Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Situs untuk Mengunduh Video YouTube ke Komputer Anda

[Foto: saga.co.uk]
Streaming di YouTube memang sangat mengasyikkan. Tapi terkadang, kita ingin untuk menonton sebuah video lebih dari sekali. Atau mungkin bisa saja kita ingin menonton video itu nanti. Meskipun YouTube memiliki fitur offline mode, namun tetap ada saja video yang tidak bisa diunduh dan dinikmati secara offline. Tenang saja, situs-situs di bawah ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video YouTube yang diinginkan tanpa harus menginstall aplikasi atau program pihak ketiga.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup memasukkan URL video yang ingin Anda unduh pada kotak yang disediakan, kemudian pilih opsi Download. Setelah selesai memproses tautan yang Anda masukkan, situs ini akan memberikan beberapa link download yang bisa Anda pilih dengan resolusi dan format video yang beragam. Situs ini juga mendukung situs selain YouTube, di antaranya Facebook, Vevo, Vimeo, DailyMotion, Crunchyroll, Instagram, dan masih banyak lagi.


Selain menggunakan metode standar, yaitu memasukkan URL video melalui situsnya langsung, situs ini juga punya jalan pintas yang cukup pintar bagi pengguna yang ingin menggunakan layanannya. Ketika sedang membuka video YouTube, cukup tambahkan ‘ss’ setelah ‘www.’ di URL video yang ingin Anda unduh, lalu buka alamat tersebut. Anda pun akan langsung diberikan link download untuk video tersebut beserta pilihan format video dan resolusi. Situs ini juga memiliki Add-On khusus untuk browser Anda.

Selain bisa digunakan untuk mengunduh video YouTube, Anda juga bisa menggunakan situs ini udah mengubah video YouTube menjadi format audio seperti mp3. Jika Anda hanya ingin mengunduh bagian tertentu pada sebuah video, situs ini memberikan opsi bagi Anda untuk menentukan waktu mulai video dan waktu berhentinya. Situs ini menawarkan pilihan format video dan audio populer seperti mp4, avi, mkv, 3gp, mov, mp3, aac, dan m4a. Tersedia juga Add-On untuk browser.

Bagi Anda yang tidak ingin dipusingkan dengan pilihan yang bermacam-macam, dan hanya ingin mengkonversi video YouTube menjadi audio mp3, inilah tempat yang tepat bagi Anda. Simpel, mudah, dan tanpa ada banyak embel-embel lain.

Sama seperti situs-situs lainnya, Anda cukup memasukkan URL video yang diinginkan pada kotak yang disediakan. Namun, situs ini memberikan pilihan format video dan audio yang lebih banyak dari yang lain. Sebut saja format audio dan video seperti flac, ogg, wav, m4v, mpg, dan wmv.