Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Cara Praktis Meraih Customer Bagi Startup

[Foto: pixabay.com]
Di tengah persaingan bisnis yang semakin memanas, mendapatkan customer baru menjadi tugas yang sangat berat, khususnya jika bisnis yang Anda jalankan masih berada di tahap rintisan atau tergolong kecil. Hal pertama yang Anda lakukan tentu saja memberikan value yang berarti pada produk yang Anda tawarkan, selain juga menguatkan visi perusahaan. Proses marketing menjadi sangat vital di sini. Tapi, tak hanya sebatas pada proses marketing secara konvensional, 5 hal di bawah ini mungkin bisa Anda coba untuk menggaet lebih banyak customer.

1. Mendaftar pada platform untuk mendapatkan lead generation

Untuk mendapatkan customer yang loyal pada produk yang kita tawarkan, hal pertama yang kita harus peroleh barangkali berupa lead generation, misalnya berupa email subscription. Untuk itu, kita pertama-tama harus mampu menggiring customer untuk masuk ke dalam website kita untuk mencapainya. Namun, cara ini terlalu rumit dan panjang apabila bisnis yang Anda tawarkan tergolong kecil dan kurang terlalu dikenal orang. Untungnya, saat ini banyak sekali platform di internet yang dapat membantu Anda untuk mempersingkat proses ini. Anda bisa berkolaborasi dengan mendaftarkan produk Anda pada platform-platform tersebut untuk mempermudah proses marketing alih-alih membangun customer relations sejak awal.


2. Memelihara hubungan baik dengan para influencer

Sebagian besar customer online memilih mencari review dari pengguna internet lain atau rekomendasi dari teman ketika membeli suatu produk. Oleh karena itu, penting untuk mengelola atau membina hubungan baik dengan orang-orang yang berpotensi menjadi influencer dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Para profesional bisnis atau tokoh masyarakat biasanya banyak dilirik untuk membantu sebuah brand kecil menjadi lebih populer. Cara ini bisa Anda praktikkan dengan mudah. Misalnya yang paling sederhana adalah dengan meminta testimoni atau membuat campaign dengan figur orang tersebut. Selain berguna untuk menambah jaringan bisnis, biasanya orang-orang yang memiliki konsentrasi topik yang sama senang untuk berbagi dengan orang lain yang memiliki ketertarikan serupa.

3. Tonjolkan keunikan produk

Untuk membangun sebuah startup yang bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang menggila, serta untuk mendapatkan lebih banyak customer, satu hal yang paling bisa menolong adalah dengan menghadirkan produk yang unik. Produk yang unik akan menjadi satu pembeda yang mencolok dibanding kompetitor yang membludak. Selain itu, keunikan sebuah produk juga akan menjadi modal untuk branding bagi bisnis yang baru dirintis. Sejauh ini, unique selling point dalam sebuah startup menjadi strategi marketing paling jitu, begitu juga untuk meraih customer sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, selain berupaya untuk menghadirkan produk yang berkualitas, sebagai founder Anda juga harus mengupayan keunikan yang bisa menjadi pembeda produk Anda dengan para kompetitor.

4. Pahami mengapa customer harus memilih produk Anda

Untuk mendapatkan customer sebanyak-banyaknya, penting bagi Anda selaku founder untuk memainkan berbagai hal yang menjadi kekuatan dari bisnis yang Anda kembangkan. Mengapa customer lebih memilih produk Anda dibanding kompetitor? Apa yang menjadi alasan customer memilih Anda? Produk yang berkualitas? Harga yang bersahabat? Atau sekadar karena produk Anda paling reasonable untuk dipakai? Berbagai pertanyaan tersebut harus terlebih dulu Anda jawab. Sebab tanpa mengetahui hal-hal tersebut, Anda bahkan mungkin tidak paham apa dan bagaimana bisnis Anda sebenarnya. Jika Anda ingin mengetahui hal tersebut lebih jauh, Anda bisa melakukan survey untuk meminta feedback customer mengenai produk Anda. Selanjutnya, Anda harus mengolah hal tersebut dan melakukan improvisasi yang sesuai dengan harapan customer.

5. Rekrut digital marketing profesional atau gunakan digital marketing agency

Jika Anda memiliki cukup budget, opsi ini adalah yang paling praktis untuk dilakukan. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah menghire jasa profesional terutama di bidang digital marketing tidak pernah mudah dan murah. Jadi bisa dikatakan cara ini adalah opsi terakhir yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!