Tips & Guide

5 Tempat Belajar Untuk Berkarir di Dunia Digital

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Merencanakan karir rasanya tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan pelatihan skill yang sesuai. Terlebih jika kamu memutuskan berkarir di startup, yang mana bukan ijazah satu-satunya pertimbangan, melainkan skill! Banyak yang salah kaprah mengartikan bahwa dengan bekerja di startup, kita tidak perlu susah-susah sekolah atau kuliah tinggi-tinggi. Padahal aslinya sih nggak gitu.

Jika ingin berkarir di startup, entah sebagai founder ataupun officer, mungkin ijazah bukan satu-satunya yang harus kamu kejar. Tetapi bukan berarti belajar itu nggak perlu. Di sinilah justru tantangan terberatmu. Sebab, jika pada beberapa pekerjaan kamu bisa berlindung aman di balik deretan nilai-nilai di transkrip dan IPK, di startup tanggung jawabmu bisa berlipat.

Seperti kita tahu, iklim bekerja di startup sangat dinamis. Banyak hal yang berubah dengan cepat dan itu menuntut kamu untuk pandai-pandai beradaptasi. Jika saat ini kamu sudah mahir dengan satu bahasa pemrograman, bisa jadi besok skill itu udah nggak berguna, atau minimal udah ketinggalan zaman. Oleh karena itu belajar menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan agar skillmu selalu upgrade.

Sebagai generasi milenial, kita harus merasa beruntung. Sebab di masa ini ketika kecanggihan teknologi melampaui banyak hal, hidup kita pun dibuat lebih mudah. Salah satunya dalam belajar. Dengan memanfaatkan e-learning, kini kita bisa dengan mudah bertatap muka dengan pengajar-pengajar yang ada di belahan dunia sana. Otomatis, skill yang kita dapatkan tidak terbatas hanya di situ-situ aja.

Nah, khusus untuk kamu yang ingin upgrading skill demi mempersiapkan karir di bidang teknologi, berikut ini ada beberapa opsi online course yang bisa kamu ikuti!

1. The Digital Garage from Google

Jika kita mendengar kata Google, satu hal yang terlintas di pikiran kita pastinya adalah sesuatu yang keren. Orang-orang yang cerdas berkumpul jadi satu mengembangkan teknologi yang dipakai hampir semua orang di dunia. Dari yang produknya software hingga self-driving car.

Siapapun yang ingin berkarir di bidang teknologi, pasti selalu melihat Google sebagai acuannya. Oleh karena itu, siapapun orangnya pasti ingin belajar teknologi-teknologi yang dipakai Google untuk mengembangkan perusahaannya. The Digital Garage from Google merupakan sebuah platform untuk belajar online yang disediakan oleh Google. Jika kamu ingin upgrading skill terutama di bidang digital strategist, tempat kursus ini wajib untuk kamu ikuti!

Selain diberikan materi-materi seputar dunia digital, The Digital Garage from Google juga menyediakan sertifikasi untuk kamu yang ingin profesional di bidang digital strategist!

2. Facebook Blueprint

Tak berbeda jauh dengan Google, Facebook juga merupakan salah satu perusahaan teknologi yang selalu menjadi kiblat orang-orang yang berkarir di bidang IT. Terlebih kini Facebook semakin matang dengan jaringan bisnisnya dengan mengembangkan banyak sekali layanan, salah satunya adalah iklan melalui Facebook Ads.

Jika kamu ingin menjadi profesional di bidang social media marketing, kursus Facebook Blueprint sepertinya cocok untuk kamu ikuti. Dengan belajar di Facebook Blueprint, kita akan diberikan wawasan mengenai Facebook untuk bisnis, dari mulai membuat iklan yang efektif hingga cara mengelola yang efisien. Tak lupa, di akhir kursus akan ada sertifikasi yang akan membuat kamu terlihat semakin profesional di bidang ini!

3. Academy for Ads

Masih dari dunia advertising. Hampir sama seperti Facebook Blueprint, bedanya kursus Academy for Ads ini disediakan oleh Google. Dengan variasi materi yang kaya, dari mulai text, video, hingga latihan-latihan soal, akan membuatmu expert di bidang digital advertising. Melalui online course ini kamu juga akan langsung bisa terkoneksi dengan Google Partner dan mengambil sertifikasi untuk menjadi profesional di bidang AdWords.

4. Treehouse

Jika kamu ingin mengembangkan skill coding, Treehouse akan menjadi tempat yang tepat untuk kamu belajar. Ada berbagai macam pilihan kursus yang bisa kamu ambil. Dari mulai iOS development, Android, HTML, hingga web design. Kamu tak hanya diberikan materi untuk belajar, tetapi juga challenge yang akan menguji sejauh mana kemampuanmu di bidang tertentu. Di akhir kursus kamu akan diberikan badge yang bisa kamu jadikan portfolio dan membuat profilmu stand out!

5. Lynda.com

Online course ini merupakan layanan dari LinkedIn yang menyediakan banyak sekali pilihan subjek yang bisa kamu pelajari. Tak hanya design dan app development, di Lynda.com kamu bahkan bisa belajar akuntansi hingga fotografi. Melalui online tutorial video, kamu akan diberikan materi-materi yang mengayakan seputar bidang yang kamu tekuni. Di akhir program ada pula ujian bersertifikasi yang akan membuat kamu profesional di bidang yang kamu tekuni.

Nah, jika sudah mengetahui berbagai pilihan tempat belajar di atas, kini tidak ada lagi alasan untuk nggak punya skill. Karena dengan teknologi, kita belajar apapun, di manapun dan kapanpun!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID