Tips & Guide

6 Situs Web yang Memudahkan Hidup Ibu Bekerja

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Menjadi seorang ibu bekerja tidaklah semudah kelihatannya. Selalu ada tekanan dan pernyataan yang mempertanyakan tanggung jawab seorang ibu bekerja terhadap keluarga dan anak-anaknya, belum lagi masalah kurangnya waktu dan banyaknya pekerjaan yang menunggunya, baik saat di kantor ataupun saat pulang ke rumah. Padahal, bisa jadi wanita tersebut membanting tulang demi kesejahteraan keluarga dan anak-anaknya.

Dengan banyaknya tekanan dan tumpukan pekerjaan, wajar bila seorang ibu bekerja rentan terhadap stres dan penyakit. Karena itulah, banyak pihak yang kini mencoba membantu meringankan beban mereka dengan membuat situs web atau aplikasi yang bisa mempermudah keseharian para ibu bekerja.

Jika Anda atau istri Anda adalah seorang ibu bekerja yang disibukkan oleh berbagai urusan kantor dan rumah, berikut beberapa situs web yang bisa membantu meringankan pekerjaan Anda ataupun istri Anda.

Mommiesdaily. Situs web yang merupakan bagian dari Female Daily Networks ini memuat banyak artikel yang sangat bermanfaat bagi para ibu, baik yang bekerja maupun tidak bekerja. Beberapa tips dan artikel yang ada di situs  ini ditulis oleh para ibu bekerja berdasarkan pengalaman mereka dengan keluarga dan anak-anak mereka sendiri, dan seringkali disertai wawancara dan pendapat dari para ahli.

Topik-topik yang sering dibahas adalah mengenai parenting, kesehatan keluarga, keseimbangan antara kehidupan kantor dan rumah, manajemen ASI, dan lain sebagainya. Situs web yang berbasis komunitas ini juga sering mengadakan seminar parenting atau acara lain yang bermanfaat bagi para ibu bekerja.

Blackgarlic. Salah satu kendala yang dialami para ibu bekerja adalah memasak dan menyajikan makanan yang sehat dan lezat bagi keluarga. Masalah yang sering dihadapi adalah terbatasnya waktu untuk mencari resep, berbelanja, hingga memasak makanan. Lebih dari sekedar situs e-commerce yang menjual bahan segar untuk dimasak, Blackgarlic menyediakan bahan makanan sesuai dengan resep-resep yang ready to cook.

Bahan segar yang disediakan telah ditakar dalam jumlah yang tepat, sesuai dengan resep dan porsi empat atau dua orang, sehingga tak ada bahan yang tak terpakai atau terbuang. Dengan bahan yang sudah tersedia dan tertakar, proses memasak jadi jauh lebih mudah dan cepat. Resep-resep yang ada akan berubah setiap minggunya, memungkinkan ibu tersibuk sekalipun untuk menyediakan berbagai masakan lezat sekelas restoran bagi keluarganya.

Asana. Situs dan aplikasi ini memudahkan ibu bekerja untuk membagi waktu agar jadwal yang padat bisa terlaksana dengan baik. Aplikasi pengaturan waktu dan kegiatan berbasis proyek ini bisa dimanfaatkan selain untuk memantau perkembangan proyek yang sedang ibu kerjakan bersama kolega di kantor, juga bisa digunakan untuk melakukan penjadwalan dan pemantauan aktivitas bersama anak yang ibu rencanakan.

Sebagai contoh, ibu bisa memasukkan proyek “Perencanaan Event Tahunan Kantor” dan memasukkan seluruh anggota tim yang terlibat, memasukkan berbagai update, tautan, gambar dan keterangan, lalu bisa juga memasukkan “Memperkenalkan Hanna dengan Bahasa” dan memasukkan berbagai target aktivitas yang mendukung proyek tersebut, seperti misalnya “membacakan cerita sebelum tidur” atau “menyanyikan lagu anak berbahasa Indonesia” setiap harinya.

DoctorMums. Situs web ini menyediakan banyak referensi bagi para ibu, bekerja atau tidak, mengenai kesehatan wanita dan anak, seperti penanganan stres dan depresi, masalah kesehatan fisik bayi dan balita, pola asuh, pengobatan, masalah kehamilan dan persalinan, pemberian ASI dan pola makan anak, masalah psikologis, dan sebagainya.

Online Shop Bahan Segar. Buat Anda yang tak sempat mampir ke swalayan untuk berbelanja susu, sayuran, buah, atau bahan makanan lainnya, Anda bisa membelinya secara online di berbagai situs, seperti KeSupermarket atau PasarMinggu. Situs-situs ini akan meringankan pekerjaan ibu bekerja dengan mengantar langsung sayur, buah, dan bahan segar lainnya ke rumah.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID