Opinion

5 Daftar Startup Unik untuk Pencari Kerja di Indonesia

[Foto: pexels.com]
[Foto: pexels.com]
Pengangguran menjadi salah satu permasalahan besar di Indonesia. Tak heran jika kemunculan startup salah satunya juga bertujuan untuk mengurangi pengangguran. Selain startup itu sendiri diharapkan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja, ternyata startup yang memang fokus pada pencarian kerja juga banyak bermunculan di Indonesia.

Sebelumnya kita mengenal situs populer LinkedIn yang digunakan para recruiter untuk mencari employee yang ideal bagi perusahaannya. Melalui berbagai fitur yang ditawarkan, LinkedIn sebenarnya cukup ideal bagi pari pencari kerja maupun orang yang menawarkan pekerjaan. Sebab selain menyediakan wadah komunikasi bagi kedua pihak tersebut, LinkedIn juga mewadahi mereka yang menginginkan pengembangan skill melalui berbagai online course yang disediakan.

Tak mau kalah dari LinkedIn, beberapa startup di Indonesia ini juga hadir untuk sama-sama memecahkan solusi perihal pengangguran. Dari situs yang menyediakan berbagai informasi, hingga situs yang mencoba mencocokkan kepribadian dan keahlian dengan tipe pekerjaan yang sesuai.

1. Student Job Indonesia

Di Indonesia ini kita sama-sama paham bahwa menjadi fresh graduate itu gampang-gampang susah dalam mencari kerja. Terutama jika kita menginginkan pekerjaan yang memang menerima orang-orang yang baru saja ingin memulai petualangan dalam dunia kerja. Memfokuskan diri pada target pasar mahasiswa, Student Job Indonesia sukses menjadi salah satu startup yang fokus pada penyediaan informasi entry-level career. Tak hanya lowongan berbagai pekerjaan untuk para fresh graduate, Student Job Indonesia juga memberikan banyak kesempatan pada mereka yang masih menempuh bangku kuliah untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti part-time, internship, atau bahkan freelance. Tujuannya adalah agar para mahasiswa memiliki pengalaman untuk bidang pekerjaan yang nanti akan mereka tekuni setelah lulus dari perguruan tinggi.

2. Qerja

Negosiasi mengenai gaji menjadi satu masalah tersendiri, terutama bagi mereka yang baru kali pertama melakukannya. Tak heran, jika banyak orang merasa awkward atau bahkan tidak tahu sama sekali apa yang harus dilakukan. Beberapa orang mungkin sudah cermat melakukan riset mengenai seberapa besar fee yang harus diterimanya untuk suatu pekerjaan tertentu. Namun, tak sedikit juga yang tetap tidak tahu.

Qerja merupakan salah satu startup yang mencoba memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan ini. Melalui layanan informasi gaji yang disediakan, seorang calon pelamar jadi memiliki gambaran mengenai angka yang harus ia sebutkan dalam wawancara kerja. Tak hanya itu, Qerja juga memberikan wawasan mengenai berbagai posisi dalam sebuah perusahaan.

3. Kerjabilitas

Startup besutan Rubby Emir ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling unik. Sebab, startup ini tidak hanya menawarkan berbagai pekerjaan, namun dengan poin tambahan bahwa posisi tersebut dapat menerima difabel. Dengan kata lain, Kerjabilitas merupakan sebuah platform untuk informasi kerja bagi difabel. Seperti yang kita tahu, isu difabel menjadi salah satu yang paling krusial juga di Indonesia. Keberadaan mereka yang dianggap tidak bisa apa-apa memunculkan sikap yang keliru. Padahal, jika kita melihat data, di Indonesia sendiri, jumlah difabel yang berada di usia produktif cukup banyak. Kaum difabel bukanlah mereka yang keberadaannya dianggap beban. Sebaliknya, kita harus memberi kesempatan pada mereka agar bisa mengembangkan diri dan produktif, salah satunya adalah menyediakan akses bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan tanpa diskriminasi.

4. Rekruta

Bila kebanyakan startup untuk pencari kerja berbentuk website yang menyediakan informasi, kali ini Rekruta menghadirkan SaaS yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan tracking terhadap calon employee yang ideal. Rekruta diklaim sebagai startup pertama yang menyediakan platform untuk automatisasi di bidang human resource.

5. UrbanHire

Mirip dengan Rekruta, UrbanHire juga merupakan SaaS yang menyediakan layanan tracking aplikasi lamaran kerja. Istilahnya ATS, Application Tracking System. Namun tidak hanya menyediakan layanan ini, UrbanHire juga menyediakan fitur pencarian dan penempatan informasi lowongan kerja. Cukup dengan UrbanHire, Anda akan mendapatkan informasi lowongan kerja dari beberapa situs sekaligus. Sebaliknya, dengan memasang informasi lowongan kerja di UrbanHire, informasi ini akan otomatis tersedia di berbagai situs lowongan kerja lainnya pula.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID