Tips & Guide

6 Fitur Facebook yang Jarang Diketahui Orang

[Foto: pexels.com]
[Foto: pexels.com]
Facebook yang didirikan pada tahun 2004 lalu, berhasil mempertahankan posisi sebagai media sosial paling banyak digunakan. Dalam catatan The Wall Street Journal, jumlah pengguna Facebook di Indonesia sampai dengan bulan Juni 2014 sudah mencapai angka 69 juta anggota. Jumlah tersebut sudah bertambah hingga Maret 2015. Bahkan tahun ini, Facebook mencatat 1,1 miliar pengguna aktif setiap harinya.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari berbagai inovasi yang terus dihadirkan. Berawal dari foto dan teks, kini pengguna Facebook bisa berbagi video, GIF, hingga konten 360 derajat. Tak hanya itu, fitur-fitur lain seperti On This Day dan layanan chatting Messenger pun diperkuat. Saking banyaknya fitur, mungkin beberapa pengguna luput dalam memanfaatkannya.

Mungkin selama ini Anda masih berkutat pada pemanfaatan foto, video, dan teks standar. Dilansir dari businessinsider, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menjajal fitur Facebook yang jarang diketahui orang.

Simpan konten menarik di “Save Link”. Sering melihat artikel atau video menarik tapi tak sempat melihatnya karena sibuk atau ada hal lain yang harus dilakukan? Anda bisa menyimpannya dengan menekan tanda panah bawah pada postingan tersebut, lalu tekan “save link”. Untuk melihat konten-konten yang sebelumnya telah Anda simpan, Anda cukup membuka profil, lalu pilih tab “saved”.

Foto profil dengan format GIF. Bosan dengan foto profil yang statis? Anda bisa mengubahnya menjadi format animasi GIF. Caranya mudah. Pada aplikasi  Facebook mobile, Anda cukup menekan menu “take a new profile video” di halaman untuk mengubah foto profil. Setelah itu, Facebook bakal menampilkan antarmuka kamera di mana Anda bisa menjepret dan mengubah foto menjadi format animasi GIF.

Mematikan pemuatan video otomatis. Bagi Anda yang ingin menghemat kuota data, opsi ini akan sangat berfungsi. Sebab, jika terus-terusan memutar video secara otomatis, tentunya kuota akan lebih cepat habis. Cara mematikan pemutaran video otomatis itu adalah dengan memilih “settings”, lalu pilih opsi “videos and photos”. Di situ, ada beberapa pilihan yang diberikan Facebook, yaitu autoplay dengan data selular dan Wi-Fi, autoplay dengan koneksi Wi-Fi saja, atau benar-benar mematikan opsi autoplay di berbagai koneksi.

Ingin setop bermain Facebook? Anda bisa unduh semua data. Ada kalanya Anda tak ingin lagi eksis di Facebook. Namun, yang memberatkan adalah kenangan foto zaman dulu yang diunggah ke Facebook. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mengunduh semua file tersebut dan menghapus akun dengan lega. Caranya, saat ingin menonaktifkan akun lewat “settings”, dan “general”, pilih opsi “download a copy” di bagian bawah. Dengan begitu, Facebook akan mengunduh semua data Anda dalam waktu yang tergantung dengan besaran dokumen.

Menyaring notifikasi. Kadangkala, notifikasi Facebook yang terlalu banyak bisa mengganggu ketenteraman Anda. Misalnya saja notifikasi iklan, game, atau dari orang-orang yang tak signifikan bagi Anda. Nah, agar notifikasi hanya berisi informasi yang Anda butuhkan, Anda bisa mengaturnya pada “notifications” di “account settings”. Di situ, ada beberapa tipe notifikasi yang bisa Anda pilih untuk diberi tahu dan mana yang tidak diberi tahu.

Prioritaskan Profil dan Page yang Anda inginkan. Jika sudah kebanyakan teman, biasanya ada saja postingan yang luput dari perhatian. Padahal, bisa saja postingan yang diunggah teman atau Page tertentu penting bagi Anda. Untuk itu, prioritaskan profil dan Page tersebut di opsi “settings”. Pilihlah “News Feed Preferences” dan bintangkan beberapa profil dan Page yang ingin diprioritaskan. Selanjutnya, postingan dari mereka akan muncul di bagian atas saat Anda membuka home Facebook.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID