Tips & Guide

5 Tips SEO untuk Meningkatkan Performa Website

[Ilustrasi: sunshinecoastseo.com]
[Ilustrasi: sunshinecoastseo.com]
Search engine marketing menjadi salah satu metode marketing paling populer akhir-akhir ini. Hal itu dikarenakan perilaku masyarakat saat ini cenderung mencari sesuatu yang ia inginkan, termasuk dalam mencari produk. Memunculkan penawaran pada halaman pencarian memungkinkan kita untuk meraih lebih banyak customer. Search engine marketing menjadi salah satu metode paling diandalkan karena mengarahkan langsung produk kepada customer yang benar-benar mencari produk tersebut dengan query tertentu.

Tak heran, penggunaan AdWords dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan meningkatnya customer online yang memusatkan kegiatan perbelanjaannya di internet. Banyak bisnis yang beralih ke iklan digital, khususnya pada model search advertising karena model ini menawarkan banyak keuntungan yang tidak didapatkan oleh iklan tradisional. Di antaranya adalah keunggulan dalam data serta ROI yang mudah terukur apabila kita menggunakan anggaran untuk iklan menggunakan channel digital khususnya AdWords.

Akan tetapi, selain penggunaan AdWords, tak sedikit bisnis saat ini yang menggunakan search engine optimization (SEO). SEO merupakan proses untuk mengoptimisasi sebuah website agar muncul dalam pencarian search engine, khususnya pada halaman pertama. SEO memungkinkan sebuah website muncul pada kolom pencarian tanpa biaya alias organic search. Dengan demikian, kita dapat menghemat anggaran untuk iklan.

Berbagai cara dapat digunakan sebagai proses dari SEO. Setidaknya beberapa cara di bawah ini bisa dengan mudah diterapkan untuk meningkatkan performa sebuah website dalam mesin pencarian.

1. Pilih URL yang Sesuai dan Mengandung Kata Kunci

Sebelum sebuah post dalam website ditampilkan, pastikan URL yang kita pilih sesuai dengan konten yang terdapat di dalamnya. Sertakan paling tidak satu kata kunci yang relevan di dalam URL tersebut. Dalam menentukan URL ini, pemilihan nama domain juga penting untuk diperhatikan. Apabila bisnis kamu memang menyediakan mengenai fashion, tak ada salahnya memilih nama domain yang berhubungan dengan fashion. Hal ini dapat membantu Google untuk lebih mudah mengenali jenis bisnis apa yang sedang kamu jalankan.

2. Buat Judul dan Deskripsi untuk Masing-masing Halaman dalam Website

Selain URL, Google juga mendeteksi sebuah keyword dari judul dan deskripsi untuk masing-masing halaman yang ada dalam sebuah website. Ketika kita menuliskan sebuah judul yang unik untuk sebuah halaman di website yang kita kelola, Google akan lebih mudah mengenali halaman tersebut. Pastikan pula judul dan deskripsi yang kamu tulis relevan dengan jenis bisnis yang kamu tawarkan. Agar optimisasi mesin pencari berjalan lebih optimal, kamu bisa memilih judul dengan panjang kurang dari 70 karakter dan deskripsi maksimal 160 karakter. Tujuannya adalah agar semua judul di halaman tersebut muncul secara lengkap pada mesin pencari. Tak lupa, sertakan pula frase yang mengandung kata kunci sehingga Google lebih mudah mendeteksi.

3. Sertakan Internal Link ke Dalam Halaman Website

Internal link adalah link yang disertakan ke dalam konten tulisan yang berfungsi untuk membantu pembaca mencari informasi yang benar-benar mereka butuhkan. Sebagai contoh, kamu menulis sebuah konten yang mengulas mengenai jacket bomber yang sedang kekinian akhir-akhir ini. Lalu di tengah atau akhir konten tersebut, kamu menyertakan link yang mengarahkan pembaca pada online store yang menjual jacket bomber seperti yang kamu ulas. Pastikan link yang kamu sertakan mengarah pada halaman-halaman yang relevan dengan apa yang dicari user. Sebab, jika tidak, Google justru akan meranking jelek websitemu karena dianggap tidak sesuai dengan apa yang diinginkan user.

4. Sertakan Teks ke Dalam Gambar di Halaman Website

Jika konten dalam halaman website mengandung banyak gambar, usahakan untuk tetap menyertakan teks. Kamu bisa menaruhnya sebagai deskripsi ataupun caption untuk masing-masing. Biar bagaimanapun Google akan lebih mudah mengenali sebuah konten berdasarkan teks ketimbang gambar.

5. Sertakan Media Sosial ke Dalam Website

Menyertakan link button media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ atau bahkan LinkedIn akan meningkatkan impression pada setiap post yang kamu buat. Hal itu tentu saja memberi peluang untuk penyebaran konten menjadi lebih masif. Google akan mendeteksi setiap share yang ada pada website dan secara otomatis hal ini juga akan meningkatkan SEO pada website yang kamu kelola.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID