News

5 Kejadian Unik Akibat Penggunaan Drone

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Belakangan ini, penggunaan drone semakin populer dan meluas. Banyak orang yang mulai menggunakan drone untuk berbagai keperluan. Awalnya, drone merupakan fasilitas yang hanya digunakan oleh pihak militer maupun pemerintah.

Kini seiring menjamurnya tren selfie, penggunaan drone untuk mengambil gambar dari ketinggian pun semakin populer. Beberapa drone komersial yang bisa dibeli di pasaran sudah memungkinkan Anda menggunakan drone tersebut untuk mengambil foto dari ketinggian.

Biasanya, drone yang digunakan untuk mengambil gambar video atau foto dari ketinggian dikendalikan dengan menggunakan remote control dan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Semakin menjamurnya tren ini, semakin banyak pula kejadian unik yang tidak diduga-duga akibat penggunaan drone. Penasaran? Berikut adalah rangkumannya.

Drone Disemprot Pemadam Kebakaran

Seorang warga asal New York, Amerika Serikat, John Thomson kerap menggunakan drone untuk mendokumentasikan aksi pemadam kebakaran saat beraksi di wilayahnya. Meski aktivitas tersebut sudah ia lakukan selama setahun, namun aksinya tidak selalu disambut positif. Drone miliknya sempat disemprot air oleh seorang pemadam saat tengah bertugas mengatasi kebakaran di sebuah rumah di kawasan Colden Hill Road, Coldenham.

Belum diketahui alasan mengapa sang pemadam menyemprot drone tersebut. Namun bila melihat video dokumentasinya, posisi drone tersebut berada tidak begitu dekat dengan rumah yang terbakar. Sehingga tidak begitu menghalangi aktivitas para pemadam. Tapi mungkin, sang pemadam merasa terusik dengan kehadiran drone milik John. Akibat semprotan tersebut, drone milik John seharga USD 2.200 rusak.

Drone Hampir Menabrak Maskapai Penerbangan

Sebuah maskapai penerbangan, Lufthansa, yang hendak mendarat hampir bertabrakan dengan sebuah drone di Bandara Warsawa pada Senin, 20 Juli 2015 siang waktu setempat. Jarak antara drone dengan pesawat hanya terpisah 100 meteran di atas ketinggian 760 meter. Pesawat Lufthansa mengangkut 108 penumpang yang bertolak dari Berlin dengan tujuan Ibu Kota Polandia.

Akibat kejadian ini, sejumlah rute pesawat harus diubah hingga status udara di atas bandara Warsawa dinyatakan bersih. Helikopter polisi dan militer yang diterbangkan ke lokasi kejadian tidak berhasil menemukan drone.

Pertandingan Sepak Bola Dihentikan Akibat Drone Benuansa Politik

Pada 2014 silam, pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 antara Serbia dan Albania di Stadion Partizan terpaksa dihentikan menjelang babak pertama usai. Pasalnya, terjadi insiden berbau politik lantaran ada drone yang membawa bendera.

Kejadian itu bermula ketika drone yang dioperasikan dari jarak jauh, mengarah ke lapangan. Pemain belakang Serbia, Stefan Mitrovic, kemudian menangkap dan menurunkan bendera – yang disertai peta Kosovo. Insiden berlanjut karena ada kekacauan, baik di lapangan maupun di tribun stadion.

Ketika suporter tim tamu mengibarkan bendera negara mereka yang disertai peta bendera Kosovo, timbullah reaksi dari Mitrovic yang menangkap drone dan menurunkan bendera tersebut. Ini memicu perkelahian di antara para pemain dan ofisial, serta kerusuhan di tribun.

Pria Dipenjara Gara-Gara Drone

Pemuda asal Amerika Serikat, Sean Riddle, tidak mengira kalau dirinya bakal dipenjara gara-gara drone yang dikendarainya menabrak salah satu gedung pencakar langit, Empire State Building.

Ia ditangkap oleh pihak berwenang setelah drone yang dikendalikannya menabrak lantai 40 Empire State Building dan jatuh di lantai 35. Ia tidak mengira kalau kejadian tersebut membawanya ke tahanan. Pasalnya, setelah gagal mengendalikan drone, ia langsung menuju ke gedung tersebut dan meminta drone-nya dikembalikan. Namun, pihak dari gedung malah memanggil pihak berwajib dan ia langsung ditahan.

Penahanan Sean Riddle berdasarkan pada kelalaian yang membahayakan publik dan pengendalian drone di atas kota. Tidak ada korban jiwa pada kejadian itu dan tidak ada kerusakan yang parah menurut polisi setempat.

Pergoki Istri Selingkuh Berkat Drone

Seorang pria asal North Pennsylvania, Amerika Serikat, John Consiglio, mencurigai istrinya selingkuh. Belum lama ini, ia menerbangkan drone untuk merekam gerak-gerik istrinya. Dan benarlah, sang istri yang bernama Donna ternyata tidak berjalan ke arah tempat kerja. Di sebuah jalan, drone yang diterbangkan John memergoki Donna menemui pria lain yang mengemudikan mobil SUV.

Sang istri terlihat mencium pria itu dan masuk ke dalam mobilnya. John naik pitam, bahkan mengumbar video tersebut ke YouTube. Ia tak habis pikir istrinya selingkuh, mengorbankan pernikahan yang telah berusia 18 tahun. John kemudian bertengkar hebat dengan istrinya dan akhirnya memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai.

Meski banyak yang menilai palsu, video yang ia pajang di YouTube pun jadi populer. Dengan kisah yang ia ungkap, dipastikan kalau John tidak melakukan rekayasa. Ia memang benar telah memergoki istrinya yang selingkuh berkat bantuan drone.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID