Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Cara Ampuh Mencegah Hard Disk Laptop Rusak

[Sumber: freeimages.com]
Hard disk yang ada didalam laptop memiliki manfaat untuk menyimpan data yang Anda miliki.  Tanpa adanya hard disk, Anda pasti akan kesulitan untuk menyimpan data pada laptop. Melihat perannya yang sangat penting, maka sudah seharusnya Anda menjaga hard disk agar tidak mudah rusak karena pemakaian.

Nah, kali ini saya akan membagikan 8 cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah hard disk rusak.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

1.Shutdown Laptop Dengan Benar Saat Ingin Mematikan

Saat Anda menghentikan kinerja hard disk secara tiba-tiba, maka hal ini berpotensi merusak silinder hard disk laptop. Registry menjadi berantakan, saat Anda seringkali mematikan laptop tanpa melalui proses shutdown. Selanjutnya bisa membuat performa hard disk menjadi lemah dan lama kelamaan akan rusak.

2.Lakukan Defrag Hard Disk Secara Rutin

Defrag hard disk penting dilakukan agar performa laptop tetap kencang dan bisa digunakan dengan optimal. Lakukan defrag hard disk secara rutin pada laptop yang Anda miliki.

3.Jangan Biarkan Laptop Terbentur dan Terguncang

Tahukah Anda, bahwa guncangan dan benturan yang sering terjadi pada laptop bisa membuat komponennya menjadi terganggu. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menyimpan laptop di tempat yang aman agar tidak mudah terguncang dan terbentur.


Benturan yang dimaksudkan disini adalah gesekan keras dan guncangan yang membuat laptop terjatuh bahkan terhempas. Penting sekali untuk senantiasa berhati-hati saat melakukan sesuatu hal yang berhubungan dengan hard disk, baik itu memindahkan hard disk, memasang hard disk, dan memindahkan komputer.

Penting juga untuk memperhatikan untuk membawa laptop di dalam tas yang bisa membuatnya terbentur tanpa disadari.

4.Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Saat laptop digunakan, maka prosesor dan VGA yang ada didalam akan menjadi panas. Saat Anda menggunakan laptop di atas kasur, maka panas pada laptop tidak akan mengalir yang akhirnya akan membuat komponen laptop menjadi overheat.

Jika sering digunakan dengan panas yang berlebihan, maka komponen didalam laptop menjadi cepat rusak. Sebaiknya gunakan laptop pada permukaan yang datar seperti meja atau Anda bisa juga

5.Jangan Terlalu Sering Melakukan Instalasi

Saat Anda terlalu sering menginstal dan uninstall pada laptop,maka pada saat itu juga hal tersebut bisa memicu kerusakan pada hard disk. Jangan jadikan rasa penasaran membuat Anda sering melakukan instalasi dan hal ini biasanya terjadi kepada para pemula yang baru saja mempelajari komputer.

Instalasi yang dimaksudkan disini adalah bisa dalam bentuk memasang sistem operasi atau pun program yang ada didalamnya. Saat hal seperti ini terus Anda lakukan, maka hard disk akan mengalami bad sector dan membuat Anda kesulitan untuk memperbaikinya.

5 hal di atas merupakan aktivitas yang seringkali dilakukan oleh para pengguna laptop tanpa sadar. Mulai saat ini sudah seharusnya Anda mencegah kerusakan hard disk dengan cara mencegah setiap kegiatan yang berpotensi merusak hard disk yang ada. Langkah pencegahan penting untuk dilakukan agar laptop yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Saya berharap 5 solusi yang diberikan di atas bisa membantu Anda semua yang khawatir atas kerusakan hard disk karena penggunaan yang salah. Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas melalui media sosial yang Anda miliki agar semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Selamat mencoba!