenisnya pada saat presentasi bisa mencemari kredibilitas Anda. Namun seringkali kebiasaan menggumam (atau menggunakan filler words yang lain) tersebut telah menjadi sesuatu yang dilakukan otomatis tanpa Anda sadari. Aplikasi latihan berbicara seperti Ummo bisa membantu membuat Anda lancar berbicara, dengan mengurangi waktu jeda di mana Anda secara tak sadar menggumam. Aplikasi ini akan merekam dan mentranskripsi pidato Anda dan meng-highligt ketika Anda menggunakan filler words. dan Ummo bisa diunduh melalui perangkat iOS.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID