Opinion

5 Startup dengan Ide Unik yang Anda Harus Tahu

[Ilustrasi: goaugment.io]
[Ilustrasi: goaugment.io]
Beberapa startup yang berhasil meraih pasar adalah startup yang berbasis problem solving. Ia menangkap sebuah permasalahan yang dialami banyak orang. Lalu melalui inovasinya, ia menawarkan solusi berbasis teknologi. Tak heran jika kemudian banyak orang yang memakainya, sebab mereka merasa terbantu dalam memecahkan permasalahan. Sebut saja Go-Jek yang didesain untuk membantu warga di kota mengatasi permasalahan macet dan sulitnya transportasi yang cepat dan dapat dipercaya. Contoh lain adalah BukaLapak yang pada awalnya merupakan situs jual beli untuk komunitas sepeda yang memang membutuhkan sebuah wadah untuk berbagi informasi dan produk perihal spare part sepeda yang jarang dijual di pasaran.

Meski demikian, beberapa startup justru berhasil karena idenya yang unik. Startup jenis ini biasanya hadir tidak untuk menjawab permasalahan yang dirasakan secara nyata oleh banyak orang. Ia lebih sebatas “penawaran” halus kepada publik. Tetapi, karena idenya yang cukup unik, ia kemudian menggelitik banyak orang untuk paling tidak mencoba, hingga akhirnya menjadi pengguna setia.

Beberapa startup di dunia hadir dengan ide-ide yang cukup unik dan jarang terpikirkan. Keberadaan mereka bisa jadi yang pertama dan satu-satunya. Dan berikut ini adalah beberapa daftar di antaranya.

1. Jibo

Jibo merupakan satu terobosan unik yang diciptakan oleh seorang profesor dari MIT, Cynthia Breazeal. Jibo merupakan sebuah robot yang mampu berinteraksi secara sosial dengan manusia. Ide ini diilhami dari fenomena akhir-akhir ini dimana manusia pada akhirnya lebih banyak berinteraksi dengan “robot” ketimbangan manusia lainnya. Itulah sebabnya Jibo hadir. Agar interaksi yang tercipta di antara robot dan manusia mirip dengan aslinya dengan kemampuan sosial yang dimiliki oleh si robot.

2. Nebia

Secara umum, produk Nebia sebenarnya tak beda jauh dengan berbagai benda lain yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, yakni berupa shower. Namun, istimewanya Nebia mengklaim dirinya sebagai shower yang ramah lingkungan. Kekuatan terbesarnya yakni pada penghematan air yang dikeluarkan pada saat mandi. Meski demikian, sensasi yang dirasakan oleh si pemakai tetap seperti mandi dengan shower pada umumnya. Nebia mungkin bisa jadi salah satu solusi bagi berbagai daerah di dunia yang memiliki masalah dengan air bersih.

3. Click & Grow

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk memiliki tanaman, namun terlalu sibuk untuk merawatnya, kali ini ada sebuah startup yang datang dengan ide yang cukup brilian. Yakni, ia dapat dengan otomatis menumbuhkan tanaman tanpa perlu perawatan. Alat ini berupa seperangkat benda yang terdiri atas kapsul biji tanaman, pupuk, dan tanah tertentu. Pengguna cukup memberikan sedikit air pada kali pertama alat ini digunakan lalu mengubungkannya ke saluran listrik. Click & Grow akan dengan otomatis menumbuhkan tanaman dalam waktu 20 hari. Selain iu, alat ini juga cukup kecil sehingga tidak terlalu memakan tempat. Sebuah inovasi yang cocok untuk kamu yang suka berkebun namun terkendala tempat dan waktu.

4. Liquidity

Lagi-lagi permasalahan soal air bersih mengilhami sekelompok orang untuk menciptakan startup. Kali ini Liquidity memproduksi sebuah alat yang mampu menyaring air menjadi air siap minum. Uniknya, proses penyaringan air ini tidak memerlukan listrik ataupun bubuk kimia khusus, melainkan menggunakan sebuah spons yang telah didesain mampu menghilangkan bakteri dan mensterilkan air sehingga layak untuk dikonsumsi.

5. Gandeng Tangan

Kali ini ide unik datang dari startup di tanah air. Sesuai namanya, Gandeng Tangan memang sebuah platform yang digunakan untuk saling membantu dan tolong menolong. Lebih tepatnya, platform ini merupakan wadah kolaborasi antara pemilik usaha yang membutuhkan modal dengan publik yang dengan tulus ingin membantu dengan memberikan pinjaman. Dengan mengusung misi sosial yang tidak hanya mencari keuntungam bisnis, tetapi juga membantu permasalahan, startup ini layak untuk diacungi jempol.

Selain kelima startup itu, sebenarnya masih banyak startup lain di luar sana yang datang dengan ide-ide unik dan tidak biasa. Agar tidak kalah, mungkin ini adalah waktu yang paling tepat untuk kamu mulai membangun startup dari ide-ide yang cukup liar di kepalamu. So, tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID