Tips & Guide

6 Perangkat Canggih untuk Membantu Para Ibu

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Menjadi seorang ibu tentu sebuah anugerah. Pengalaman mengandung, melahirkan, hingga membesarkan anak merupakan sebuah momen yang tidak terlupakan. Oleh karena itu, banyak ibu yang ingin mengetahui dan memastikan bahwa buah hatinya sehat selama masa kandungan hingga lahir ke dunia.

Dengan berkembangnya teknologi, muncul perangkat-perangkat teknologi yang dapat membantu ibu. Alat-alat ini juga dapat membantu para ibu baru untuk mengurus bayi mereka. Dilansir dari gearburn, berikut beberapa perangkat teknologi yang aman digunakan para ibu untuk memantau perkembangan calon buah hatinya.

MobiUS Portable Ultrasound System

Ingin terus memantau perkembangan janin sekalipun di rumah? Perangkat ini solusinya. MobiUS Portable Ultrasound System diklaim dapat membantu para ibu yang sering melewatkan waktu checkup bagi bayinya, atau sewaktu-waktu ingin mengetahui kondisi bayi yang dikandungnya.

Kicktrak

Kicktrak dapat membantu mengawasi kesehatan bayi di dalam perut, serta menghitung gerakan dan keseluruhan tendangan bayi. Selain itu, Kicktrak dapat digunakan sebagai pengingat kelahiran sampai 99 hari, hingga menghitung waktu kontraksi ketika kelahiran dimulai.

BellyBuds

Riset membuktikan, musik mampu merangsang kecerdasan otak bayi dalam kandungan bahkan hingga bayi sudah lahir. Oleh karena itu, banyak calon ibu yang mencoba memutarkan musik ke calon anaknya saat masih mengandung.

BellyBuds memungkinkan ibu hamil untuk memperdengarkan musik pada bayi yang masih dalam kandungan. Penelitian menunjukkan, bayi dapat mengingat musik yang diperdengarkan di dalam kandungan sampai setahun setelah dilahirkan. BellyBuds didesain agar bisa menyesuaikan dengan pakaian, sehingga mudah digunakan hanya dengan meletakkannya di atas perut, lalu sang ibu bisa langsung memutarkan musik untuk bayinya.

Elle Tens Machine

Perangkat ini membantu para ibu untuk melatih rasa sakit ketika melahirkan. Elle Tens Machine memiliki pad elektroda yang dapat ditempelkan di punggung dan dihubungkan dengan perangkat seukuran remote televisi.

Ketika kontraksi, sang ibu dapat menekan tombol yang kemudian akan mengirimkan sinyal elektrik kecil yang dapat memancing otot dan urat untuk melawan rasa sakit akibat melahirkan. Meskipun alat ini sangat fungsional, namun tetap dibutuhkan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Beaba Babycook Pro2X

Ingin praktis dalam menyiapkan asupan makanan bayi? Perangkat ini dapat membantu para ibu untuk menyiapkan makanan bagi para bayi mereka secara cepat. Babycook memiliki desain lengkap, dengan bagian yang dapat digunakan untuk mengukus, mencampur, serta memanaskan makanan bayi dalam satu kontainer. Versi terbaru dari Babycook ini memiliki dua mangkok, sehingga para ibu dapat membuat dua makanan dalam satu waktu. Ini tentunya sangat membantu para ibu dan menghemat waktu.

Momsense

Salah satu kekhawatiran ibu baru adalah tentang cukup atau tidaknya suplai ASI untuk bayinya. Kini, ada perangkat dan aplikasi yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Adalah Momsense, yang diklaim dapat mengukur berapa banyak ASI yang diminum oleh bayi. Perangkat Momsense berisi earphone yang aman untuk bayi dan baby safe sensor (tertempel di earphone).

Para ibu cukup menempatkan earphone di bawah cuping telinga, dan setiap bayi menelan, aplikasi tersebut akan mencatatnya. Sehingga para ibu dapat laporan detail tentang jumlah ASI yang bayi minum setiap menyusui. Untuk memantau apakah jumlah ASI yang diminum tetap atau berubah, aplikasi ini juga menyimpan data sehingga para ibu mendapatkan buku harian menyusui bayi.

Selain itu, Momsense juga dapat merekam suara bayi yang kemudian bisa disimpan di album. Dengan begitu, para ibu bisa selalu mendengarkan suara si buah hati meski sedang tidak berada di dekatnya. Disediakan pula beberapa tips menyusui di dalam aplikasi sehingga para ibu bisa memberi ASI dengan maksimal.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID