Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Manfaat Google Drive yang Anda Mungkin Belum Tahu

[Gambar: google.com]
Google Drive merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Google untuk menyimpan berbagai file dan data yang Anda miliki secara gratis. Agar bisa menggunakan dan mengakses layanan ini Anda membutuhkan jaringan internet. Istilah umum yang saat ini digunakan untuk layanan seperti ini adalah penyimpanan berbasis awan (cloud).

Dengan keberadaan Google Drive, Anda tidak perlu lagi direpotkan untuk menyimpan data dan informasi di CD atau flash disk atau pun cara konvensional yang lain.

Selain digunakan untuk menyimpan data, ternyata ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan keberadaan Google Drive.

Apa saja manfaat tersebut?

Berikut 5 manfaat Google Drive yang bisa Anda gunakan.

1. Digunakan untuk Berbagai File Berukuran Besar

Berbagai file dengan teman dan keluarga merupakan aktivitas yang seringkali dilakukan oleh banyak orang saat ini. Hal yang menjadi kendala adalah di saat Anda ingin membagikan file yang berukuran besar kepada teman.

Jika hal di atas terjadi, maka Anda bisa mengupload file yang akan dibagikan tersebut di Google Drive. Jika teman membutuhkan file tersebut, maka Anda bisa membagikan tautan yang telah disediakan oleh Google Drive.

2. Sebagai Hosting Website

Apa yang dimaksud dengan hosting?
Secara sederhana, hosting adalah tempat menyimpan berbagai file seperti HTML, CSS, dan lain sebagainya.  Keberadaan hosting sangat diperlukan apalagi jika Anda adalah seorang Web Developer.


Google Drive memungkinkan Anda untuk mendapatkan hosting secara gratis.

3. Digunakan untuk Back Up File

Jika Anda memiliki file yang penting dan berharga seperti softcopy ijazah, transkrip nilai, atau foto pernikahan maka Google Drive bisa digunakan untuk melakukan back up file tersebut. Back up file di Google Drive memiliki kelebihan dibandingkan Anda menyimpan file di flash disk atau CD yaitu berkurangnya resiko terkontaminasi virus yang bisa merusak file.

4. Menerjemahkan File

Fitur penerjemah yang ada pada Google Drive ini terintegrasi dengan layanan Google Translate. Dengan adanya fitur penerjemah, maka Anda bisa menerjemahkan berbagai file berbahasa asing yang tidak dipahami.

Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu mengupload file, kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih “Open With Google Drive”. Jika file sudah terbuka, maka Anda bisa memilih menu Tools dan kemudian pilih bahasa yang Anda inginkan dan kemudian pilih Translate.

Secara otomatis setiap kalimat yang ada di dalam file tersebut akan berubah sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan.

5. Melakukan Konversi File PDF Menjadi Teks

Nah, fitur terakhir yang ada dari Google Drive ini akan sangat bermanfaat di saat Anda sering menerima file dalam bentuk PDF. Saat menerima file PDF pasti suatu saat Anda berkeinginan untuk mengubah file tersebut ke dalam bentuk teks dengan alasan untuk mengeditnya.

Anda bisa mengubah file PDF ke bentuk teks dengan menggunakan layanan Google Drive. Hal yang perlu dilakukan adalah mengupload file ke dalam Google Drive, kemudian kilk kanan dan pilih “Open With Google Docs”. Anda akan diberikan pilihan untuk membuka file dalam bentuk PDF atau dalam bentuk teks.

Itulah 5 manfaat tersembunyi dari Google Drive yang mungkin belum Anda ketahui keberadaannya. Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang sedang membaca.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini melalui media sosial agar lebih banyak orang yang tahu.

Selamat mencoba!