Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Cara untuk Pulihkan Jika Kinerja MacBook Anda yang Lambat

[Foto: cnet.com]
Anda punya MacBook andalan yang kinerjanya perlahan mulai melambat? Situasi ini terkadang memang menjengkelkan dan tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti perlambatan tersebut tidak ada solusinya.

Jika kinerja MacBook melambat bukan disebabkan hardware yang mulai rusak, setidaknya Anda masih bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Dilansir dari Gizmodo, berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan untuk mencoba memulihkan kinerja MacBook.

1. Matikan auto-start

Ketika pengguna menyalakan MacBook, ada banyak aplikasi yang bakal otomatis menyala. Namun di antara banyak aplikasi tersebut, hanya beberapa saja yang sebenarnya memang benar-benar diperlukan.

Karena itu, Anda mesti mengidentifikasi aplikasi mana yang memang membutuhkan auto-start bersamaan dengan menyalanya MacBook. Jika sudah menentukan hal tersebut, Anda tinggal mematikan aplikasi auto-start di aplikasi yang tidak begitu penting.

Seleksi seperti itu akan membuat sistem di MacBook bekerja lebih efisien dan tidak membuang-buang daya yang tersedia. Kinerja pun jadi lebih cepat dan mulus.

Cara mematikan auto-start di aplikasi tertentu adalah dengan masuk menu System Preferences, pilih User & Group, kemudian pilih Login Items. Lalu, akan muncul daftar aplikasi apa saja yang otomatis berjalan saat Anda menyalakan MacBook. Pilihlah nama aplikasi terdaftar, lalu tekan tombol “minus” untuk menghentikan auto-start.

2. Hapus yang tidak terpakai

Periksa dan hapuslah data yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Jangan lupa untuk mengecek peramban yang Anda gunakan, baik itu Google Chrome atau Firefox. Jika di peramban ini ada ekstensi yang tidak terpakai, maka segera hapus.


Semua yang tidak terpakai itu memakan tempat di memori serta hard disk MacBook Anda. Semakin banyak data dan aplikasi tidak terpakai, maka semakin sempit ruang yang tersisa untuk kinerja sistem operasi Mac. Efek dari hard disk dan memori yang penuh adalah kinerja MacBook yang melambat.

3. Pasang aplikasi pembersih

Untuk menyingkirkan berbagai sampah atau data tidak terpakai di dalam MacBook, ada berbagai aplikasi pembersih yang bisa membantunya. Misalnya CleanMyMac, AppZapper, atau Disk Doctor. Sebagai informasi, masing-masing aplikasi tersebut berbayar.

Namun, aplikasi tersebut memiliki manfaat seperti membersihkan data-data tidak terpakai secara otomatis dan terjadwal, menghapus berbagai data sisa milik aplikasi, atau mengategorikan berbagai data yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Selain menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa gunakan aplikasi bawaan Mac untuk menyortir berbagai data tidak terpakai. Caranya, tekan ikon buah apel, pilih About This Mac dan selanjutnya pilih menu Storage.

Lalu, tekanlah pilihan Manage dan Anda akan masuk ke dalam kolom pengaturan hard disk. Di sini Anda bisa melakukan beberapa hal, misalnya melihat kapasitas masing-masing folder, mencari data yang sudah lama tidak terpakai, dan melakukan optimalisasi memori penyimpanan.

4. Selalu perbarui software

Rajin memperbarui software atau sistem operasi adalah salah satu cara untuk menjaga kinerja MacBook agar terus mulus. Jangan abaikan jika muncul notifikasi pembaruan software atau sistem operasi.

Biasanya, setiap pembaruan berisi perbaikan untuk masalah atau bug tertentu yang ada di seri terdahulu. Selain itu, pembaruan rata-rata berfungsi memperketat keamanan seperti mengoptimalkan dan membuat kinerja Mac jadi lebih cepat.

5. Hapus semuanya dan memasang ulang

Cara terakhir adalah menghapus seluruh isi laptop dan memasang ulang sistem operasi serta berbagai aplikasinya. Setidaknya, dengan cara ini MacBook akan kembali seperti baru, tanpa tumpukan data tidak terpakai atau sisa pemrosesan aplikasi. Namun sebelum mulai menghapus seluruh isi MacBook, pastikan Anda sudah memiliki berbagai salinan data penting.

Semoga tips di atas bisa membantu mengembalikan lagi kinerja MacBook Anda menjadi normal kembali. Selamat mencoba!