Review

5 Situs Penyedia Stock Photo Gratis

[Foto: nos.twnsnd.co]
[Foto: nos.twnsnd.co]
Konten visual menjadi salah satu kekuatan dalam iklan digital. Oleh karena itu, saat ini profesi-profesi seperti designer grafis atau fotografer menjadi salah satu sumber daya manusia yang paling diincar. Tak heran, jika kemudian harga tawar yang mereka ajukan luar biasa mahal.

Bagi sebuah perusahaan yang memiliki capital kuat, barangkali kebutuhan akan visual content creator ini tidak akan terlalu menjadi soal. Namun, bagi startup, tentu saja hal ini menjadi masalah besar. Tentu saja kita tahu bahwa untuk sebuah startup yang baru berkembang, konten visual juga sangat dibutuhkan. Terutama untuk kebutuhan campaign ataupun digital marketing lainnya. Namun, lagi-lagi karena kita hidup di dunia digital yang serba mudah, kini hal-hal tersebut tidak terlalu menjadi soal.

Beberapa website populer menyediakan berbagai stock foto yang bisa kita gunakan untuk kepentingan bisnis. Foto-foto tersebut dihasilkan oleh para fotografer, baik yang semi-pro maupun yang sudah profesional. Meski kini website tersebut banyak meminta fee untuk setiap foto yang kita gunakan, tetapi tak sedikit pula yang masih menyediakan layanan gratis. Beberapa website berikut ini bisa kamu jadikan sumber referensi apabila menginginkan photo stock gratis dengan kualitas yang tak kalah keren dibandingkan menghire seorang fotografer profesional.

1. Picjumbo

Bagi kamu yang memiliki usaha di bidang kuliner, situs ini adalah surga yang akan membantumu melakukan promosi di media sosial. Pasalnya, situs ini menyediakan jutaan koleksi photo stock yang bisa kamu akses dengan gratis. Sebagian besar fotonya memiliki kualitas resolusi yang cukup tinggi serta estetika dari fotografi itu sendiri. Tak jauh beda dengan apabila kamu menghire seorang fotografer makanan profesional. Asyiknya lagi, kamu tak perlu mencantumkan attribution untuk setiap foto yang kamu comot. Intinya, di Picjumbo, foto disediakan free dan bebas untuk kamu gunakan.

2. Pixabay

Tak jauh beda dengan Picjumbo, Pixabay juga menyediakan ribuan photo stock yang bisa kamu akses dengan gratis. Di Pixabay, ukuran foto bisa menyesuaikan kebutuhanmu, dari mulai ukuran kecil untuk website ataupun ukuran besar untuk dicetak. Kamu cukup membuat akun di laman ini dan bisa bebas menggunakan jutaan foto di sana tanpa perlu mencantumkan atribusi dalam setiap fotonya.

3. Gratisography

Dibangun oleh seorang web designer ternama, Ryan McGuire, Gratisography bisa menjadi salah satu inspirasi yang bisa kamu dapatkan melalui media foto. Berbagai koleksi foto dengan kualitas sangat layak tersedia dengan gratis di situs ini. Serunya lagi, di sini kamu tidak hanya bisa mengakses foto, namun juga berbagai karya design grafis yang tak keren dibanding jika kamu menghire designer grafis profesional.

4. New Old Stock

Kali ini, situs New Old Stock memberikan kesempatan pada kamu untuk mendapatkan berbagai koleksi foto antik dengan gratis! Bermacam foto inspiratif dengan model retro dan tema klasik siap memanjakan mata kamu tanpa perlu merogoh kocek sedikit pun. New Old Stock foto merupakan salah satu situs penyedia photo stock gratis yang paling unik di dunia karena konsep retro yang diusungnya.

5. GetRefe

Bosan dengan foto indoor dan objek manusia, kamu mungkin butuh foto pemandangan ataupun landscape yang menggambarkan keindahan panorama alam. GerRefe bisa jadi salah satu alternatif bagi kamu yang menginginkan free photo stock bertema panorama dengan kualitas sekelas hasil fotografer profesional.

Nah, kini nggak ada lagi alasan untuk tidak bisa membuat konten visual ciamik untuk setiap campaign yang kamu jalankan. Berbagai tools telah tersedia. Kini, saatnya kita untuk bergerak menyusun ide-ide kreatif dan strategis. Selamat mencoba!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID