Home  »  Opinion   »  
Opinion

5 Kursus Online untuk Belajar Design Grafis

[Foto: pixabay.com]
Menjadi seorang designer grafis kini tengah digandrungi banyak orang. Pasalnya, profesi ini memang sedang banyak sekali dibutuhkan seiring dengan berkembangnya industri kreatif di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Meski ada sekolah-sekolah yang memang mengkhususkan mahasiswa untuk belajar design dan seni, tetapi pada umumnya untuk menjadi seorang designer tidak membutuhkan gelar-gelar tertentu seperti misalnya seorang advokat atau bahkan dokter. Yang paling dibutuhkan oleh seorang designer adalah skill atau keahlian khusus dalam mendesain.

Maka, di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi designer, asalkan mau belajar. Nah, jika kamu juga tertarik untuk menjadi designer atau minimal belajar design, sebenarnya sekarang ada banyak sekali tempat kursus onlien yang bisa membantu kamu mewujudkan cita-citamu.

1. Udacity

Udacity merupakan salah satu platform online course paling besar selain Coursera dan edX. Tempat ini tak hanya memfasilitasi kamu untuk belajar design, namun juga subjek-subjek lain seperti marketing atau developer. Di Udacity, kamu bisa belajar design benar-benar dari nol. Kamu akan dikenalkan dengan dasar-dasar dari design hingga mengetahui design itu sendiri secara general. Waktu tempuh yang bisa kamu ambil pun cukup singkat, yakni sekitar 2 minggu untuk 6 jam/harinya. Dengan jangka waktu segitu, kamu udah bisa memahami design secara general. Untuk lebih tajamnya, kamu bisa mengakses kursus-kursus lain di Udacity yang lebih spesifik sesuai dengan topik yang ingin kamu dalami.


2. Digital Tutor

Melalui video-video yang berdurasi sekitar 20 menit setiap serinya, kamu bisa mengakses berbagai ilmu mengenai design seperti anti-aliasing, letter spacing, linear perspective, dan lain sebagainya. Bedanya dengan Udacity, untuk menggunakan Digital Tutor ini kamu harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan dasar di bidang design dan keahliand dasar untuk menggunakan software di bidang design.

3. Treehouse

Jika kamu ingin secara spesifik belajar software Photoshop, Treehouse adalah tempat yang paling cocok. Treehouse tak hanya menyediakan layanan kursus untuk designer, namun juga berbagai skill lain seperti iOS developer maupun product management. Namun, meski demikian, Treehouse bisa dikatakan sebagai tempat ideal untuk kursus apabila kamu ingin mengaplikasikan skill designmu terutama untuk posisi front-end. Tak hanya berisi video tutorial, di Treehouse kamu akan diberi berbagai challenge dan quiz serta ujian bersertifikasi di akhir masa kursus.

4. Lynda.com

Lynda.com juga merupakan salah satu platform yang secara spesifik menawarkan Photoshop di salah satu subjek kursus yang bisa kamu ambil. Selain Photoshop, seluruh program Adobe bisa kamu pelajari di sini. Lynda.com merupakan salah satu platform online course dengan subjek terlengkap meliputi keahlian design maupun developer, sama halnya seperti Treehouse. Akan tetapi, Lynda.com memiliki pendekatan yang sedikit berbeda meliputi fokusnya pada Adobe Bridge, camera raw, dan berbagai fitur lain sebelum menyentuh fitur-fitur seperti layers ataupun filters.

5. Tuts+

Jika Treehouse bisa dikatakan sebagai tempat paling ideal bagi kamu yang ingin mengaplikasikan skill designmu sebagai front-end, maka Tuts+ bisa menjadi tempat paling ideal bagi kamu yang ingin menjadi web designer. Kamu bisa mengambil kursus Photoshop CS6 for Web Designer di tempat ini. Ada sekitar 26 bagian dari kursus tersebut yang termuat dalam berbagai media seperti video maupun bacaan interaktif. Setelah mengambil semua kursus itu, dijamin kamu langsung bisa membuat sebuah design website dengan Photoshop dan basic coding yang juga diajarkan di sini.