Review

5 Gawai Ini Bakal Bikin Rumah Anda Lebih Aman

[Foto: Nest.com]
[Foto: Nest.com]
Sebuah rumah tentunya akan terasa lebih nyaman jika penghuninya merasa aman dan tenang. Percuma saja jika anda memiliki rumah mewah namun anda selalu merasa khawatir dengan pencuri maupun kebakaran. Apalagi seperti yang bisa anda saksikan di berita-berita, adanya CCTV bahkan tidak cukup untuk menghentikan pencuri masuk ke dalam rumah Anda. Daripada Anda semakin parno, tidak ada salahnya jika anda mencoba dulu keampuhan gawai-gawai keamanan berikut ini.

[Foto: Contoh penggunaan August Smart Lock pada pintu | August.com]
[Foto: Contoh penggunaan August Smart Lock pada pintu | August.com]
August Smart Lock

Dengan menggunakan August Smart Lock, kini anda sekarang dapat mengubah smartphone iOS/Android atau Apple Watch menjadi kunci virtual rumah Anda. Gawai ini dapat mengunci secara otomatis pintu yang anda tutup, tanpa harus repot-repot menggunakan anak kunci. Semua penggunaan kunci virtual telah terdata ke dalam sistem sehingga anda dapat melacak siapa saja yang datang dan pergi, tergantung pada kunci yang dibawa oleh masing-masing individu. August juga memungkinkan anda untuk memberikan akses khusus pada waktu-waktu tertentu untuk teman-teman atau tamu anda.

[Foto: Tampak depan Nest Cam | Nest.com]
[Foto: Tampak depan Nest Cam | Nest.com]
Nest Cam

Kamera pengawas rumah ini memang nampak seperti webcam biasa. Tapi tentunya kamera ini lebih cerdas dari kamera pengawas lain dengan harga yang serupa. Anda dapat memonitor live feed rumah anda, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Anda pun akan menerima peringatan di ponsel Anda jika terdeteksi aktivitas yang mencurigakan. Kamera ini juga dapat merekam dalam resolusi 1080p dan memiliki penopang magnet yang bisa diputar dan memungkinkan anda untuk memasangnya hampir di mana saja. Gawai ini dilengkapi juga dengan fitur audio dua arah, visi malam yang tajam dan digital zoom yang kuat, juga dapat terintegrasi dengan produk rumah pintar lainnya, seperti Nest Learning Thermostat.

[Foto: Nest.com]
[Foto: Nest.com]
Nest Protect smoke + CO alarm

Detektor asap ini dapat berkomunikasi dengan anda dan memberi tahu ketika terjadi masalah. Alarm dan peringatan pun dapat dengan mudah dilihat atau dimatikan melalui ponsel anda. Selain cerdas, detektor ini dapat diandalkan layaknya detektor asap dan karbon monoksida pada umumnya.

[Foto: Kwikset.com]
[Foto: Kwikset.com]
Kwikset smartcode 916 touchscreen electronic deadbolt

Ukurannya yang kecil membuat gawai ini tidak sebegitu mencolok kunci lainnya. Selain itu, gawai ini memungkinkan anda untuk menggunakan kunci rumah lama anda jika diinginkan. Fitur SecureScreen pada Kwikset—yang mengharuskan anda untuk memencet dua digit acak sebelum memasukkan kode anda— dapat mencegah pencuri menebak password anda melalui noda sidik jari anda. Kwikset juga dilengkapi alarm yang akan berbunyi jika ada orang yang berusaha membobol rumah anda.

[Foto: Seperangkat Samsung SmartThings Starter Kit | Samsung.com]
[Foto: Seperangkat Samsung SmartThings Starter Kit | Samsung.com]
Samsung SmartThings

Jika anda memiliki berbagai macam gawai keamanan rumah pintar (smart home), tentunya anda akan memerlukan sistem pusat untuk mengintegrasikan dan mengendalikannya. Menurut saya, Samsung SmartThings ini merupakan pilihan yang terbaik dalam kelasnya. Hub ini bisa terhubung dengan berbagai jenis perangkat dan memiliki baterai cadangan. Selain itu, Samsung juga akan mengintegrasikan teknologi ini ke dalam TV 4K nya yang terbaru. Artinya, anda tidak perlu repot-repot untuk menyambungkan gawai lain ke dalam router anda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID