Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

5 Trik Mudah Memaksimalkan Penggunaan Chrome pada Smartphone Android

[Foto: chromeunboxed.com]
Bagi Anda pengguna smartphone Android tentu sudah tak asing lagi dengan Chrome. Peramban bawaan dari sistem operasi robot hijau tersebut kini telah menjadi salah satu aplikasi wajib yang tersedia di perangkat berbasis Android.

Selain memiliki kinerja yang unggul, Chrome juga digemari karena banyak pengaturan yang bisa dilakukan pengguna secara manual. Sehingga, mereka bisa dengan mudah meningkatkan kinerja standar dari peramban ini.

Meskipun Chrome sudah diketahui hampir seluruh pengguna Android, tapi tidak semuanya mengetahui cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan peramban ini. Dengan sedikit ‘usaha’ utak-atik, Chrome ternyata bisa memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Lantas, seperti apa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google Chrome?

Mengutip dari laman Android Pit, berikut adalah lima cara untuk menggunakan Chrome lebih maksimal di perangkat Android.

Manfaatkan Brotli agar situs bisa dimuat lebih cepat

Brotli adalah sebuah program yang diperkenalkan pada 2015 silam. Program ini berguna untuk mengompres data dari sebuah situs agar dapat dimuat lebih cepat. Brotli bisa digunakan di MacOS, Windows, Linux, termasuk Chrome OS.

Namun untuk memastikan fitur ini aktif, Anda memang perlu melakukan sedikit pengaturan. Sebagai langkah awal, ketik chrome: // flags / # enable-brotli di laman pencarian Chrome. Setelah terbuka, lihatlah konten paling atas yang bertuliskan ‘Brodi Content-Encoding’ dan pilih Default untuk mengaktifkannya.


Manfaatkan shortcut situs untuk diletakkan di halaman depan

Anda sering mengunjungi sebuah situs hingga berkali-kali? Tidak ada salahnya jika memanfaatkan fungsi jalan pintas (shortcut) di Chrome. Jadi, Anda bisa mengakses sebuah situs langsung dari halaman depan menu Android.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup melakukan tiga langkah. Pertama, buka situs yang diinginkan di Chrome, buka Menu yang ada di bagian kanan atas, dan pilih opsi ‘Add to Home Screen’ untuk membuat jalan pintas ke situs tersebut.

Sinkronisasi di perangkat berbeda

Sebenarnya, fitur ini bukanlah hal baru. Namun, memang jarang diketahui oleh pengguna Android. Fitur ini padahal akan sangat membantu pengguna—terutama yang memiliki lebih dari satu perangkat—untuk mengakses situs dari beberapa perangkat sekaligus.

Untuk melakukannya, Anda cukup masuk ke menu pengaturan Chrome dan aktifkan Sync. Lakukan cara serupa di perangkat lain, seperti komputer atau smartphone. Namun sebelum itu, pastikan untuk menggunakan akun yang sama supaya riwayat penelusuran dan situs yang disimpan bisa diakses antar perangkat.

Hemat pemakaian data di Chrome

Khawatir dengan konsumsi data ketika membuka sebuah situs? Sebenarnya, Chrome memiliki solusi langsung tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga.

Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan Data Saver. Fitur ini berfungsi untuk mengompres situs yang dibuka, sehingga data yang dikonsumsi tidak begitu besar. Anda bisa melakukannya dengan membuka Chrome, pilih Menu, lalu Settings. Carilah Data Saver dan aktifkan fitur tersebut.

Aktifkan notifikasi Facebook di Chrome

Jika Anda merupakan pengguna Facebook yang sering memanfaatkan Chrome untuk membuka media sosial ini, cara berikut ini akan sangat membantu. Anda tidak akan terlewat notifikasi yang masuk dalam akun Facebook.

Anda bisa mengaktifkannya ketika pertama kali membuka Facebook di Chrome dengan mengizinkan untuk memberikan notifikasi. Untuk mengubahnya, Anda bisa masuk ke Profile Settings Facebook, lalu pilih Notifications. Buka ikon gerigi, dan pilih Mobile untuk melakukan pengaturan.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan peramban Chrome di smartphone Android. Selamat mencoba!