Tips & Guide

6 Aplikasi Musik Keren untuk Menemani Keseharian Anda

[Foto: Pexels]
[Foto: Pexels]
Sejauh ini, ada banyak sekali penelitian terkait musik yang telah dilakukan, dan sebagian besar menunjukkan betapa besarnya manfaat musik bagi kesehatan, baik mental ataupun fisik.

Sebuah riset menemukan bahwa anak kecil yang belajar musik atau alat musik cenderung menunjukkan prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Hal tersebut menunjukkan manfaat musik untuk IQ seseorang, dan efek positif musik terhadap kemampuan mengingat. Studi lain menemukan bahwa musik membantu ketahanan tubuh Anda saat berolahraga, dan mempercepat pemulihan fisik setelah olahraga. Selain itu, musik juga bisa menurunkan tingkat stres dan membuat Anda rileks.

Selain semua manfaat di atas, studi lain juga menunjukkan bahwa musik membantu otak merilis dopamine, zat kimia yang membuat Anda merasa nyaman dan  bahagia. Jika Anda merasa sakit, riset juga membuktikan bahwa mendengarkan musik membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Manfaat lainnya, jika Anda menderita sulit tidur, cobalah mendengarkan musik yang berirama pelan 45 menit sebelum tidur dan Anda pun akan lebih mudah tertidur.

Baca Juga:  5 Cara untuk Pulihkan Jika Kinerja MacBook Anda yang Lambat

Sekarang Anda mengetahui banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mendengarkan dan memainkan musik. Jika Anda ingin memasukkan lebih banyak musik ke dalam hidup dan keseharian, ada banyak aplikasi mobile yang akan memudahkan Anda. Apakah Anda pemain musik, atau hanya sekedar penikmat musik, berikut beberapa aplikasi yang bakal berguna.

[Foto: Pixabay.com]
[Foto: Pixabay.com]
Joox. Aplikasi layanan music streaming yang bisa diakses dengan Internet ini memiliki hampir semua genre musik, mulai dari yang populer seperti pop, rock, jazz, RnB, hip hop, hingga yang unik seperti folks dan musik tradisional, country, indie, dan sebagainya, dari dalam dan luar negeri.

Anda bisa menikmati banyak musik dan lagu dari berbagai artis dengan gratis, atau berlangganan sebagai premium member untuk mendapat akses ke musik-musik terbaru dari musisi terpopuler dunia. Joox melengkapi fiturnya dengan lirik, dan musik yang bisa dikategorikan ke dalam album-album yang bisa Anda kompilasikan sendiri. Selain itu, mereka juga telah menyusun berbagai kompilasi musik untuk berbagai suasana dan kesempatan. Joox bisa Anda nikmati baik melalui desktop atau aplikasi di ponsel.

Baca Juga:  Aplikasi Android Terampuh untuk Selamatkan Data Anda yang Terhapus

Musical.ly. Anda pasti sudah tak asing dengan aplikasi mobile yang membuat anak muda asyik menyanyi lip-sync, menari, dan bermain parodi dengan musik. Aplikasi ini disebut mulai menyamai popularitas Twitter dan Instagram, dengan 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Spotify. Sebagai salah satu aplikasi music-streaming terpopuler, Spotify menawarkan software pemutar musik terbaik untuk penggunanya. Dengan menyediakan lebih dari 30 juta lagu, Spotify membuat penggunanya serasa memiliki akses pribadi kepada seluruh musik yang ada di dunia. Dengan menerapkan biaya langganan untuk musik-musik premium, pengembang aplikasi ini memastikan artis-artis dibayar dengan layak untuk musik mereka, dan pengguna mendapatkan yang terbaik dengan berlangganan.

Shazam. Aplikasi yang dibuat untuk para penikmat musik sejati ini membantu Anda mengidentifikasi lagu atau musik apapun yang terdengar, baik di bus, di mall, di kafe, atau di manapun Anda berada. Jadi jika Anda sedang berada di suatu kafe atau pusat perbelanjaan dan mendengar musik enak di latar belakang, Anda bisa mengetahui judul lagu, nama penyanyi, dan albumnya dengan aplikasi ini.

Baca Juga:  Spotify Luncurkan Paket Premium Setengah Harga untuk Pelajar

Music Paradise Pro. Buat Anda yang butuh musik, klip pendek, atau efek suara bebas royalti untuk keperluan acara, promosi, atau apapun, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menemukannya. Bisa dibilang, semua musik yang ada di sini bisa diunduh gratis. Yang lebih keren, Music Paradise Pro memungkinkan Anda mengedit lagu atau musik, dan menggunakannya sebagai ringtone.

RockMyRun. Untuk pecinta olahraga, Anda bisa menemukan musik pengiring latihan di RockMyRun. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak soundtrack untuk mengiringi Anda berolahraga, agar Anda bisa lebih lama dan lebih bersemangat latihan. RockMyRun dilengkapi playlist dengan musik DJ-mixed untuk memotivasi Anda tetap bergerak aktif. Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk mengakses musik dalam berbagai genre, mood dan tempo.