Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Trik Mudah Atasi Kinerja Android yang Lambat

[Foto: lifewire.com]
Setiap pengguna ponsel Android tentu ingin perangkatnya berjalan mulus tanpa hambatan. Mulai dari berselancar di internet, bermain media sosial, chatting, mengecek email, berfoto, merekam video, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Namun siapa sangka, kemampuan Android yang begitu banyak tersebut juga bisa membuatnya lambat.

Misal, lambatnya kinerja ponsel saat berpindah antar layar atau ketika membuka sebuah aplikasi. Hal ini tentu mengganggu dan banyak dikeluhkan oleh pengguna.

Nah jika Anda pernah mengalaminya, berikut ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel Android Anda kembali berjalan dengan lancar. Melansir dari laman Android Central, berikut adalah lima triknya.

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Anda sering mengunduh banyak aplikasi di perangkat Android, padahal aplikasi itu hanya digunakan sesekali? Rupanya, data aplikasi itu masih tersimpan di app drawer dan membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Alasannya adalah karena aplikasi tersebut menggunakan sumber CPU dan berjalan di background ponsel.

Selain itu, aplikasi tersebut juga mengambil ruang memori. Alhasil, ponsel jadi lambat. Cara terbaik mengatasi hal ini adalah menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Namun jika Anda membutuhkan aplikasi tersebut, Anda bisa mengunduh kembali melalui Google Play. Dengan cara simpel ini, kinerja ponsel Android Anda pasti semakin lancar.

2. Bersihkan ruang penyimpanan internal

Jika Anda tidak pernah membersihkan ponsel, akibatnya adalah ruang penyimpanan internal jadi makin sempit karena begitu banyak data yang menumpuk di dalamnya. Misalnya Anda mengunduh sebuah file film, file ini akan otomatis disimpan pada folder Download yang ada di ruang penyimpanan internal.


Kalau Anda tidak memindahkan atau menghapusnya setelah menonton, tentunya ruang penyimpanan di ponsel makin berkurang, lalu kinerja Android pun jadi lambat. Cara terbaik adalah dengan membersihkan (menghapus) file atau data yang tidak lagi dibutuhkan.

Anda juga bisa memindahkan file tersebut ke ruang penyimpanan eksternal (memory card/ microSD card) sehingga ruang penyimpanan lebih lega. Usahakan juga untuk menghapus file residu dari aplikasi yang sudah Anda hapus sebelumnya.

3. Bersihkan data cache

Saat kapasitas data cache sudah terlalu banyak tersimpan pada ruang penyimpanan internal, kinerja Android jadi lamban. Karenanya, beberapa aplikasi ada yang didukung oleh fitur pembersih data cache. Namun jika tidak, Anda tetap bisa membersihkan data cache dari aplikasi. Caranya, masuk ke Setting pada Android, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

Misalnya Anda ingin membersihkan cache pada aplikasi Instagram, pada Application Manager pilih aplikasi Instagram, kemudian klik clear cache untuk menghapus data yang tidak terpakai.

4. Pastikan SD card berfungsi dengan baik

Rupanya, kinerja lambat Android juga bisa jadi dipengaruhi oleh SD card yang tidak bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda perlu mengeceknya atau mungkin mem-format-nya untuk memastikan SD card berfungsi dengan benar.

5. Lakukan factory reset

Jika keempat langkah di atas tidak berhasil membuat perangkat Android kembali normal, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan factory reset. Perlu dicatat, saat memutuskan untuk melakukan factory reset, seluruh data di Android Anda bakal hilang.

Ponsel pun akan kembali ke pengaturan awal, seperti saat Anda baru membelinya. Meski begitu, pembaruan firmware tidak terpengaruh dengan factory reset.

Sebelum memutuskan factory reset, jangan lupa untuk mem-back up seluruh data penting di dalam smartphone ke tempat lain. Cara melakukan factory reset cukup mudah. Anda hanya perlu membuka Setting ponsel, lalu pilih menu Backup & Reset dan temukan menu Factory Data Reset.

Semoga tips di atas bisa membantu kinerja ponsel Android Anda menjadi normal kembali. Selamat mencoba!