Home  »  Review   »  
Review

5 Fungsi ‘Rahasia’ yang Dimiliki Google Assistant

[Foto: androidpolice.com]
Pada Oktober 2016 silam, Google meluncurkan ponsel terbaru mereka yang bernama Pixel. Bersamaan dengan itu, raksasa mesin pencarian tersebut juga turut memperkenalkan asisten virtual anyar, Google Assistant.

Meski saat itu hanya tersedia eksklusif di Pixel, kehadiran asisten virtual ini cukup menarik perhatian. Tak lain adalah karena memiliki kemampuannya yang lebih baik ketimbang pendahulunya, Google Now. Akhirnya pada Februari 2017, Google memastikan bahwa Google Assistant juga hadir untuk pengguna Android.

Beberapa sistem mengharuskan ponsel Anda menjalankan sistem operasi Android Marshmallow atau Nougat. Untuk mengaktifkan Google Assistant di Android, caranya adalah tahan tombol home dan katakan, “OK Google”.

Meskipun pada tahap awal tidak seluruh pengguna bisa merasakannya karena terbatas bagi pengguna berbahasa Inggris dan Jerman, bukan berarti asisten virtual ini tidak akan menyambangi negara lain. Google menyebut bahasa lain akan ditambahkan dalam beberapa tahun ke depan.

Lalu, hal apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan oleh Google Assistant? Nah, sebelum fitur ini hadir di lebih banyak pengguna Android, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui lima fungsi ‘rahasia’ dari asisten virtual ini. Berikut rangkumannya, seperti dilansir dari Make Use Of.

Baca Juga:  Mulai dari Tempat Favorit Bagi Para Ilmuwan Hingga Jadi Lokasi Paling Kering di Dunia, Inilah 8 Fakta Menarik dari Antartika

1. Membaca berita

Fitur ‘rahasia’ pertama dari Google Assistant adalah bisa membaca berita berdasarkan topik yang digemari pengguna dan preferensi dari penggunanya. Uniknya, topik yang dibacakan benar-benar serupa dengan seseorang yang membaca berita, dan tidak sekadar speech-to-text.


Bagaimana cara mengaktifkannya? Anda cukup membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings. Lalu, buka Google Assistants, pilih Settings dan News. Dalam kolom ini, Anda bisa memilih beragam sumber yang bisa dibacakan isi beritanya.

2. Melakukan berbagai perhitungan konversi

Layaknya Google Search, Anda juga bisa menanyakan tentang suatu hal termasuk melakukan konversi di Google Assistant. Anda cukup mengatakan hal yang ingin Anda ketahui, maka Google Assistant akan memberikan jawaban.

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa dijawab asisten virtual ini adalah “Berapa kilometerkah, 10 meter itu?” atau “Berapa banyak dolar Amerika dari 6.000 Rupiah?”. Selain itu, pengguna bisa mengetahui perbedaan waktu di antara dua negara cukup dengan mengajukan pertanyaan serupa.

3. Menerjemahkan kalimat

Asisten virtual ini juga dibekali dengan kemampuan Google Translate. Oleh karena itu, pengguna bisa meminta Google Assistant menerjemahkan sebuah kata atau kalimat sekalipun. Misalnya, Anda bisa bertanya “Apa bahasa Spanyol untuk Halo?”. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bersamaan dengan pengucapan sebenarnya.

Baca Juga:  10 Aplikasi Terbaik dan Gratis untuk Membuat Quote atau Kata-Kata Bergambar ala Instagram

4. Mencari file di aplikasi

Asisten virtual ini juga bisa mencari file di dalam aplikasi. Ini berkat integrasi Google Assistant pada sejumlah aplikasi Google. Salah satu aplikasi yang bisa memanfaatkan fitur Google Assistant adalah Google Photos. Misalnya, Anda bisa memintanya membuka foto secara spesifik yang disimpan di Google Photos. Cukup sertakan keterangan foto yang dimaksud atau waktu pengambilannya.

Selain itu, Google Assistant juga bisa membacakan SMS dari aplikasi Messenger Google. Namun sayangnya, fitur ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.

5. Memutar musik dan video

Ingin memutar musik atau video favorit? Anda juga bisa meminta Google Assistant untuk memutarnya melalui layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube. Perintah yang dilakukan pun cukup sederhana, seperti “Mainkan Daft Punk” atau “Mainkan Daft Punk di YouTube”.

Namun sayangnya, perintah ini lagi-lagi belum bisa diberikan untuk aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda tidak bisa meminta Google Assistant untuk memutar layanan musik atau video dari pihak ketiga, misalnya Spotify dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mi Roaming, Teknologi SIM Virtual Besutan Xiaomi Bakal Hadir di Indonesia