Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi di Android

Notifikasi yang berbunyi di smartphone berasal dari beberapa aplikasi yang terpasang di Android. Notifikasi yang terus menerus berbunyi pasti akan sangat menggangu aktivitas dan konsentrasi Anda saat sedang bekerja dan belajar.

Adakah cara untuk menghilangkan notifikasi tersebut?

Tentu saja ada.

Berikut ini 5 cara mudah menghilangkan notifikasi yang menggangu di Android.

1. Nonaktifkan Pemberitahuan Promosi

Cara menonaktifkan pemberitahuan promosi adalah masuk ke menu Setelan, kemudian pilih Suara & Pemberitahuan, pilih Pemberitahuan Aplikasi. Pilihlah salah satu aplikasi yang ingin dinonaktifkan pemberitahuannya dan kemudian pilih blokir.

2. Nonaktifkasn Pemberitahuan di Sosial Media

Jika Anda menggunakan twitter, maka bisa masuk ke menu yang ada di samping. Pilih Pengaturan & Privasi, kemudian pilih Pemberitahuan. Jika sudah, Anda bisa memilih pemberitahuan apa saja yang akan dimatikan.

Sedangkan Facebook, Anda bisa masuk ke menu yang terletak di bagian kanan atas. Pilihlah Setelan Pemberitahuan, kemudian pilih pemberitahuan yang ingin ditiadakan.

3. Atur Filter Email

Jika Anda menggunakan Gmail, maka Anda bisa menggunakan fitur untuk menghilangkan notifikasi dari email yang tidak penting.

Baca Juga:  Cara Cerdas Maksimalkan Smartphone untuk Tingkatkan Produktivitas

Caranya?

Pertama masuk ke akun Gmail, kemudian di kotak penelusuran bagian atas pilih tanda panah bawah. Selanjutnya masukan kriteria penelusuran dan pada bagian bawah menu penelusuran, pilihlah buat filter dengan penelusuran ini. Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih apa yang ingin Anda buat dengan filter tersebut. Terakhir klik buat filter.


Saat Anda membuat filter, maka hanya pesan masuk baru yang akan berpengaruh.

4. Manfaatkan Mode “Do Not Disturb”

Saat ingin fokus dengan pekerjaan dan tidak ingin diganggu, sebagian orang banyak menggunakan mode getar di smartphone mereka. Hal yang menjadi masalah adalah mode getar masih sangat mengganggu jika smartphone diletakkan di dalam saku celana atau di atas meja kerja.

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan mode diam, tetapi saat menggunakan mode ini, Anda bisa melewatkan beberapa telepon penting.

Ada cara yang paling efektif untuk Anda terapkan yaitu dengan menggunakan mode “Do Not Disturb” yang ada di dalam Android.

Cara mengaktifkan mode ini adalah dengan masuk ke menu Setelan, kemudian pilih Suara & Getaran, selanjutnya pilihlah Jangan Ganggu. Lalu, Anda bisa mencari pilihan Izinkan Pengecualian, kemudian aktifkan “Panggilan Berulang”.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Fitur Multi-Windows Pada Android Nougat

Setelah hal di atas dilakukan, Anda juga perlu menonaktifkan fitur pemberitahuan saat mode ini aktif.

Dengan cara seperti ini, maka di saat ada panggilan masuk, handphone akan diam dan setiap pemberitahuan dari aplikasi tidak akan ditampilkan. Namun, jika ada penggilan dari seseorang yang sama berulang kali, maka mode ini akan otomatis dimatikan.

5. Gunakan Aplikasi Spam SMS Filtering

Selain menggunakan email, SMS sering menjadi media promosi yang banyak dilakukan oleh orang. Sehingga ada banyak sekali SMS berupa penawaran yang masuk dan menggangu aktivitas yang Anda lakukan.

Anda bisa memfilter setiap SMS yang masuk dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sehingga Anda bisa menyaring SMS yang tidak diinginkan.

Ada banyak aplikasi SMS yang bisa Anda gunakan agar bisa memfilter pesan yang tidak penting dan tidak bermanfaat. Jenis aplikasi yang sering dipakai adalah TrueCaller 8.

Caranya sangat mudah yaitu Anda masuk ke menu Setelan, lalu nonaktifkan pilihan Suara & Pemberitahuan untuk pesan yang ingin di blokir.

Baca Juga:  Cara Mengakses Keyword Planner untuk Keperluan Keyword Research

Itulah 5 cara mudah menghilangkan notifikasi yang ada di Android.

Semoga memberikan banyak manfaat untuk Anda!