Tips & Guide

5 Cara Efektif Hemat Kuota Internet Saat Nonton Video YouTube atau Video Streaming Lainnya

[Foto: Pixabay.com]
Berapa sering Anda menonton video di YouTube atau streaming film-film di Netflix untuk mengisi akhir pekan? Menonton video di Internet telah menjadi kebiasaan terbaru dari generasi milenial untuk mendapat berbagai informasi. Mulai dari review produk atau jasa, melihat trailer film, menontong serial drama Korea, hingga mempelajari berbagai hal, semuanya dilakukan dengan cara streaming video.

Namun sayangnya, terlalu banyak streaming video bisa bikin dompet kita jebol. Maklum saja, karena video menyerap kuota Internet yang tidak sedikit. Selain nonton video, adanya platform online music streaming seperti Joox atau Spotify juga ikut menguras kuota kita.

Untungnya, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan agar hobi Anda menonton video, baik di YouTube, Netflix, ataupun mendengar musik di Spotify, tidak menguras kuota Internet Anda.

Gunakan aplikasi penghemat data

Jika Anda menggunakan Internet di ponsel, baik secara langsung ataupun berbagi pakai dengan cara tethering, Anda bisa memangkas data yang terserap oleh aktivitas video streaming dan membuat paket data Anda lebih awet. Gunakanlah aplikasi data saving seperti Opera Max untuk mengurangi data yang terserap selama menonton video. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda menghemat data saat mengunduh gambar dan membuka situs web. Ketika menonton video di YouTube atau Netflix, Opera Max akan membantu Anda menghemat data sebesar 60 persen, dan mencatat setiap megabita yang Anda hemat.

Baca Juga:  Cara Menghapus Konten Netflix yang Telah Diunduh ke PC Windows 10

Aplikasi ini menggunakan algoritma dan perangkat lunak yang dipatenkan untuk mengkompresi data yang tidak terenkripsi, seperti teks, video, foto, yang memungkinkan Anda untuk menghemat bandwidth.

Tetapkan batas penggunaan data

Solusi mudah untuk membantu Anda menghemat data ketika menonton video di YouTube dan platform-platform lainnya adalah dengan menetapkan limit data Anda. Pada ponsel Android, Anda bisa masuk ke menu pengaturan ponsel, dan atur opsi penggunaan data. Hidupkan pengingat “alert me about data usage” sehingga Anda akan mendapat notifikasi mengenai berapa banyak data yang sudah Anda gunakan.

Turunkan kualitas video yang ditonton

Jika Anda menonton video menggunakan ponsel atau tablet yang memang layarnya tak begitu besar, sebetulnya Anda tak perlu video beresolusi tinggi. Beberapa platform video streaming menyediakan opsi untuk mengganti kualitas video, sehingga Anda bisa menghemat data ketika menontonnya. Di situs YouTube, misalnya, Anda bisa menurunkan kualitas video dengan menekan menu berupa titik tiga, dan menekan opsi Quality untuk menurunkannya. Untuk Nexflix, Anda bisa login ke akun Anda dan pada laman profil pilihlah satu di antara tiga pengaturan: Low (0.3GB/hour), Medium (0.7GB/hour) atau High (up to 3GB/hour).

Baca Juga:  Adblock Plus Banting Setir, Luncurkan Fitur Untuk Tampilkan Iklan ke Penggunanya

Simpan video yang sering ditonton

Jika Anda sering menonton video yang sama berulang-ulang, simpanlah video tersebut ke dalam mode offline di YouTube ataupun Netflix. Hal ini akan sangat membantu Anda menghemat kuota Internet. Video yang Anda simpan tersebut tidak membutuhkan koneksi Internet jika Anda ingin menontonnya kembali.

Gunakan koneksi Wi-Fi ketika menonton video

Jika ingin menghemat data Anda, aturan sederhananya adalah jangan gunakan data untuk aktivitas yang menyedot kuota besar seperti menonton video di Internet. Anda bisa menonton saat terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Ponsel Anda tak mendeteksi adanya Wi-Fi? Coba gunakan aplikasi yang bisa melacak ketersediaan koneksi Wi-Fi terdekat, seperti Wi-Fi Finder atau Wifi Analyzer misalnya.