Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Solusi Atasi Start Menu Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

[Foto: slobodna-bosna.ba]
Saat menyalakan PC Windows 10 Anda, satu hal yang mungkin langsung jadi perhatian Anda adalah Start Menu pada sistem operasi ini. Hal ini dikarenakan hampir semua aktivitas Anda dimulai dari sini. Sayangnya, masih ada kasus di mana pengguna sama sekali tidak bisa membuka Start Menu pada PC Windows 10. Pada kebanyakan kasus, Start Menu tidak terbuka ketika pengguna memencet tombol Start atau menekan tombol yang berupa logo Windows. Jika Start menu tidak bisa dibuka saja setelah beberapa kali dicoba, cobalah metode-metode di bawah ini.

Metode 1

Reboot PC Anda atau restart Windows Explorer untuk memperbaiki menu Start

Apakah ini merupakan yang pertama kalinya Anda mengalami masalah ini? Jika ya, silahkan coba restart PC Anda sebelum mencoba metode lainnya. Terkadang, me-restart PC atau Explorer.exe (Windows Explorer) dapat menyelesaikan masalah ini. Berikut ini cara untuk me-restart Windows Explorer:

Langkah 1: Gunakan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.

Langkah 2: Klik More Details untuk melihat versi lengkap Task Manager.

Langkah 3: Di bawah tab Processes, cari entri Windows Explorer, klik kanan pada entri tersebut, kemudian klik opsi Restart.

Metode 2

Jalankan troubleshooter Start Menu


Microsoft sebenarnya telah memberikan troubleshooter untuk Start Menu Windows 10 yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki sebagian besar masalah yang umum terjadi pada menu Start. Untuk mendapatkan peranti lunak ini, silahkan kunjungi halaman ini.

Metode 3

Menggunakan command PowerShell untuk memperbaiki Start Menu

Langkah 1: Jalankan PowerShell sebagai administrator. Berhubung Start menu nya tidak berfungsi, buka drive Windows 10 Anda, kemudian masuklah ke direktori berikut ini:

Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0

Langkah 2: Temukan file powershell.exe, klik kanan pada file tersebut kemudian klik opsi Run as administrator. Klik Yes jika muncul kotak dialog User Account Control.

Langkah 3: Pada layar PowerShell, copy dan paste lah command di bawah ini, kemudian tekan Enter.

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}

Proses ini akan sedikit memakan waktu.

Langkah 4: Setelah selesai, klik pada tombol Start atau tekan tombol logo Windows untuk membuka Start Menu.

Metode 4

Buat akun pengguna baru

Jika metode-metode di atas tidak dapat mengatasi masalah Anda, cobalah untuk membuat akun pengguna baru lalu menggunakan akun pengguna baru itu untuk login, bukan akun yang sekarag Anda gunakan. Pada beberapa kasus, Start Menu akan berfungsi seperti biasanya pada akun pengguna baru. Jika berhasil, Anda kemudian bisa memilih untuk menghapus akun pengguna yang lama atau menyimpannya.

Metode 5

Mereset dan Menginstall Ulang Windows 10 

Masih belum bisa saja? Maka metode terakhir yang bisa Anda coba adalah mereset Windows 10, namun tetap menyimpan data Anda. Anda bisa memilih antara menghapus semua data atau mereset sistem operasi tanpa menghapus data pribadi Anda.