Tips & Guide

6 Aplikasi Ini Bantu Penulis Hasilkan Tulisan Berkualitas

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Menjadi penulis merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di era digital ini. Di masa dimana para pebisnis dan pelaku digital berpendapat bahwa “konten adalah raja,” kebutuhan akan penulis yang berkualitas kini semakin besar.

Menjadi penulis memang tidak semudah kedengarannya. Bahkan penulis profesional pun sering mengalami “writer block” ketika inspirasi sedang mandek. Kalau sudah begitu, biasanya memilih kata-kata yang tepat susahnya setengah mati, padahal deadline sudah di depan mata. Belum lagi kalau penulis kesulitan menemukan gambar atau sumber yang tepat.

Nah, kalau Anda adalah penulis atau berminat menjadi penulis, ada banyak cara untuk membuat konten Anda menarik, kuat dan berkualitas, salah satunya adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada dan bisa diunduh secara gratis.

Unsplash.

Konten yang berkualitas akan terasa lebih menarik dengan adanya gambar-gambar pendukung. Gambar yang menyertai konten juga harus berkualitas, sehingga mampu “berbicara” untuk mendukung dan memperkuat informasi yang Anda tulis. Untuk mendapatkan gambar secara gratis, Anda bisa mendapatkannya di aplikasi Unsplash. Ketika berlangganan Unsplash, Anda akan mendapat 10 gambar gratis yang dikirim ke e-mail Anda tanpa membayar sepeser pun. Selain itu, database Unsplash juga memiliki ratusan gambar gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Grammarly.

Untuk penulis Bahasa Inggris, Grammarly akan sangat berguna untuk memperbaiki typo, mendeteksi ketepatan penggunaan kata, bahkan memperbaiki struktur bahasa secara sederhana. Anda bisa meng-install-nya di browser dan Microsoft Office, dan Grammarly akan bekerja otomatis untuk merapikan dan mengoreksi tulisan berbahasa Inggris pada Microsoft Office, e-mail, maupun media sosial Anda. Aplikasi ini sangat berguna, bahkan buat Anda yang bukan penulis. Jika Anda memilih akun Grammarly berbayar, aplikasi tersebut bahkan bisa membantu Anda mengarahkan kepada gaya penulisan tertentu.

CatchNote.

Hal terpenting buat para penulis adalah ide atau inspirasi mengenai topik yang akan ditulis. Sayangnya, ide seringkali datang tanpa terduga, dan kita tak selalu siap dengan pulpen dan buku catatan untuk menulisnya. Jika ide dibiarkan tanpa dicatat, hampir bisa dipastikan ide tersebut akan menguap begitu saja. Sayang ‘kan? Nah, untuk menggantikan pulpen dan buku catatan, ada aplikasi praktis yang bisa Anda install di ponsel Android, CatchNote. Dengan aplikasi ini, ide-ide berharga Anda tak akan ada yang tersia-sia lagi.

Pomodroido.

Jika Anda penulis, tentu Anda sudah sangat terbiasa dengan yang namanya deadline. Kalau Anda sering kewalahan dengan deadline, mungkin aplikasi Pomodroido bisa membantu Anda. Pada dasarnya, aplikasi ini ada untuk membantu penulis mengelola waktu mereka. Aplikasi time management ini akan mengatur waktu yang Anda butuhkan untuk menulis, berapa lama waktu istirahat yang Anda perlukan, frekuensi istirahat ketika sedang menulis, yang semuanya bisa disesuaikan dengan deadline Anda. Aplikasi ini juga bakal sangat berguna buat penulis lepas yang mengerjakan banyak proyek dalam satu waktu.

Relax Melodies.

Pada dasarnya aplikasi ini diciptakan untuk membantu pengguna Android rileks, memudahkan tidur, atau melakukan yoga dan meditasi. Namun penulis bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan fokus, karena Relax Melodies memiliki banyak pilihan suara yang bisa didengarkan untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

Google Drive.

Buat Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, menyimpan tulisan atau ide-ide di Google Drive bisa jadi solusi cemerlang. Anda tinggal menulis dan menyimpannya saja, dan Anda bisa membuka dan mengedit tulisan di Google Drive kapan saja dan dimana saja, tanpa perlu membawa laptop kemana-mana. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang sama supaya dokumen bisa dibuka di berbagai perangkat.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID