Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Tips Agar Profil LinkedIn Tetap Stand Out

[Ilustrasi: pixabay.com]
Di era digital ini, banyak hal yang berubah dalam kehidupan setiap orang. Salah satunya dalam hal mencari pekerjaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran teknologi memang semakin memudahkan kehidupan manusia. Dalam hal rekrutmen misalnya, kini prosesnya tak perlu serepot mengadakan job fair yang notabene membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Di tengah trend startup yang semakin menanjak, kini orang-orang banyak memilih untuk melakukan rekrutmen secara tertutup. Para recruiter bergerilya di komunitas-komunitas untuk mencari orang-orang yang sesuai dengan kriterianya. Sementara, calon kandidat juga memutuskan untuk memoles dan menaikkan nilai jualnya dengan ramai-ramai membuat personal branding di platform-platform untuk pencari kerja. Salah satu platform untuk pencari kerja dan recruiter paling populer di seluruh dunia adalah LinkedIn.

Bukan hal yang aneh jika saat ini LinkedIn menjadi salah satu indikator profesionalitas seseorang. Ingin mengetahui rekam jejak orang, kita bisa mencari profilnya di LinkedIn. Sebaliknya, ketika ingin memasuki suatu pekerjaan tertentu, kita bisa mencari tahu background perusahaan tersebut juga via LinkedIn.

Selain menawarkan berbagai kemudahan untuk mencari talent dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill, LinkedIn juga menyediakan berbagai pelatihan yang bertujuan untuk mengupgrade skill. Oleh karena itu, tak heran LinkedIn menjadi salah satu media sosial profesional paling populer di dunia. Di tengah banyaknya pengguna LinkedIn, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa Anda lakukan agar profil Anda tetap stand out.


1. Lengkapi profilmu dengan lengkap dan profesional

Sebagai media sosial, LinkedIn sebenarnya tak berbeda dengan media sosial lain. Prinsipnya Anda adalah berjejaring dengan orang-orang sesama pengguna LinkedIn. Namun, yang menjadi catatan LinkedIn bukanlah Facebook. So, keep it professional!

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melengkapi profil Anda sesuai dengan formulir yang telah disediakan oleh LinkedIn. Anda bisa menuliskan berbagai pengalaman organisasi hingga kursus yang pernah Anda ikuti. Jangan lupa sesuaikan juga dengan image yang ingin Anda bangun. Prinsip menulis profil di LinkedIn sama halnya dengan menulis CV. Anda hanya perlu menuliskan hal-hal yang relavan dan berkaitan dengan karir profesional yang ingin Anda jalani.

2. Tambahkan jaringan yang Anda kenal

Menambah jaringan di LinkedIn Anda akan membuka peluang Anda untuk tampil lebih sering. Sebab pada prinsipnya, Anda hanya perlu lebih sering dilihat orang untuk membuat profil Anda tetap stand out di tengah banyak pengguna LinkedIn yang aktif.

3. Endorse skill untuk teman-teman Anda

Memberikan endorse skill ke teman-teman di jaringan LinkedIn Anda memberikan dua manfaat. Pertama, ketika Anda memberikan endorse skill, sebuah notifikasi akan muncul di akun teman yang Anda endorse. Hal itu tentu saja menambah visibilitas akun Anda. Kedua, besar kemungkinan teman Anda akan melakukan hal yang sama, yakni mengendendorse skill untuk Anda jika memang menurutnya Anda memiliki skill tersebut. Kegiatan ini selain memberikan manfaat untuk teman Anda, juga berguna untuk meningkatkan visibilitas profil Anda sendiri.

4. Meminta rekomendasi dari orang-orang berpengaruh

Jika Anda pernah bekerja bersama dengan orang-orang tertentu, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meminta rekomendasi. Anda bisa meminta manager atau rekan bisnis Anda untuk memberikan rekomendasi terkait performa kerja yang telah Anda lakukan selama ini. Hal tersebut secara manfaat hampir mirip dengan endorse skill karena akan sama-sama memberikan keuntungan dari dua belah pihak.

5. Tetap aktif sehari-hari

Pada dasarnya profil Anda juga akan dinilai berdasarkan keaktivan Anda di LinkedIn. Jika Anda memiliki kemampuan menulis, ada baiknya Anda mulai membuat post-post berisi tulisan Anda. Selain itu, jangan segan untuk melakukan aktivitas lain seperti memberikan komentar, like, atau membagikan link-link yang bermanfaat untuk jaringan Anda.