Tips & Guide

6 Gadget Ini Bantu Orangtua Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Anak

[Foto: Retno Wulandari]
[Foto: Kolase]
Di zaman sekarang ini, wajar kalau para orangtua gampang panik mengenai hal-hal menyangkut anak mereka, apalagi ketika anak sedang jauh dari pengawasan. Semakin hari memangmakin banyak saja kasus kejahatan yang memakan korban anak-anak, seperti penculikan anak yang marak di pusat perbelanjaan, misalnya. Kerentanan seperti ini kerap membuat para orangtua pusing mencari cara untuk melindungi dan memastikan keamanan anak mereka. Tapi sayangnya, di Indonesia masih belum banyak orangtua yang terpikir untuk menggunakan teknologi untuk memastikan keamanan buah hati mereka.

Di masa dimana gadget bukan lagi barang mewah, sebetulnya ada banyak sekali gadget canggih yang bisa dimanfaatkan untuk memantau dan memastikan keamanan anak. Memanfaatkan gadget bukan berarti memberi Samsung Edge series atau iPhone 7 kepada anak Anda, lho. Yang dimaksud adalah berbagai alat bantu berbasis teknologi yang bisa digunakan orangtua untuk memantau anak mereka.

BipBip Kids Tracker Smartwatch

BipBip Smartwatch hadir dalam warna-warna menarik yang pasti disukai anak. Selain itu, jam pintar ini akan membantu orangtua tetap terhubung dengan anaknya walaupun sedang berjauhan. Jam ini dilengkapi GPS untuk memantau posisi anak. Juga ada fitur sms dan voice chatting supaya orangtua bisa berkomunikasi dengan anak secara mudah.

Jika berada dalam kondisi yang kira-kira berbahaya, anak bisa mengirim sinyal tanda bahaya yang akan diterima orangtua melalui aplikasi BipBip di ponsel Android atau iPhone mereka. Selain itu, ada juga tombol SOS yang ketika ditekan akan memudahkan anak mengirim pesan pada orangtua. Dengan BipBip Smartwatch ini, orangtua pun bisa menentukan zona aman anak, dan merekam pergerakan anak sehari-hari. Smartwatch seperti ini akan sangat berguna khususnya jika Anda mengajak anak ke tempat-tempat ramai, dimana anak sering terpisah dengan orangtua. Cocok untuk anak usia 3 tahun keatas.

Motorola MBP36S Remote Wireless Video Baby Monitor

Buat Anda yang memiliki bayi kecil namun sibuk beraktivitas di sekitar rumah, memiliki baby monitor untuk memantau si buah hati adalah sesuatu yang penting. Dari sekian banyak produk baby monitor di pasaran, Motorola MBP36S menjadi juaranya dan telah menjadi favorit para ibu tahun ini.

Produk ini dilengkapi layar LED berwarna sebesar 3,5 inci untuk memudahkan orangtua memantau bayi, teknologi wireless, kamera yang bisa dikontrol dengan remote, mode malam dengan Infra-merah, dan sensor untuk memonitor suhu ruangan.

Menurut beberapa review, para orangtua menyukai produk Motorola baby monitor ini karena ada lampu yang menyala ketika bayi menangis, dan mikrofon-nya memperdengarkan suara bayi dengan jelas dengan volume yang bisa diatur. Mereka  juga menyukai kemudahan penggunaannya, baterai yang tahan lama, dan kualitas gambar yang tajam dan gambar mode Infra-merah yang cukup jelas.

Mimo Smart Baby Monitor

Ini bukan produk baby monitor yang berupa kamera, namun lebih kepada perangkat kecil yang menempel di pakaian bayi. Perangkat ini memiliki sensor untuk mendeteksi bagaimana bayi Anda bernapas serta posisi tubuhnya, suhu, tingkat aktivitas, dan apakah si buah hati sedang tidur lelap atau tidak, dengan informasi yang bisa diakses dengan aplikasi ponsel pintar.

Alat lucu berbentuk kura-kura (yang dijual sepaket bersama bajunya) ini akan memberi laporan harian mengenai aktivitas tidur anak bayi Anda. Mimo Baby Monitor ini juga akan memberitahu orangtua jika ada perubahan pada tubuh bayi, misalnya saja jika bayi Anda mengalami sesak nafas, suhu tubuhnya tiba-tiba meninggi, atau jika denyut jantungnya tak beraturan.

Summer Infant Pacifier Thermometer

Jika Anda sering mengalami kendala ketika perlu mengukur suhu tubuh bayi dengan termometer, mungkin termometer digital sekaligus empeng ini bisa jadi solusinya. Termometer ini juga bisa mengukur suhu baik dalam Celcius ataupun Fahrenheit, dan dilengkapi protective cover agar tetap bersih selama disimpan atau ketika bepergian.

Baby Shusher

Menimang dan meninabobokan bayi adalah aktivitas terindah ketika baru memiliki anak. Jika bayi menangis, Anda bisa menyanyikan lagu hingga ia tertidur. Namun ketika Anda tidak ada untuk menimang bayi Anda, Baby Shuser ini bisa menjadi solusinya. Perangkat ini akan mengeluarkan white noise yang menyerupai bunyi-bunyian yang didengar bayi selama di rahim sehingga akan membuat bayi tenang dan membantunya (dan Anda) tidur nyenyak.

Itzbeen Pocket Nanny

Alat ini akan sangat berguna khususnya buat para orangtua baru yang super sibuk mengurus si bayi kecil, sehingga kadang lupa makan dan lupa mandi. Alat kecil ini akan membantu mengingatkan untuk mengganti popok, menyusui atau memberi makan, dan aktivitas lainnya terkait mengurus bayi.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID