Home  »  Review   »  
Review

5 Smartphone Andalan yang Siap Dipasarkan dalam Waktu Dekat

[Foto: pocket-lint.com]
Pada tahun ini, sejumlah vendor smartphone berlomba dalam menghadirkan flagship smartphone atau yang biasa disebut smartphone andalan. Sebut saja Samsung (Galaxy S8), OnePlus (OnePlus 5), dan LG (LG G6). Semua smartphone itu merupakan produk premium dari masing-masing vendor.

Kali ini, masih ada sejumlah smartphone andalan lainnya yang diyakini bakal siap dipasarkan pada semester kedua 2017. Vendor smartphone seperti HMD Global, Samsung, Huawei, LG, dan Apple, berulang kali dilaporkan bakal mengumumkan produk terbarunya sebelum akhir tahun ini.

Kendati kelima perusahaan tersebut belum mengonfirmasi tanggal pengumuman smartphone andalan terbarunya, namun berbagai rumor dan prediksi mengenai hal tersebut banyak beredar di internet, termasuk media.

Penasaran smartphone andalan apa saja yang bakal dipasarkan dalam waktu dekat ini? Berikut ulasannya.

1. iPhone 8

Smartphone yang kerap menjadi topik perbincangan ini diyakini bakal menjadi smartphone pertama Apple yang menyematkan layar OLED. Berdasarkan sejumlah informasi, iPhone 8 dilengkapi dua kamera belakang, sensor sidik jari di balik layar, fitur pendeteksi baru pada kamera bernama SmartCam, dan sistem operasi iOS 11.

Apple dilaporkan bakal mengumumkan iPhone 8 bersamaan dengan dua seri 7s pada September 2017. Namun, iPhone 8 akan menjadi yang paling premium dibandingkan dua smartphone lain. Harga jualnya diperkirakan mencapai 1.000 USD.

2. Samsung Galaxy Note 8


Samsung diketahui sudah menyebarkan undangan acara pengumuman Galaxy Note 8. Mereka memilih New York, Amerika Serikat, untuk mengumumkan smartphone tersebut pada 23 Agustus 2017.

Sebenarnya, pihak Samsung belum mengonfirmasi acara tersebut adalah untuk mengumumkan Galaxy Note 8. Namun, gambar S Pen yang ada pada undangan mengindasikan acara itu berhubungan dengan Galaxy Note 8.

Di internet, rumor Galaxy Note 8 pun banyak bermunculan. Salah satu yang hangat diperbincangkan adalah tentang ukuran layar 6,3 inci beresolusi 4K untuk mendukung pengalaman Virtual Reality (VR). Selain itu, Galaxy Note 8 juga disebut memiliki dua kamera belakang dengan sensor 12MP dan kamera depan 8MP.

3. LG V30

Jika sebelumnya seri V terbatas untuk pasar Asia dan Amerika Serikat, maka kemungkinan pemasarannya juga akan mencakup wilayah Eropa untuk tahun ini. Prediksi tersebut muncul setelah LG dilaporkan bakal mengumumkan V30 dalam acara IFA 2017 di Jerman pada bulan depan.

V30 diharapkan bisa membantu LG untuk menutup celah dengan sejumlah smartphone andalan yang meluncur setelah G6. Karena itu, V30 dibekali dengan spesifikasi kuat supaya bisa bersaing dengan produk-produk andalan lain.

Spesifikasi LG V30 dilaporkan memiliki layar OLED 6 inci dengan rasio aspek 18:9, prosesor Snapdragon 835, serta baterai 3.000 mAh. Smartphone ini akan kompatibel dengan platform VR milik Google, Daydream.

4. Nokia 8

HMD Global dilaporkan sudah mengirimkan undangan acara peluncuran Nokia 8 kepada media. Acaranya akan digelar di London, Inggris, pada 16 Agustus 2017.

Sejauh ini, belum ada konfirmasi mengenai spesifikasinya. Namun menurut sejumlah laporan, Nokia 8 akan memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel, prosesor Snapdragon 835, RAM 4GB, serta dua kamera belakang.

5. Huawei Mate 10

Huawei sudah membuat pernyataan resmi bahwa Mate 10 bakal menjadi perangkat yang hebat. Bahkan, Huawei menyebutnya sebagai perangkat paling kuat yang pernah dibuatnya. Untuk mengumumkan Mate 10, Huawei diyakini memilih lokasi di Munich, Jerman, pada 16 Oktober 2017 mendatang.

Richard Yu , CEO Huawei Technologies Consumer Business Group, pernah mengatakan bahwa Mate 10 akan hadir dengan layar full screen. Selain itu, berdasarkan informasi yang beredar, smartphone ini disebut juga akan memiliki kamera ganda, teknologi 3D sensing, pemindai iris mata, dukungan teknologi Augmented Reality (AR), dan chipset Kirin 970.