Home  »  Review   »  
Review

6 Produk Unik dari Google yang Jarang Diketahui Orang

Rasanya sudah banyak orang yang tidak bisa lepas dari layanan yang ditawarkan Google. Sebut saja Google Search atau Google Maps yang bisa dibilang sangat membantu kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak semua layanan atau aplikasi Google diketahui masyarakat luas.

Mungkin, beberapa layanan Google di bawah ini baru Anda dengar, atau bahkan Anda belum pernah menggunakannya sama sekali. Dilansir dari Business Insider, berikut adalah enam layanan dan produk Google yang jarang diketahui banyak orang.

Google Arts and Culture

Anda pecinta seni? Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai hal terkait lukisan dan karya seni dari lebih dari 1000 museum dan galeri di seluruh dunia. Gambar yang ditampilkan dalam Google Arts and Culture pun memiliki resolusi yang tinggi, sehingga Anda bisa memperbesar lukisan-lukisan yang Anda lihat.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan tur virtual di beberapa museum dengan menggunakan fitur museum view. Layanan Google Arts and Culture dilengkapi dengan aplikasi mobile sehingga memudahkan bagi pengguna smartphone.

Google Express

Google Express merupakan layanan ekspedisi yang mampu mengirimkan barang dari sejumlah toko berbeda. Barang-barang yang dikirimkan mulai dari pakaian, makanan, perangkat elektronik, serta produk kecantikan. Layanan ini bisa mengirimkan barang hanya dalam waktu satu hari. Namun, Google Express belum menjangkau semua tempat.

Google Sky

Penasaran dengan nama bintang kejora yang bentuknya lebih besar dan sinarnya lebih terang dari bintang lain? Google Sky akan memberikan jawaban dengan cara yang cukup mudah dan praktis. Google Sky adalah sebuah aplikasi pemetaan rasi bintang, yang membuat Anda bisa mengetahui apa nama bintang saat mengarahkan ponsel Android Anda ke langit.


Layanan ini memungkinkan pengguna mengeksplorasi alam semesta menggunakan gambaran yang diperoleh dari survei-survei astronomik. Google Sky juga membuat pengguna dapat mencari dan memperbesar bintang, planet, nebula, dan galaksi yang ingin mereka lihat. Bahkan, pengguna juga bisa melihat sejarah perbintangan dari gambar konstelasi yang dibuat Giovanni Maria Cassini.

Gboard

Gboard merupakan sebuah aplikasi keyboard. Pengembang menambahkan fungsi Google Search di kanan atas keyboard untuk memudahkan pencarian. Kemudian, pengguna bisa mengirimkan hasil pencarian secara langsung kepada teman-teman melalui aplikasi messaging. Gboard juga memungkinkan pengguna untuk mencari gif, pengetikan lebih cepat dengan menggeser jari ke huruf yang diinginkan.

Pada Mei 2016 lalu, awalnya Google secara eksklusif merilis Gboard hanya untuk pengguna iPhone. Kala itu, banyak yang penasaran apakah papan ketik Gboard akan hadir pula bagi pengguna Android atau tidak. Akhirnya, rasa penasaran itu pun dijawab Google. Pabrikan Mountain View tersebut resmi meluncurkan papan ketik Gboard untuk Android sebagai pembaruan versinya.

Google Ngram Viewer

Dengan Google Ngram Viewer, Anda bisa membandingkan perbedaan kata dan kalimat yang telah digunakan di buku-buku sejak tahun 1500-2008. Layanan yang telah menyimpan setidaknya 5,2 juta buku ini juga bisa menampilkan data dalam bentuk grafis.

Google One Today

Aplikasi ini memudahkan para pengguna Android yang ingin menyumbangkan dananya demi misi kemanusiaan. Google One Today membatasi nominal sumbangan senilai 1 USD per hari. Donasi tersebut pun akan diberikan untuk menjalankan proyek yang berbeda-beda setiap harinya.

Dengan aplikasi Google One Today, orang akan diperkenalkan dengan proyek-proyek baru setiap hari dengan berbagai isu, serta diberikan kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam bentuk sumbangan dana. Untuk menampung dana yang ingin disumbangkan, Google memanfaatkan fasilitas Google Wallet. Selain itu, aplikasi ini juga memberi laporan tentang penggunaan dana yang telah disumbangkan.